10 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Masa

Diposting pada

Hari ini , ngelag.com baru saja membaca sebuah artikel di yahoo mengenai Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Masa , dan untuk itu ngelag.com merangkumnya menjadi sebuah artikel berbahasa indonesia .

Ternyata jika sebelumnya kalian membaca artikel tentang mereka yang berhasil di bidang teknologi , ada juga mereka yang gagal total dalam dunia yang canggih ini . Project teknologi dibawah ini bukan sembarang project karena memakan biaya yang cukup fantastis dan sangat merugikan ketika mengalami kegagalan .



1 . Mars Climate Orbiter

1 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Masa Mars Climate Orbiter
NASA/JPL/Corby Waste

Pada tahun 1998 sebuah pesawat ruang angkasa seharga 193.000.000 U.S. dollars kalau di ke rupiahkan menggunakan google jadi 2.64383562 trillion Indonesian rupiahs , pokoknya pesawat ini harganya sangat mahal , oleh karena itu berada di posisi nomor 1 pada list kali ini .

Pesawat ini hilang entah kemana karena kesalahan team insinyur dari perusahaan Lockheed Martin , sejak tahun 1990 , NASA sudah menggunakan satuan internasional (SI) dalam membangun sebuah pesawat ruang angkasa , namun team dari Lockheed Martin malah menggunakan satuan lokal (Inggris) .

Akibatnya pesawat selalu salah dalam melakukan pengukuran dan tentu saja sistem navigasi nya menjadi kacau karena mengukur jarak , kecepatan , kordinat dll dalam satuan yang tidak singkron dengan sistem satuan internasional .

2 . Healthcare.gov

2 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Masa Healthcare
Healthcare/USAToday

Pada tahun 2013 lalu , website milik pemerintah Amerika yang dibuat untuk memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat ini tidak beroprasi sebagai mana mestinya .

Sama seperti website Revolusimental.go.id yang belakangan ini ramai dibicarakan , website healtcare.gov ketika diakses oleh masyarakat , sering sekali muncul halaman eror , halaman tidak ditemukan hingga server yang kehabisan resource .

Simak Juga :  Blackberry Akan Rilis Smartphone Android Lagi

Biaya yang dihabiskan untuk membentuk website yang tidak “Profesional” ini sekitar 70 Juta . USD hingga 600 Juta USD , ternyata ada juga website abal-abal yang lebih mahal daripada Revolusimental.go.id haha . Tapi sekarang website healthcare sudah beroprasi secara profesional .

3 . Revolusimental.go.id

3 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Revolusimental
KASKUS/Revolusimental

Kalau ini baru beberapa bulan kebelakang kejadiannya , Website yang diresmikan oleh Menteri Koordinator PMK Puan Maharani ini , dalam pembuatannya menyiapkan dana APBNP 2015 sebesar Rp 140 miliar , mau persiapan bikin website apa mau judi online haha .

Lalu , kata Asisten Deputi Kebudayaan Kemenko PMK Herbin Manihuruk , website ini sebenarnya hanya memakan biaya tidak lebih dari Rp 20 Juta saja .

Website biaya pembuatannya sampai 20 Juta ? pasti keren tuh , pake dedicated server jadi cepet akses nya dan designya pasti keren . 

Sayangnya website yang konon akan membawa revolusi mental masyarakat ini ternyata hanya memakai shared hosting yang setahunnya gak nyampe 1 juta ditambah design hasil comot website pemerintahan amerika , ya kalau di itung-itung sih 1 juta per tahun juga gak sampe tuh buat bikin website kaya gitu . Sampe sekarang websitenya belum jadi haha .

4 . Windows Vista

4 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Windows Vista
Wikipedia / JamesWeb

Kejadiannya dimulai pada tahun 2006 , Windows Vista , disebut-sebut akan menjadi penerus Windows XP , memakan waktu selama lebih dari 5 tahun dalam pembuatannya , Sistem operasi ini ternyata tidak lebih baik dibanding versi windows sebelumnya , windows vista juga terkenal karena lambat dan kegagalannya diperparah dengan kemunculan Iklan Mac :

5 . American Airlines

5 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Masa American Airline
American Airlines 

Pada april 2013 , American Airlines menunda 400 jadwal penerbangan karena mengalami masalah pada sistem computernya .

American Airlines memiliki sistem reservasi tiket yang disebut Sabre , pada hari itu mendadak sistem tersebut tidak bisa diakses , hal ini menyebabkan kegiatan di bandara terhambat seperti pencetakan boarding passes, Chek In Online, Sistem tiket, dan melacak barang penumpang .

Simak Juga :  Microsoft Surface Studio PC Harga Dan Spesifikasi

6 . UMPCs

6 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Masa UMPC
VIA Gallery

Sebelum smartphone populer , ada sebuah gadget yang disebut Ultra-mobile PCs , konsepnya keren yaitu komputer mobile , lebih mobile dari pada laptop sekalipun karena ukurannya yang super kecil .

Namun produk ini tidak sukses dan laku di pasaran karena selain mahal , gadget ini juga cepat panas .

7 . Walmart’s online fire sale

7 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Masa Walmart
Walmart

2013 menjadi tahun yang sulit terlupakan oleh Walmart Online , pada saat itu tepatnya bulan november , sedang berlangsung event flash sale ,  namun karena kesalahan sistem pada website , membuat sebuah Infocus seharga $600 malah dijual dengan harga yang sangat murah yaitu $8 saja  .

Seketika penjualan atas barang tersebut meningkat sangat tajam , sayangnya pihak walmart enggan meneruskan transaksi tersebut dengan mereka yang sudah memesan barang tersebut dengan harga $8.

8 . Motorola Rokr E1

8 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Masa Motorola
Motorola

Telepon seluler pertama yang bisa memainkan musik melalui iTunes , Dengan design yang unik dan ukuran yang kecil , ternyata Motorola Rokr E1 ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil yaitu hanya muat 100 lagu .

Hal tersebut membuat handphone ini hanya bertahan hingga tahun 2007 atau hanya 2 tahun di pasaran dengan hasil penjualan yang mengecewakan.

9 . Blackberry blackout

9 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Masa Blacberry
Blackberry

Pada Oktober 2011 , pengguna Blackberry tidak bisa terhubung kedalam jaringan internet selama 4 hari , hal ini membuat para pengguna BB tidak bisa BBMan , membuka email bahkan browsing di dunia maya .

Karena kesal banyak pengguna Blackberry yang akhirnya memilih pindah ke smartphone Android dan iPhone . Akibatnya Blackberry rugi 54 Juta USD .

10 . MySpace

10 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Masa Myspace
Myspace.com

2011 , adalah tahun yang menjadi saksi sejarah dimana untuk pertama kali sebuah social network terbesar saat itu mendadak anjlok dalam waktu yang singkat setelah Facebook mendominasi .

Social media seharga 580 Juta USD ini harganya turun drastis menjadi 35 Juta USD dalam waktu 6 tahun saja . Tapi MySpace tidak langsung gulung tikar begitu saja , buktinya sampai saat ini masih ada yang menggunakannya.

Simak Juga :  Printer 3D 600 Ribuan Pertama Didunia