Apa Itu GoPro ? Dan Berapa Harganya

Diposting pada

Apa itu GoPro ? GoPro adalah perusahaan asal amerika serikat yang memproduksi kamera berjenis Action Camera atau Sports Camera , kamera jenis ini sering digunakan pada kegiatan ekstrim seperti olahraga dan juga merekam video didalam air .

Nah berikut ini NGELAG.com sajikan sebuah artikel yang membahas mulai dari sejarah GoPro , Jenis-Jenis Kamera Gopro , spesifikasi hingga harganya .

Kapan GoPro Pertama Kali Didirikan ?

GoPro pertama kali didirikan oleh Nick Woodman pada tahun 2002 , pada saat itu Nick Woodman sedang hoby surfing di pantai . Tahun 2002 Nick Woodman berniat untuk mengambil gambar saat dirinya sedang berselancar di Australia , sayangnya karena keterbatasan peralatan , Nick Woodman tidak berhasil mendapatkan foto yang dia inginkan karena pada saat itu sangatlah sulit untuk mengambil gambar dari dekat pemain surfing .

Inilah yang menjadi awal pemikiran Nick Woodman untuk menciptakan kamera yang berukuran kecil dan bisa dipasang dimana pun sehingga mampu mengambil foto pada kondisi sulit dan ekstrim . Kamera tersebut dia beri nama GoPro .

Awalnya , Nick Woodman mencari modal untuk mencetuskan GoPro dengan berjualan aksesoris dan perlengkapan kamera lewat mobil VW Combi nya , hingga akhirnya dia mendapatkan bantuan modal dari orang tuanya sebanyak $230,000.

Apa Produk Kamera Pertama GoPro ?

Apa Itu GoPro ? Kamera GoPro Paling Pertama - GoPro 35mm
Kamera GoPro Paling Pertama – GoPro 35mm

Pada tahun 2004 , Nick Woodman pertama kali memperkenalkan sebuah kamera dengan menggunakan film berukuran 35 mm , pada saat GoPro 35mm belum menggunakan teknologi digital dan hanya bisa digunakan untuk mengambil foto saja . Kamera pertama GoPro ini berhasil memberikan keuntungan sebanyak $150,000 bagi Nick Woodman dan perusahaannya . setelah mulai dijual pada tahun 2005 .

Simak Juga :  Garmin VIRB ULTRA 30 Harga Dan Spesifikasi

Akhirnya pada tahun 2006 , GoPro berhasil merilis sebuah kamera dengan teknologi digital sehingga mampu merekam video dengan durasi 10 detik saja .

Apa Itu GoPro Kamera Pertama GoPro HERO Digital
Kamera Pertama GoPro HERO Digital

Setelah merilis kamera GoPro HERO Digital pertama , Nick Woodman bersama perusahaannya terus memproduksi kamera action dan berikut ini timeline produk GoPro :

Daftar Produk Kamera GoPro

GoPro HERO 35mm – Dirilis tahun 2005

Apa Itu GoPro ? Kamera GoPro Paling Pertama - GoPro 35mm
Kamera GoPro Paling Pertama – GoPro 35mm gopro ?

Kamera pertama gopro , hanya bisa menggambil foto dengan menggunakan film berukuran 35mm

GoPro Digital HERO – Dirilis tahun 2006

Apa Itu GoPro Kamera Pertama GoPro HERO Digital
Kamera Pertama GoPro HERO Digital

Kamera digital pertama GoPro , dengan kemampuan merekam video dengan resolusi 320X240 10 fps selama 10 detik .

GoPro Digital HERO 3 – Dirilis tahun 2007

GoPro Digital HERO 3 Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro Digital HERO 3

GoPro Digital HERO 3 memiliki lensa sebesar 3 megapixel dengan kemampuan merekam video pada resolusi 512 × 384 dan kamera ini tahan air hingga 30 Meter.

GoPro Digital HERO 5 – Dirilis tahun 2008

GoPro Digital HERO 5 Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro Digital HERO 5

Kamera ini memiliki lensa 5 megapixel dengan kemampuan merekam video pada resolusi 512×384 , kamera ini menggunakan 2 baterai berukuran AAA . Kamera GoPro Digital HERO 5 memiliki internal memory sebesar 16 MB dan bisa menggunakan microSD hingga 2 GB .

GoPro Digital HERO Wide – Dirilis tahun 2009

GoPro Digital HERO Wide Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro Digital HERO Wide

Dengan spesifikasi yang sama dengan GoPro Digital HERO 5 namun pada kamera ini kalian akan mendapatkan berbagai macam mounting berbeda fungsi untuk memasang gopro pada helm , stang speda , dan tempat lainnya .

GoPro HD HERO 960 – Dirilis tahun 2010

GoPro HD HERO 960 Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro HD HERO 960

Kamera GoPro pertama yang memiliki kualitas video hingga resolusi 960p.

