Cara Membuat Drone FPV , Dengan Video Tutorial

Diposting pada
Rate this post

Cara Membuat Drone FPV , Kali ini Tutorial nya lengkap dengan video sehingga merakit drone akan terasa lebih mudah dan leluasa . Drone yang akan dibuat pada artikel kali ini berbeda dengan drone quadcopter pada artikel sebelumnya yang bisa kalian baca melalui link berikut : Cara Membuat Drone Quadcopter Lengkap Dengan Daftar Komponennya .

Pada artikel kali ini akan dibahas mulai dari daftar komponen drone , cara merakit hingga cara melakukan pengaturan atau setting up sampai starting up .

Drone yang akan dirakit pada artikel ini adalah Drone Jenis Racing FPV , untuk kalian yang masih bingung dan belum tahu apa itu drone FPV ? berikut penjelasan singkatnya yang bisa kalian pahami sebelum lanjut ke langkah-langkah pembuatan drone FPV .

Apa Itu Drone FPV ?

Drone FPV adalah sebuah drone atau pesawat remote control yang dilengkapi dengan sebuah kamera yang bisa secara langsung (real-time) di transmisi kepada sebuah display baik berupa layar maupun kaca mata FPV . FPV sendiri merupakan singkatan dari First Person View , jadi pada saat menggunakan Drone FPV , kita bisa melihat sudut pandang orang pertama dari Drone yang sedang kita kendalikan melalui layar atau kaca mata khusus Drone FPV .

Drone FPV memberikan sensasi seperti menerbangkan pesawat sungguhan , dengan bantuan kamera dan perangkat video transmitter maka kita bisa mengendalikan Drone FPV dengan lebih mudah .

Daftar Komponen Membuat Drone FPV Racing

Drone FPV Racing biasanya digunakan untuk kompetisi balap drone yang sangat memacu adrenalin dan seru . Drone FPV Racing atau balap Drone FPV baru-baru ini dikenal secara luas oleh masyarakat di Indonesia , pertumbuhan peminat akan kegiatan ini terus meningkat .

Belakangan ini bahkan sempat booming di Youtube karena ada sebua video yang memperlihatkan sebuah acara balapan drone fpv dengan nuansa star wars . Dan berikut ini videonya :

FPV Racing drone racing star wars style Pod racing are back!

Oke , kita kembali ke tujuan utama dari artikel ini yaitu daftar komponen dan cara membuat drone FPV . Untuk membuat sebuah drone FPV , setidaknya kita membutuhkan 12 komponen berbeda yaitu :

  1. Rangka / Frame Drone FPV
  2. Brushless Multirotor Motors
  3. ESC atau Electronic Speed Control
  4. Flight Controller Board
  5. Propeller atau Baling-Baling
  6. OSD atau On Screen Display
  7. PDB atau Power Distribution Board
  8. FPV Camera dengan sensor CCD (Charge-Coupled Device)
  9. VTX atau Video Transmitter
  10. Receiver
  11. Transmitter / Remote Control
  12. FPV Googles / Kacamata FPV
Simak Juga :  Xiaomi Drone Semakin Terungkap

Rangka / Frame Drone FPV

Drone FPV merupakan drone yang gesit dan responsive terutama jika ingin diikut sertakan pada ajang kompetisi dan perlombaan balap drone . Untuk itu kita harus menggunakan Frame Drone FPV yang ringan namun kuat .

Pada Tutorial kali ini kita akan membuat drone menggunakan frame berukuran 200 mm / 210 mm . Ukuran tersebut merupakan panjang atau jarak sumbu diagonal dari rotor mounting 1 ke yang lainnya . Frame ukuran 200 merupakan frame yang sangat banyak digunakan pada kalangan pecinta Drone FPV karena ukurannya yang pas sehingga lebih mudah untuk bermanuver.

Emax NightHawk 200

Cara Membuat Drone FPV Rangka Frame Emax NightHawk 200
Rangka / Frame Emax NightHawk 200

Harga : Rp . 750,000

Frame ini cocok jika kalian mengutamakan kualitas , kekuatan dan style dari drone yang nanti akan kalian rakit , karena dengan menggunakan frame Emax NightHawk 200 kita bisa melakukan cable management dengan baik dan leluasa sehingga drone akan terlihat rapih .

Tarot TL-200a

Cara Membuat Drone FPV Rangka Frame Tarot TL-200a
Rangka / Frame Tarot TL-200a

Harga : Rp . 180,000

Frame Tarot TL-200a adalah frame drone berukuran 200 mm yang sangat cocok untuk pemula dalam dunia drone FPV , kalian bisa juga menggunakan frame ini untuk membuat sebuah drone FPV berdasarkan tutorial pada artikel ini , namun kalian harus melakukan beberapa penyesuaian agar drone yang kalian buat terlihat rapih dan bisa terbang dengan maksimal .

