Cara Membuat Drone Quadcopter , Ini Komponennya

Diposting pada

Bagaimana sih cara membuat drone ? Apa saja komponen yang dibutuhkan untuk bisa membuat sebuah quadcopter yang bisa terbang dan merekam video ? Berapa harga komponen merakit video drone quadcopter ?Jika kalian adalah seorang yang tertarik dalam dunia drone atau quadcopter namun ingin belajar membuat dan merakit quadcopter sendiri ketimbang membeli quadcopter yang sudah jadi dan siap pakai , kalian berada pada tempat yang tepat !

Jika sebelumnya NGELAG.com menulis artikel 10 Drone Murah Dengan Camera Harga Dibawah 1 Juta kali ini kita akan membahas parts apa saja yang harus dibeli lengkap beserta harganya untuk bisa membangun sebuah drone quadcopter sendiri . Oke langsung kita mulai saja dengan komponen yang pertama!

Baca Juga : Apa Perbedaan Antara Drone Dan Quadcopter ?

Cara Membuat Drone Quadcopter dan Daftar Komponen

Pada dasarnya sebuah drone quadcopter menggunakan beberapa parts utama dibawah ini :

  1. Frame
  2. Motor 4 buah
  3. Electronic Speed Control (ESC) 4 buah
  4. Flight Control Board
  5. Radio transmitter dan receiver
  6. Baling-baling 4buah (2 searah jarum jam dan 2 berlawanan jarum jam)
  7. Baterai & Charger

Pada tutorial cara membuat drone quadcopter kali ini , Penambahan GPS , kamera dan aksesoris lainnya dapat disesuaikan dengan budget dan penggunaan drone quadcopter kalian masing-masing .

Frame Atau Rangka

DJI FlameWheel F450 Cara Membuat Drone Untuk Pemula , Ini Daftar KomponennyaHarga : Gratis s.d Rp . 750,000

Untuk menopang seluruh komponen atau parts yang dibutuhkan oleh sebuah drone , kita membutuhkan sebuah rangka penopang utama , hal terpenting dalam memilih rangka adalah : Bobot , Bahan Dan Ukuran .

Untuk memiliki sebuah frame quadcopter , kalian bisa membuat frame drone quadcopter sendiri dengan bahan kayu , contohnya pada video dibawah ini :

Quadcopter memiliki 4 lengan yang menopang 4 buah rotor dan baling-baling , kalian harus memastikan ke 4 lengan tersebut memiliki ketebalan , kelebaran dan bobot yang sama , hal ini agar quadcopter buatan kalian memiliki stabilitas yang sangat baik saat digunakan .

Jika kalian tidak mau repot , banyak frame yang sudah jadi dijual di toko-toko RC atau quadcopter , contoh frame yang paling banyak digunakan adalah DJI FlameWheel F450 , kalian bisa mencarinya melalui google karena banyak sekali yang menjual frame quadcopter tersebut harganya berkisar di angka Rp . 750 ribuan kalau ingin yang lebih murah bisa membeli versi clone atau kw nya .

Motor Atau Rotor

Motor 1000kv Cara Membuat Drone Untuk Pemula , Ini Daftar Komponennya

Harga per 4 Buah : Rp . 300,000 s.d Rp . 400,000

Simak Juga :  Amazon Memperkenalkan Drone Pengantar Paket Terbarunya

Motor digunakan sebagai pemutar baling-baling agar quadcopter buatan sendiri kalian bisa terbang dan bermanuver . Banyak sekali jenis-jenis motor yang dijual dipasaran , tapi ada beberapa hal yang wajib kalian perhatikan .

Motor dikelompokan berdasarkan ukuran kilovolt , semakin tinggi kV nya semakin cepat juga motor bisa berputar . Biasanya saat membeli motor khusus quadcopter , kalian akan mendapatkan spesifikasi seperti : berapa amper ESC yang dibutuhkan dan rekomendasi ukuran baling-baling .

Pada tutorial cara membuat drone quadcopter kali ini , kalian bisa membeli motor dengan ukuran 1000 kV , kalian bisa mencarinya dengan mengetikan kalimat “jual brush-less motor 1000kV” di google. maka kalian akan mendapatkan banyak orang yang menjual barang tersebut dengan harga mulai dari 300 ribu sampai 400 ribu untuk 4 buah motor .

