3 Cara Root Android Dengan Mudah Tanpa PC

Posted on

Cara root Android tanpa pc ternyata ada banyak sekali dengan hanya mendownload aplikasi root di Android , bisa dibilang 3 cara ini adalah cara paling mudah dan paling cepat untuk menjadikan smartphone Android kamu Rooted .

Apa itu Root ? Root adalah sebuah kondisi dimana sebuah smartphone android membuka semua akses read dan write pada seluruh direktori dan file termasuk didalam sistem , istilah root sebenarnya berawal dari Linux namun karena Android adalah keturunan dari Linux , maka istilah Root dan Super User / SU sering juga digunakan pada Android .

Tujuan dari Root ? Alasan orang melakukan Root pada smartphone Android bermacam-macam , namun tujuan orang kebanyakan adalah agar bisa menghapus aplikasi bawaan , mempercepat smartphone Android dan melakukan kustomisasi pada tampilan Android itu sendiri.

Baca Juga : 10 Cara Mengatasi Android Lemot dan Ngelag

Apa efek negatif dari Root ? Beberapa hal yang menjadi resiko dari melakukan Root pada Android antara lain : Garansi menjadi tidak berlaku , kesalahan dapat menyebabkan Android soft brick , dan pada kasus terparah Android bisa menjadi mati total atau hard brick .

Jika kalian sudah paham dan mengerti semuanya tentang Root pada Android , maka sudah saatnya kalian mencobanya dan berikut ini langkah-langkah root android tanpa pc :

Root Android Tanpa PC menggunakan FramaRoot

FramaRoot merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk melakukan root android tanpa PC

  1. Pertama , download dan install FramaRoot [Download]
  2. Jalankan aplikasi FramaRoot setelah proses instalasi selesai
  3. Lalu pilih Install SuperSU > lalu tekan Bromir seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini :
    9 Cara Root Android Dengan Mudah Tanpa PC FramaRoot
  4. Setelah proses selesai , reboot smartphone Android kalian
  5. Selamat , Android kalian sudah dalam kondisi root .

Jika cara diatas tidak berhasil meroot android kalian , maka kalian harus mencoba cara selanjutnya dibawah ini :

Menggunakan Universal KingoRoot

Biasanya KingoRoot digunakan melalui PC , namun ternyata juga tersedia versi APK yang bisa digunakan langsung melalui smartphone Android , berikut ini langkah-langkah nya :

  1. Buka browser smartphone android kalian > kunjungi alamat https://root-apk.kingoapp.com/kingoroot-download.htm
    9 Cara Root Android Dengan Mudah Tanpa PC KingoRoot
  2. Setelah download selesai , segera lakukan instalasi .
  3. Setelah instalasi selesai , jalankan aplikasi > tekan pada tombol One Click Root lalu ikuti proses seperti yang ditunjukan pada gambar berikut :
    9 Cara Root Android Dengan Mudah Tanpa PC KingoRoot 2
  4. Tunggu hingga proses selesai
    9 Cara Root Android Dengan Mudah Tanpa PC KingoRoot 3
  5. Jika pada saat proses selesai kalian mendapatkan pemberitahuan ROOT SUCCEEDED , maka android kalian sudah berhasil dalam keadaan Root

Jika kalian mendapat pemberitahuan ROOT FAILED , maka kalian bisa mencoba cara berikutnya dibawah ini :

Baca Juga : Tampilan Android N Bocor Melalui Screenshot Ini

Root Android Menggunakan iRoot

Aplikasi iRoot juga tersedia untuk PC dan Android , jika kalian ingin melakukan root melalui android secara langsung , maka kalian harus mendownload versi APK nya , berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Download dan Install iRoot [Download]
  2. Lalu tekan tombol Root Now > lalu tunggu hingga proses rooting selesai
    9 Cara Root Android Dengan Mudah Tanpa PC iRoot
  3. Lakukan Reboot pada smartphone Android kalian

Jika langkah-langkah diatas sudah kalian lakukan , maka lanjut ke langkah berikutnya untuk memastikan bahwa smartphone android kalian sudah berhasil diroot .

Baca Juga : 15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Pada Android

Cara Mengetahui Android Sudah Di Root Atau Belum

Tentu setelah kalian mencoba beberapa cara diatas untuk melakukan root android tanpa pc , kalian harus memastikan jika smartphone android kalian sudah diroot dengan benar , untuk mengetahuinya ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Download dan Install aplikasi Root Checker [Download]
  2. Setelah proses instalasi selesai , maka buka aplikasi Root Checker dan tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan seperti dibawah ini :
    9 Cara Root Android Dengan Mudah Tanpa PC Cek Root

Jika proses root yang kalian lakukan benar , maka pada saat melakukan pengecekan dengan aplikasi Root Checker , maka akan tampil tulisan berwarna hijau “Congratulation Root access is properly installed on this device “

Lalu bagaimana jika root yang sudah saya lakukan ternyata tidak berhasil ? maka kalian perlu mencoba cara root smartphone andrid melalui PC , yang tutorialnya akan kita berikan beberapa saat lagi , tunggu saja pada section Gimana Caranya > Smartphone .

Sekian tutorial Cara root Android tanpa pc yang bisa kita berikan untuk kalian , jika kalian mengalami masalah atau kendala silahkan tuliskan keluhan kalian melalui kolom komentar yang terletak dibawah artikel ini .


3 thoughts on “3 Cara Root Android Dengan Mudah Tanpa PC

  1. terimakasih atas infonya gan,kebetul;an sekali saya dapat menemukan blog ini,benar benar sangat bermanfaat bagi saya gan
    semoga blog ini bisa semakin maju dan sejahtera,,,
    amiiin 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *