Apa Itu MiFi , Berapa Harga dan Apa Fungsinya ?

Diposting pada

MiFi adalah nama yang diberikan pada sebuah perangkat wireless router yang berperan sebagai WiFi Hotspot . MiFi ini merupakan kependekan dari Mobile Wi-FI . Di Indonesia belakangan ini nama MiFi sering kita lihat pada beberapa iklan contohnya smartfren .

Namun masih banyak masyarakat yang belum begitu mengenal MiFi itu sendiri . MiFi merupakan sebuah perangkat hotspot wifi untuk membagikan layanan internet (sharing) yang akses internetnya didapat dari jaringan seluler lalu disebar kepada beberapa perangkat penerima wifi seperti smartphone , laptop hingga komputer .

Baca Juga : Li-Fi – Internet Wireless Melalui Cahaya

MiFi dikenalkan kepada masyarakat pertama kali oleh Novatel Wireless pada tahun 2009 yang diluncurkan di Amerika Serikat .

MiFI buatan Novatel
MiFI 2372 buatan Novatel

Fungsi MiFi

Fungsi dan Cara Kerja MiFi
Diagram Cara Kerja MiFi | lister-communications.co.uk

Seperti yang sudah dituliskan diatas , pada intinya MiFi ini ialah perangkat yang bisa melakukan sharing koneksi internet secara wireless (tanpa kabel), dimana sumber layanan internetnya didapat dengan berlangganan menggunakan provider layanan internet dan telekomunikasi seluler .

Mirip Dengan Fitur WiFi Hotspot Smartphone

Sebenarnya MiFi ini sama seperti fitur Hotspot atau WiFi Tethering yang ada pada smartphone . Dimana sebuah smartphone membagikan (sharing) layanan internetnya melalui WiFi Hotspot .

MiFI Mirip Dengan Fitur WiFi Hotspot Pada Android
Fitur WiFi Hotspot Pada Android

Kalau sama dengan WiFi Hotspot Smartphone , Lalu Untuk Apa Dibeli ?

Meskipun sama , namun ada beberapa kelebihan yang ditawarkan jika menggunakan MiFi sebagai WiFi Hotspot .

Pada smartphone , WiFi Hotspot bekerja dengan menggunakan resource hardware bersama dengan aplikasi lainnya termasuk sistem operasi smartphone itu sendiri . Otomatis baterai smartphone akan lebih cepat habis dan belum lagi panas yang kerap timbul ketika perangkat wifi digunakan .

Baca Juga : Li-Fi Terbukti 100 Kali Lebih Cepat Dari Wi-Fi

Simak Juga :  Harga MiFi Smartfren Andromax 4G

Sedangkan pada perangkat MiFi ini , sharing koneksi internet bisa dilakukan dengan lebih leluasa , karena perangkat memang dikhususkan untuk bekerja sebagai WiFi Hotspot .

MiFi juga sangat cocok digunakan pada sebuah rumah dengan pengguna internet yang banyak namun tidak ingin menggunakan layanan internet dari provider internet kabel seperti Telkom Indihome misalnya . Karena pengguna MiFi hanya tinggal memasang sebuah kartu sim dan berlangganan layanan internet , bisa bulanan , harian atau hanya ketika diperlukan saja .

Harga MiFi

MiFi mempunyai harga yang bervariasi tergantung fitur dan spesifikasinya . Beberapa merek MiFi yang dikenal oleh sebagian masyarakat di Indonesia seperti Andromax dari Smartfren , Advan , Huawei dan ZTE menjual produk MiFi unggulannya mulai dari yang termurah Rp . 200 ribuan hingga yang paling mahal Rp . 1 Jutaan.

Apa Itu MiFi , Berapa Harga dan Apa Fungsinya ?
Rate this post

Comments are closed.