Brushless Multirotor Motors

Jika pada tutorial membuat drone sebelumnya kita menggunakan motor berukuran 1000 kV , pada Drone khusus FPV kali ini kita menggunakan motor dengan ukuran 2300 kv , dengan motor yang cepat dan bertenaga maka Drone FPV akan melaju lebih cepat dan responsive ketika diinstruksikan untuk melakukan manuver tertentu .

Cobra Cm-2204 2300kv

Cara Membuat Drone FPV Brushless Motor Cobra Cm-2204 2300kv
Brushless Motor Cobra Cm-2204 2300kv

Harga : Rp . 300,000 / Buah

Untuk membuat drone FPV kita membutuhkan 4 buah brushless motor yang handal dan tahan lama , Cobra CM-2204 merupakan pilihan yang tepat dengan material yang baik serta kokoh dan dilengkapi dengan ball bearing sebagai penopang shaft nya sehingga membuat motor ini sangat cocok untuk kegiatan balap drone FPV .

ESC atau Electronic Speed Control

FVT Littlebee 20A

Cara Membuat Drone FPV ESC LittleBee20A-30A
ESC LittleBee20A-30A

Harga : Rp . 150,000

ESC LittleBee20A-30A dipilih oleh kebanyakan penggemar drone FPV karena memiliki performa yang sangat baik dengan dukungan Silabs processor nya . Selain itu ESC ini juga murah tapi berkualitas dan yang tidak kalah pentingnya adalah ukuran ESC ini sangat kecil , yaitu hanya 24.5×12.5mm .

Flight Controller Board

Abusemark Naze32 Rev6 Full

Cara Membuat Drone FPV Flight Controller Board Abusemark Naze32 Rev6 Full Edition
Flight Control Board Abusemark Naze32 Rev6 Full Edition

Harga : Rp . 720,000

Simak Juga :  GoPro Karma Drone Rilis 19 September 2016

Jika drone atau quadcopter untuk pemula biasanya menggunakan KK 2.0 dari HobbyKing sebagai Flight Control Board , pada Drone FPV kita harus menggunakan FCB dengan ukuran yang lebih ramping , contohnya Naze32 Rev6 Full ini yang selain kecil juga memiliki fitur yang sangat lengkap .

Propeller atau Baling-Baling

Gunakan Propeller atau Baling-Baling ukuran 5x4x3

Cara Membuat Drone FPV Propeller Baling-Baling HQProp 5x4x3
Propeller Baling-Baling HQProp 5x4x3

Harga : Rp . 30.000 / pasang

Untuk baling-baling tidak ada brand atau produk khusus yang harus kalian beli , semua merek bisa digunakan asalkan ukurannya yang sama agar mempermudah kalian dalam melakukan konfigurasi drone FPV nanti .

Jangan lupa propeller atau baling-baling pada quadcopter atau drone FPV ini harus menggunakan 2 pasang yang berbeda yaitu 1 pasang searah jarum jam sedangkan 1 pasang nya lagi melawan arah jarum jam .

OSD atau On Screen Display

Micro MinimOSD

Cara Membuat Drone FPV Micro MinimOSD On Screen Display
Micro MinimOSD On Screen Display

Harga : Rp . 180,000

Drone FPV rasanya tidak lengkap jika tidak dilengkapi perangkat OSD ini , jika kalian masih belum tahu apa itu On Screen Display , OSD pada Drone itu berguna untuk menambahkan HUD pada video yang di transmisikan dari kamera drone ke layar atau FPV Googles .

Contoh Tampilan OSD Pada Drone

Contoh Tampilan OSD On Screen Display FPV Drone
OSD / On Screen Display FPV Drone

PDB atau Power Distribution Board

Matek v2 PDB

Cara Membuat Drone FPV Matek v2 PDB Power Distribution Board
Matek v2 PDB / Power Distribution Board

Harga : Rp . 120,000

PDB Martek v2 ini mempunyai fitur yang cukup lengkap seperti : LED Light Controller, Lost Model Finder dan Low Voltage Alarm . PDB atau Power Distribution Board ini gunanya untuk mengalirkan power dari sebuah baterai ke 4 buah esc berbeda . Kita juga bisa menambahkan lampu LED pada PDB ini sehingga drone kita terlihat lebih menarik dan mudah dikenali .

FPV Camera dengan sensor CCD (Charge-Coupled Device)

PZ4020M CCD

Cara Membuat Drone FPV Camera PZ0420M CCD
Camera PZ0420M CCD

Harga : Rp . 300,000

Ini dia komponen utama dari drone FPV , kamera dengan sensor CCD . Kamera ini yang nanti memberikan sensasi menerbangkan Drone seperti menerbangkan pesawat tempur . Kamera dengan sensor CCD lebih baik digunakan pada Drone FPV ketimbang kamera dengan sensor CMOS . Kamera dengan sensor CCD memiliki WDR (wide dynamic range) yang lebih baik sehingga video akan tetap jelas terlihat walaupun dalam kondisi ekstrim rendah cahaya .

