Apa Itu MiFi , Berapa Harga dan Apa Fungsinya ?

Diposting pada

MiFi adalah nama yang diberikan pada sebuah perangkat wireless router yang berperan sebagai WiFi Hotspot . MiFi ini merupakan kependekan dari Mobile Wi-FI . Di Indonesia belakangan ini nama MiFi sering kita lihat pada beberapa iklan contohnya smartfren .

Namun masih banyak masyarakat yang belum begitu mengenal MiFi itu sendiri . MiFi merupakan sebuah perangkat hotspot wifi untuk membagikan layanan internet (sharing) yang akses internetnya didapat dari jaringan seluler lalu disebar kepada beberapa perangkat penerima wifi seperti smartphone , laptop hingga komputer .

Baca Juga : Li-Fi – Internet Wireless Melalui Cahaya

MiFi dikenalkan kepada masyarakat pertama kali oleh Novatel Wireless pada tahun 2009 yang diluncurkan di Amerika Serikat .

MiFI buatan Novatel
MiFI 2372 buatan Novatel

Fungsi MiFi

Fungsi dan Cara Kerja MiFi
Diagram Cara Kerja MiFi | lister-communications.co.uk

Seperti yang sudah dituliskan diatas , pada intinya MiFi ini ialah perangkat yang bisa melakukan sharing koneksi internet secara wireless (tanpa kabel), dimana sumber layanan internetnya didapat dengan berlangganan menggunakan provider layanan internet dan telekomunikasi seluler .

Mirip Dengan Fitur WiFi Hotspot Smartphone

Sebenarnya MiFi ini sama seperti fitur Hotspot atau WiFi Tethering yang ada pada smartphone . Dimana sebuah smartphone membagikan (sharing) layanan internetnya melalui WiFi Hotspot .

MiFI Mirip Dengan Fitur WiFi Hotspot Pada Android
Fitur WiFi Hotspot Pada Android

Kalau sama dengan WiFi Hotspot Smartphone , Lalu Untuk Apa Dibeli ?

Meskipun sama , namun ada beberapa kelebihan yang ditawarkan jika menggunakan MiFi sebagai WiFi Hotspot .

Pada smartphone , WiFi Hotspot bekerja dengan menggunakan resource hardware bersama dengan aplikasi lainnya termasuk sistem operasi smartphone itu sendiri . Otomatis baterai smartphone akan lebih cepat habis dan belum lagi panas yang kerap timbul ketika perangkat wifi digunakan .

Baca Juga : Li-Fi Terbukti 100 Kali Lebih Cepat Dari Wi-Fi

Sedangkan pada perangkat MiFi ini , sharing koneksi internet bisa dilakukan dengan lebih leluasa , karena perangkat memang dikhususkan untuk bekerja sebagai WiFi Hotspot .

Simak Juga :  MiFi 4G Lte Harga Murah Berkualitas

MiFi juga sangat cocok digunakan pada sebuah rumah dengan pengguna internet yang banyak namun tidak ingin menggunakan layanan internet dari provider internet kabel seperti Telkom Indihome misalnya . Karena pengguna MiFi hanya tinggal memasang sebuah kartu sim dan berlangganan layanan internet , bisa bulanan , harian atau hanya ketika diperlukan saja .

Harga MiFi

MiFi mempunyai harga yang bervariasi tergantung fitur dan spesifikasinya . Beberapa merek MiFi yang dikenal oleh sebagian masyarakat di Indonesia seperti Andromax dari Smartfren , Advan , Huawei dan ZTE menjual produk MiFi unggulannya mulai dari yang termurah Rp . 200 ribuan hingga yang paling mahal Rp . 1 Jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.