Berapa Penghasilan Dari YouTube Di Indonesia ?

Posted on

Berapakah penghasilan atau uang yang bisa didapatkan melalui YouTube ? pertanyaan tersebut seolah-olah menjadi sebuah misteri yang sulit untuk dijawab . Mengapa demikian ? Karena penghasilan dari YouTube diperoleh dari iklan adsense . Iklan Adsense sendiri merupakan produk advertising network dari Google yang nilai keuntungannya ditentukan oleh banyak faktor .

Faktor penentu pendapatan dari Youtube melalui iklan Adsense itu ada banyak . Penghasilan dari Youtube tidak hanya berdasarkan jumlah view dan jumlah klik pada iklan yang tampil pada video youtube , melainkan juga berdasarkan negara , topik / niche dan harga iklan itu sendiri .

Namun jika dijelaskan satu per satu semua faktor diatas , artikel ini bakalan tidak ada ujungnya hehe alias panjang . Nanti dilain kesempatan akan dijelaskan . Sekarang kita fokus dulu kepada rata – rata penghasilan Dari YouTube . 

Rata- Rata Penghasilan Dari YouTube Di Indonesia

Ilustrasi Dollar Dari Youtube
Ilustrasi Dollar Dari Youtube

Ada yang bilang kalau penghasilan dari YouTube itu secara kasar 1 USD per 1000 views , namun ternyata angka tersebut tidak bisa kita jadikan patokan karena jika kita membuat sebuah video dan tidak ada yang melakukan klik pada iklan meski jumlah views sudah mencapai 1000 , maka angka 1 USD pun rasanya mustahil . Belum lagi jika topik video kita tidak relevan dengan satu iklan pun sehingga iklan yang muncul kurang menarik bagi viewers dan memiliki harga lelang yang rendah .

Di Indonesia sendiri , biasanya para youtuber jarang mendapat 1 USD per 1000 views . Biasanya pendapatan per 1000 views bagi youtuber di Indonesia berada diantara 0.3 hingga 0.8 USD atau jika dirata-ratakan maka uang yang bisa dihasilkan dari setiap 1000 views pada sebuah video youtube di Indonesia hanya mendapatkan 0.55 USD . *pada akhir artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara meningkatkan pendapatan channel youtube Indonesia*

Maka dengan demikian , jika video kita mendapatkan view sebanya 1 juta kali , maka pendapatan yang bisa diperoleh setidaknya adalah 550 USD atau sekitar Rp . 7,000,000 . Sekali lagi angka tersebut merupakan rata-rata namun lebih realistis dibanding 1 USD per 1000 views .

Banyak diantara kalian yang mengeluhkan jika jumlah views video kalian sudah mencapai puluhan ribu , namun pendapatan masih diangka belasan dollar atau bahkan dibawah 10 Dollar . Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki Effective cost per mille yang rendah dibandingkan dengan negara lain apalagi Amerika Serikat yang bayaran per 1000 views nya bisa mencapai 1 sampai 7 USD .

Bagaimana Cara Menghitung Penghasilan Youtube per 1000 views ?

Setelah membaca tulisan diatas , tentu kalian semua penasaran dengan Biaya per 1000 views video kalian bukan ?

Cara menghitung penghasilan youtube per 1000 views
Estimasi eCPM Iklan Youtube

Data diatas bisa kalian temukan pada Creator Studio > Analytics > Ad rates . Kalian bisa lihat disitu CPM nya adalah 1,xx USD per 1000 tayangan iklan , bukan 1000 tayangan video . Sedangkan kita ingin mengetahui penghasilan per 1000 views video milik kita , lalu bagaimana caranya ? gunakan rumus berikut :

(Estimated Revenue / Jumlah Views) * 1000

Menghitung Penghasilan Dari Youtube Per 1000 Views
Statistik Pendapatan Youtube
  • Perhatikan angka revenue pada dashboard Analytics Youtube .
  • Estimated Revenue : 680.08 USD
  • Views : 995,033
  • Maka perhitungannya adalah (680.80/995033)*1000
  • Hasilnya : 0,68 <- ini merupakan penghasilan dari youtube untuk video diatas per 1000 views .

Silahkan kalian coba rumus diatas dengan menggunakan data video kalian masing-masing .

Bagaimana Caranya Agar Penghasilan Dari YouTube Tinggi ?

Jika kalian ingin memiliki penghasilan youtube per 1000 view yang tinggi , maka kalian harus membuat video yang membahas trending topic agar video masuk ke daftar trending videos youtube .

Atau pilih 1 diantara 13 Topik Channel Youtube Paling Digemari Masyarakat , agar video yang kalian buat lebih spesifik dan tertarget kepada satu kategori sehingga mempermudah pengiklan dalam menentukan dimana mereka harus menampilkan iklannya. Dan tentunya masyarakat juga lebih mudah menemukan video yang kalian buat , sehingga jumlah views terus meningkat .

Ada juga diantara kalian yang menanyakan bagaimana agar setidaknya bisa mendapatkan 1.000.000 views dalam 1 bulan ? jika hanya dengan 1 video saja , mungkin angkat 1 juta views adalah hal yang berat , buatlah 5 video berkualitas sehingga jika 1 video mendapatkan 200,000 views maka target kalian untuk mendapat 1 juta views per bulan akan terasa ringan bukan ? dengan begitu penghasilan youtube per bulan bisa kalian miliki secara rutin .


4 thoughts on “Berapa Penghasilan Dari YouTube Di Indonesia ?

  1. Kalo ngandelin adsense aja kayaknya susah banget gan, agan sendiri tau CPM Indo ratenya pengin bikin nangis.. Tapi bukan berarti nggak bisa menghasilkan banyak duit dari Adsense.

    Kita bisa bikin video yang konten dan target viewsnya dari luar negeri misalkan USA, Canada, dan lain-lain.

    Setau ane, rate CPM Canada nyentuh $67an gan. Gileeee.

    Salam,
    Juragan

  2. dasar google, ketika aku daftar di blogspot itu sangat susahnya minta ampun. dan ketika aku berhasil dengan cara mudah di youtube tapi saat diterapkan di blog itu di sulitkan. Aku benar-benar kecewa dengan google setelah semua jerih payahku berkecimpung di Blogging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *