X

Cara Agar Terbiasa Berbicara Didepan Kamera

Cara Agar Terbiasa Berbicara Didepan Kamera Video Youtube

Youtuber di Indonesia semakin banyak yang berhasil dan sukses , dan banyak juga yang ingin menjadi youtuber . Namun kebanyakan dari mereka justru mengurungkan niatnya untuk menjadi Youtuber , karena malu dan tidak terbiasa untuk berbicara didepan kamera .

Apakah setelah ketika kalian membaca artikel cara menjadi vlogger dan cara menjadi youtuber gamer yang sukses , kalian merasa ragu untuk memulainya ?

Apakah kalian termasuk kedalam orang yang tidak terbiasa berbicara didepan kamera ?

Jika kalian ingin menjadi Youtuber namun tidak terbiasa berbicara didepan kamera , maka kalian berada diartikel yang tepat . Karena pada artkel ini NGELAG.com akan memberikan tips dan cara agar terbiasa berbicara didepan kamera .

Cara Agar Terbiasa Berbicara Didepan Kamera

Dengan membaca artikel ini , diharapkan rasa ragu , canggung dan kaku ketika kalian berbicara didepan kamera bisa berangsur – angsur berkurang .

1 . Latihan Didepan Cermin

Latihan Didepan Cermin | munplanet.com

Anggap cermin adalah kamera , bicara lah didepan cermin sambil menarik nafas dan tanamkan rasa percaya diri sambil sesekali tersenyum dan berkata “ayo … aku bisa” .

Latihan seperti ini jika dilakukan secara rutin setiap pagi misalnya , bisa meningkatkan rasa percaya diri . Dan tentu kalian akan semakin terbiasa untuk berbicara dengan benda mati . Bukan berarti gila ya hahaha .

2 . Buat Video Iseng Setiap Hari

Berbicara Didepan Kamera | gogirlmagz.com

Anggap saja kalian adalah seorang vlogger yang sudah mempunyai banyak fans . Lalu buatlah sebuah video iseng yang membahas apa pun yang kalian lihat .

Misalnya kalian sedang berada dikamar , ambil kamera , lalu buat sebuah video yang membahas semua isi yang ada di kamar kalian . Setelah itu lihat video yang kalian rekam dan lakukan kegiatan ini setiap hari .

Kalian tidak perlu menguploadnya langsung ke Youtube , video iseng ini hanya untuk berlatih agar kalian lebih terbiasa untuk berbicara didepan kamera .

Related Post

3 . Buat Skrip Video

Teleprompter Transcript Video | Youtube
TheMannieProductions

Tidak jarang ketika kita hendak membuat sebuah video , kita lupa dengan apa yang harus dibicarakan didepan kamera . Hal seperti ini kerap membuat stress karena video tidak kunjung selesai dengan sempurna .

Tulislah transkrip dari apa yang akan kalian bicarakan pada video kalian . Dengan transkrip tersebut , kalian bisa menghafal atau membacanya langsung ketika membuat video .

Dengan bantuan transkrip video , tentu kalian akan lebih mudah ketika berbicara didepan kamera .

4 . Buat Video Dengan Topik Yang Kamu Kuasai

Contohnya Moog Dari Mightycarmods yang hoby membuat vlog dunia otomotif karena memang suka dengan dunia otomotif

Baca Juga : 13 Jenis Video Youtube Paling Digemari Masyarakat

Memang bukanlah hal yang mudah untuk berbicara didepan kamera , terutama jika video kalian membahas topik yang sama sekali tidak kalian ketahui .

Cobalah berlatih membuat video dengan topik yang kamu sukai . Jika kalian suka memasak , maka buatlah sebuah video tutorial memasak , lalu lihat hasilnya . Pasti menakjubkan !

5 . Ulangi Secara Rutin

Ketika ditanya tips dan trik agar tidak kaku saat membuat video youtube , para youtuber terkenal biasanya menjawab “awalnya saya juga kaku , tapi sekarang sudah terbiasa ” .

Dengan melakukan latihan rutin , maka kaku dan rasa canggung ketika berbicara didepan kamera akan sedikit demi sedikit hilang .


Gimana ? Tunggu apa lagi ? Ayo mulai sekarang juga , mudah-mudahan suatu saat nanti kalian bisa menjadi Top 10 Youtuber di NGELAG.com hehe .

Categories: Youtube 101
Riani D:
Artikel Yang Bikin Greget Lainnya
Leave a Comment

Izinkan NGELAG.COM Untuk Mengirimkan Tutorial Penting Untuk Kamu :)