GoPro HD HERO – Dirilis tahun 2010

GoPro HD HERO Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro HD HERO

Kamera ini merupakan action camera gopro yang pertama kali hadir dengan kemampuan merekam video hingga resolusi 1080p

GoPro HD HERO2 – Dirilis tahun 2010

GoPro HD HERO 2 Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro HD HERO 2

Kamera GoPro HD HERO 2 memiliki lensa berkekuatan 11 megapixel dan mampu merekam video dengan 120 fps . Kamera ini dijual dengan 3 pilihan paket tergantung kebutuhan yaitu : Outdoor, Motorsports, dan Surf Editions

Simak Juga :  10 Kamera Vlog Yang Banyak Dipakai Youtuber

GoPro HERO3 – Dirilis tahun 2012

GoPro HERO3 Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro HERO3

GoPro merilis GoPro HERO3 dalam 3 edisi berbeda yaitu black , silver dan white . GoPro HERO3 memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dan tipis dibanding kamera GoPro sebelumnya .

GoPro HERO3+ – Dirilis tahun 2013

GoPro HERO3+ Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro HERO3+

GoPro HERO3+ hadir dengan ukuran yang lebih ramping dibanding GoPro HERO3 . Action Camera ini juga memiliki performa yang ditingkatkan dan beberapa perbaikan pada firmwarenya .

Baca : Spesifikasi dan Harga GoPro HERO3 Edition

GoPro HERO4 – Dirilis tahun 2014

GoPro HERO4 Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro HERO4

Hadir dalam 2 pilihan edisi yaitu Black dan White , action camera GoPro HERO4 merupakan kamera yang paling populer karena pada GoPro HERO4 Black edition tersedia pilihan resolusi video hingga 4K .

GoPro HERO+LCD – Dirilis tahun 2015

GoPro HERO+ LCD Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro HERO+ LCD

Action Camera GoPro HERO+ LCD memiliki kemampuan merekam video hingga 1080p pada 60 fps dan kualitas foto hingga 8 megapixel . Kamera ini juga dilengkapi layar LCD touchscreen .

GoPro HERO+ – Dirilis tahun 2015

GoPro HERO+ Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro HERO+

Kamera GoPro HERO+ memiliki spesifikasi yang sama dengan GoPro HERO+ LCD namun tidak memiliki LCD .

GoPro HERO Session – Dirilis tahun 2015

GoPro HERO Session Apa Itu GoPro Dan Berapa Harganya
GoPro HERO Session

Action Camera ini merupakan varian GoPro dengan ukuran yang paling kecil untuk saat ini . Ukurannya hanya 35mmx35mmx35mm . Kamera ini bisa merekam video dengan resolusi maksimal 1440p pada 30 fps .

GoPro HERO 5 – Dirilis tahun 2016

GoPro HERO5 Black Harga , Spesifikasi , Tanggal RIlis Indonesia
GoPro HERO5 Black

Setelah isu tentang peluncuran GoPro Hero 5 Miliki Kualitas Video 8K , Nick Woodman akhirnya merilis GoPro HERO 5 dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan produk GoPro sebelumnya . Kamera ini mampu merekam video hingga resolusi 4K 30fps .

GoPro HERO 5 Session – Dirilis tahun 2016

GoPro HERO5 Session Harga , Spesifikasi , Tanggal RIlis Indonesia
GoPro HERO5 Session

Bersamaan Dengan GoPro HERO 5 , Nick Woodman juga merilis action camera GoPro HERO 5 Session yang memiliki ukuran lebih kecil dan tentunya dengan harga yang lebih murah .

Simak Juga :  Harga Bcare Action Camera Paling Murah 2017

Selain produk kamera , GoPro juga memproduksi sebuah GoPro Karma Drone dan juga GoPro Omni yang merupakan perangkat pendukung untuk membuat video 360 derajat dengan menggunakan kamera GoPro .

Berapa Harga Kamera GoPro ?

Harga kamera gopro sangat bervariasi tergantung tipe dan tahun perilisannya , namun kebanyakan orang menganggap kamera GoPro memiliki harga yang terbilang tinggi . Untuk kalian yang ingin mengetahui spesifikasi dan harga lebih lanjut silahkan klik pada artikel sebelumnya berikut ini : Harga Kamera GoPro .

Kenapa GoPro Begitu Populer ?

GoPro menjadi populer karena kameranya yang tahan banting dan memiliki flexibilitas yang sangat tinggi karena ukurannya yang kecil . Hasil video yang jernih dan stabil meski merekam dengan penuh guncangan juga menjadi alasan mengapa action camera ini sangat populer .

Siapa Pesaing GoPro ?

Popularitas Action Camera yang dibuat oleh GoPro membuat banyak sekali perusahaan baru untuk merilis action camera berkualitas seperti gopro . Berikut ini beberapa pesaing gopro :

Selesai sudah ngelag.com menjawab pertanyaan kalian “Apa Itu GoPro ?” lengkap dengan sejarah gopro , spesifikasi , tanggal rilis , harga hingga pesaing gopro .

Baca Juga : Info Harga Dan Update Terbaru Action Camera Saat Ini