ESC (Electronic Speed Controls)

ESC SimonK Cara Membuat Drone Untuk Pemula , Ini Daftar KomponennyaHarga per 4 Buah : Rp . 400,000 s.d Rp . 500,000

ESC atau Electronic Speed Controls merupakan komponen yang kerjanya mengatur kecepatan putaran pada setiap motor . Kalian butuh 4 buah ESC yang dihubungkan ke masing-masing 4 buah motor tadi .

Nantinya , ESC ini dihubungkan dengan baterai sebagai sumber tenaga melalui soket atau melalui power distribution board dulu . Tingkat akurasi putaran motor sangatlah penting untuk menjaga stabilitas quadcopter , jadi gunakan ESC yang sesuai dan berkualitas .

Sebagai rekomendasi , gunakan ESC yang terdapat Firmware Simonk didalamnya , Firmware ini mampu merubah refresh rate dari ESC sehingga mampu memberikan instruksi per detik yang lebih banyak dari ESC kepada motor. Untuk mencari ESC yang tepat , gunakan kalimat “Jual ESC Simonk 30A” pada mesin pencari google maka kalian akan ditawarkan beragam merek dengan harga mulai dari 400 ribu sampai 500 ribu untuk 4 buah ESC ini.

Flight Controller

Flight Controller Board Cara Membuat Drone Untuk Pemula , Ini Daftar Komponennya

Harga : Rp . 660,000

Komponen ini adalah pusat dari sebuah Quadcopter , didalam board Flight Controller terdapat sensor gyroscope yang bertugas untuk menentukan orientasi gerak dan sensor accelerometer yang membaca kecepatan dan kemiringan dari quadcopter .

Banyak diantara mereka yang merakit quadcopter sendiri menggunakan Flight Controller HobbyKing KK2.0 karena mudah digunakan dan bisa digunakan untuk tricopter dan hexacopter yang memiliki jumlah motor berbeda dengan quadcopter , harganya sekitar 600 ribuan , kalian bisa mendapatkannya secara online di situs jual beli online indonesia.

Radio Transmitter dan Receiver

Transmitter Turnigy 9XR Cara Membuat Drone Untuk Pemula , Ini Daftar Komponennya

Harga : Rp . 1,200,000

Supaya lebih simpel kita sebut saja Remote Controller . Jika kalian mau menggunakan Flight Controller HobbyKing KK2.0 , minimal kalian harus membeli remote controller yang memiliki 4 channel .

Simak Juga :  Cara Membuat Drone FPV , Dengan Video Tutorial

Biasanya untuk mengontrol quadcopter , bisa menggunakan merek Turnigy 9xR , merek ini sangat populer di Indonesia jadi kalian tidak akan kesulitan dalam mencari barang ini . Turnigy 9xR ini memiliki 9 channel , jadi kalian bisa menggunakan remote ini untuk project lainnya di waktu yang akan datang .

Baling-Baling

Propeller 9x47 Cara Membuat Drone Untuk Pemula , Ini Daftar Komponennya

Harga per 4 buah : Rp . 60,000 s.d Rp . 80,000

Lebih dikenal dengan nama Propeller , untuk membuat quadcopter buatan kalian terbang , propeller yang digunakan adalah 2 pasang sepasang berputar searah jarum jam dan sepasang lagi berputar melawan arah jarum jam atau biasa disebut pusher .

Agar sesuai dengan komponen lain yang dituliskan dalam artikel cara membuat drone quadcopter ini , disarankan menggunakan propeller berukuran 9×4.7 . untuk mencari propeller yang tepat gunakan kalimat “jual propeller 9×47” pada mesin pencari google dan pastikan kalian membeli 2 buah yang berputar searah jarum jam (normal) dan 2 buah yang berputar berlawanan jarum jam (pusher).

Baterai

Baterai LiPo Cara Membuat Drone Untuk Pemula , Ini Daftar Komponennya

Harga : Rp . 350,000

Biasanya , quadcopter menggunakan baterai jenis LiPo (lithium polymer) , untuk project pada artikel ini , gunakan baterai LiPo dengan spesifikasi 3000mAh 3S1P 20C . 3000mAh artinya kapasitas baterai , 3S1P artinya 3 cell dipasang secara pararel , dengan tiap cell memiliki 3.7 volt artinya baterai ini voltasenya 11.1 volt . sedangkan C adalah singkatan dari Capacity , jadi 20 C dengan 3000mAh artinya 20*3000 = 60000mAh = 60 A. 60A adalah arus yang dikeluarkan baterai dalam waktu sesaat.