VTX atau Video Transmitter

Cara Membuat Drone FPV VTX FT958 40ch 600mw Mini Video Transmitter
VTX FT958 40ch 600mw Mini Video Transmitter

Harga : Rp . 425,000

Ini perangkat yang menerima sinyal Video dari kamera CCD yang barusan sudah kita bahas . Dengan menggunakan VTX + CCD + OSD maka kita akan mendapat hasil video real time yang sangat baik dan lengkap dengan HUD On Screen .

Receiver

FRsky TFR4SB

Cara Membuat Drone FPV Receiver FRsky TFR4SB
Receiver FRsky TFR4SB

Harga : Rp . 650,000

Receiver ini gunanya untuk menerima sinyal instruksi dari transmitter atau remote control atau remot pengendali atau apapun itu namanya haha .

Transmitter / Remote Control

Futaba 8FGS

Cara Membuat Drone FPV Transmitter Futaba 8FGS
Transmitter Futaba 8FGS

Harga : Rp . 6,800,000

Transmitter Futaba 8FG Super ini merupakan remote control paling populer dalam dunia Drone FPV Racing , biasanya digunakan pada ajang balapan drone yang pesertanya merupakan para professional di bidang Drone FPV .

Simak Juga :  Harga Drone DJI Phantom Terbaru Dengan Spesifikasi

Jika kalian ingin menggunakan transmitter yang murah atau kelas entry-level / pemula juga bisa , namun kalian harus memastikan receiver dan transmitternya cocok sehingga proses binding ( singkronisasi antara receiver dengan transmitter ) bisa dilakukan dengan lancar .

FPV Googles / Kacamata FPV

Fat Shark Dominator V3

Cara Membuat Drone FPV Fat Shark Dominator V3 (FSV1063)
Fat Shark Dominator V3 (FSV1063)

Harga : Rp . 4,800,000

Kalau perangkat ini sebenarnya optional , kalian tidak harus selalu menggunakan kacamata FPV untuk bisa memainkan FPV Drone , kalian bisa juga menggunakan layar LCD atau smartphone kalian yang tentunya memerlukan konfigurasi tambahan agar video yang di transmisikan oleh Drone FPV yang kalian buat bisa tampil pada media yang kalian inginkan .

Cara Membuat Drone FPV ( Proses Merakit )

Untuk merakit semua komponen diatas menjadi sebuah drone FPV yang siap terbang (Ready To Fly) , kalian bisa mengikuti tutorial pada dua buah video dibawah ini yang dibuat oleh Marcell Giovanni .

Video Tutorial Merakit Drone FPV Part 1

KOMPLIT LOKAL(1/2) – FPV Racing Drone Tutorial Rakit & Setup

Video Tutorial Merakit Drone FPV Part 2

KOMPLIT LOKAL(2/2) – FPV Racing Drone Tutorial Rakit & Setup

Total Biaya Yang Dibutuhkan Untuk Merakit Drone FPV

  1. Emax NightHawk 200 – Rp . 750,000 x 1
  2. Cobra CM2204/2300kv – Rp . 300,000 x 4 = Rp . 1,200,000
  3. FVT Littlebee 20A – Rp . 150,000 x 4 = Rp . 600,000
  4. Abusemark Naze32 Rev6 Full Edition – Rp . 720,000 x 1
  5. HQProp 5x4x3 – Rp . 30.000 x 2 pasang = Rp . 60,000
  6. Micro MinimOSD – Rp . 180,000 x 1
  7. Matek v2 PDB – Rp . 120,000 x 1
  8. Kamera PZ4020M CCD – Rp . 300,000 x 1
  9. VTX FT958 40ch 600mw – Rp . 425,000 x 1
  10. FRsky TFR4SB – Rp . 650,000 x 1
  11. Futaba 8FGS – Rp . 6,800,000 x 1
  12. Fatshark Dominator v3 – Rp . 4,800,000 x 1

Jadi total biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah Drone FPV siap terbang adalah : Rp . 16,605,000 .

Jika kalian merasa biaya membuat drone diatas terlalu mahal , maka kalian bisa membeli Drone yang sudah jadi dengan melihat pada artikel – artikel sebelumnya :

Dimana Membeli Semua Komponen Untuk Membuat Drone FPV ?

Kalian bisa mencari nama produk diatas di toko – toko online di Indonesia melalui google search , NGELAG.com sudah memastikan bahwa semua komponen diatas sangatlah mudah didapat .

Itulah tadi artikel Cara buat drone sendiri lengkap dengan daftar komponen membuat drone dan video merakit nya .

Comments are closed.