Semakin besar kapasitas baterai , akan semakin besar juga ukurannya , semakin besar ukuran baterai akan menambah beban yang diterima oleh quadcopter .

Charger

Imax Balance Charger LiPo Cara Membuat Drone Untuk Pemula , Ini Daftar Komponennya

Harga : Rp . 370,000

Proses pengisian baterai LiPo memiliki proses yang sulit karena charger harus melakukan charge dan discharega pada beberapa cell dalam sebuah baterai LiPo dalam waktu yang bersamaan .

Yang paling populer dan banyak tersedia di pasaran adalah merek IMAX B6 Lipo Balance Charger , karena dipercaya memiliki stabilitas pengisian .

Cara Merakit Keseluruhan Komponen

Biasanya saat membeli komponen2 diatas , kalian akan menerima sebuah manual book yang memberikan informasi kemana ujung A harus dihubungkan dan kemana ujung B harus dihubungkan .

Baca Juga : GoPro Adakan Undian Berhadiah 100 Karma Drone

Namun untuk mempermudah kalian dalam merakit semua parts diatas menjadi sebuah quadcopter , ada 2 buah video yang bisa mewakili cara merakit keseluruhan komponen dalam artikel ini :

mudah-mudahan nanti , kalau sudah ada dana atau barang kali ada yang mau nyumbang NGELAG.com , kita bakal buat video tutorial sendiri hahaha .

Simak Juga :  Karma , Drone Pertama GoPro Ditunda Perilisannya

Kesimpulan dan Rangkuman

  1. Frame : 750 ribu
  2. Motor 4 buah : 400 Ribu
  3. ESC 4 buah : 500 Ribu
  4. Flight Control Board : 660 Ribu
  5. Radio transmitter dan receiver : 1,2 Juta
  6. Baling-baling 4buah : 80 Ribu
  7. Baterai & Charger : 710 Ribu

Jika dijumlahkan , modal biaya yang harus kita keluarkan untuk merakit sebuah quadcopter siap terbang (ready to fly) adalah Rp . 4,300,000 harga ini merupakan perkiraan dengan mengambil harga paling mahal di pasaran .

Masih banyak kemungkinan konfigurasi yang bisa kalian gunakan . Kalian juga bisa menggunakan merek lain yang harganya lebih murah , namun jika kalian belum terlalu paham kalian lebih baik berkonsultasi dengan expert dunia drone dan quadcopter .

Kalian bisa melihat video cara membuat drone quadcopter di youtube seperti video dibawah ini :

https://www.youtube.com/watch?v=AWRbWFWyP34

Itulah tadi bagaimana cara membuat drone quadcopter lengkap dengan daftar komponen , harga komponen hingga video bagaimana cara merakit drone quadcopter .

Pertanyaan – Pertanyaan Yang Mungkin Ditanyakan Oleh Kalian :

Apakah quadcopter ini bisa dijadikan video drone ? tentu saja bisa , kalian bisa menggunakan action camera yang kita rekomendasikan pada bagian berikut : Action Camera Buyer’s Guide namun dengan menambah sebuah kamera artinya menambah beban dan mengurangi stabilitas quadcopter , mungkin kalian perlu sedikit perubahan pada ukuran baling-baling , motor dan baterai yang akan digunakan.

Apakah komponen diatas tersedia di Indonesia ? NGELAG.com memastikan semua komponen yang dituliskan diatas sangat mudah didapat baik melalui toko online maupun toko offline yang ada disekitar tempat tinggal kalian.

Apakah NGELAG.com menjual parts-parts diatas ? kita belum bisa menjual parts-parts yang ditulis pada artikel cara membuat drone quadcopter diatas , karena kita belum memiliki cukup biaya dan relasi untuk menjual seluruh parts diatas . Mau jadi partner / sponsor ? Hubungi Kami ! 😉

Setelah membaca artikel ini saya bingung apa bedanya quadcopter dengan drone ? hehe , sebetulnya artikel ini membahas cara membuat drone quadcopter , namun karena masyarakat indonesia menganggap quadcopter adalah drone , akhirnya pemilihan kata nya pun disesuaikan . sebetulnya perbedaan quadcopter dengan drone terdapat pada karakteristiknya , untuk tahu lebih lanjut baca artikel ini : Perbedaan Antara Drone Dan Quadcopter

Jika ada yang ingin ditanyakan lagi , silahkan tulis pada kolom komentar !