Cara Membuat Vlog Di Youtube

Diposting pada

Membuat Vlog di Youtube sepertinya bukan hal yang aneh lagi di Indonesia , banyak youtuber Indonesia yang sengaja secara rutin membuat dan mengupload Vlognya ke Youtube . Tidak jarang video Vlog dari para Youtuber Indonesia ini masuk kedalam trending Video ditemani video popular lainnya .

Kabar tentang penghasilan youtuber yang tinggi dan ketenaran yang didapatkan sangat fantastis , membuat banyak masyarakat di Indonesia ingin memulai karirnya di Youtube dan membuat Vlog . Sayangnya di Indonesia sendiri masih sedikit artikel atau tutorial yang menjelaskan tentang bagaimana cara membuat vlog di youtube .

Nah pada artikel kali ini , NGELAG.com akan menjelaskan sedetail dan sejelas mungkin sebuah jawaban dari pertanyaan kalian yang berbunyi : “Gimana sih caranya membuat vlog di youtube dan menjadi youtuber terkenal ?”

Untuk kalian yang masuk kedalam artikel ini dengan tanpa sengaja , dan belum tahu apa itu Vlog , berikut penjelasannya .

Vlog Itu Apa ?

Vlog adalah singkatan dari Video Blog atau bisa juga diartikan sebagai Blog dalam bentuk Video . Vlog biasanya merekam kegiatan seseorang atau berisi pembahasan topik tertentu . Vlog saat ini lebih idientik dengan youtube , travel vloger dan motovlog adalah 2 topik yang paling popular dan sering digunakan oleh youtuber dalam membuat sebuah video blog .

Jadi jika sebuah posting blog biasanya menjelaskan dan membahas topik tertentu melalui rangkaian tulisan , gambar dan file multimedia lain , sedangkan sebuah vlog menjelaskan atau membahas topik tertentu melalui rekaman percakapan dan video ditambah file multimedia pendukung lain seperti musik dan gambar .

5 Langkah Mudah Cara Membuat Vlog Yang Cepat Populer

Langkah pertama ,

Buat Dulu Akun Youtube dan Channel Youtubenya

Modal awal untuk jadi youtuber ya membuat akun dan sebuah channel dengan nama unik dan menarik di Youtube .

Caranya ?
Cara Membuat Channel Youtube Yang Terkenal

Langkah kedua ,

Persiapan Membuat Vlog

Gunakan kamera yang bagus untuk merekam sebuah Vlog , minimal kamera dengan resolusi video 720p , tapi kalau bisa gunakan kamera 1080p agar kualitas vlog semakin maksimal .

Kamera apa yang cocok untuk vlog ?

Simak Juga :  10 Youtuber Gamer Paling Populer Di Dunia
Cara membuat vlog , kamera untuk vlog
Kamera untuk vlog

Ada yang bilang untuk membuat Vlog kita butuh kamera sekelas DSLR , tapi sebenarnya dengan kamera murah dan pencahayaan yang baik , Vlog akan tetap terlihat professional dan nyaman untuk ditonton .

Perhatikan juga kualitas Audio dari vlog kalian , jika built in microphone yang ada pada kamera tidak menghasilkan suara yang maksimal , kalian bisa menggunakan microphone eksternal yang harganya tidak terlalu mahal . Microphone yang ada pada Smartphone juga bisa kalian gunakan jika hasilnya lebih jernih dibanding audio yang dihasilkan oleh kamera .

Vlog tentang apa yang harus saya buat ?

Jawabannya tergantung dari apa yang ingin kalian capai . Jika kalian hanya ingin sekedar upload vlog ke youtube , silahkan upload video kehidupan sehari-hari kalian dari bangun tidur sampe tidur lagi , tapi dijamin video kalian gak bakalan populer , paling yang nonton cuma 2 atau 3 orang hehe .

Jika kalian ingin vlog kalian populer dan ditonton banyak orang , upload lah vlog dengan menggunakan satu diantara 13 topik video youtube yang disukai oleh masyarakat . Baca Disini : 13 Topik Channel Youtube Yang Paling Digemari .

Tapi saya gak ada passion di ke 13 bidang tersebut ? Kalau gitu , silahkan buat Vlog dengan topik yang kamu ciptakan sendiri , tapi ingat ! Jangan pernah meniru Vlog youtuber yang sudah terkenal , para youtuber terkenal memang kerap mengupload Vlog dengan topik yang gak penting tapi banyak penontonnya , hal ini dikarenakan para penonton tidak memikirkan topik dari vlognya namun siapa yang membuat vlognya .

Nah , jika kalian sudah punya kamera yang bagus , topik yang ingin diangkat dan perlengkapan pendukung lainnya , maka lanjut ke langkah berikutnya .

Langkah ketiga ,

Buat Vlog Pertamamu

Jangan banyak basa-basi 

Misalnya jika kalian ingin membuat travel vlog , sebagai channel youtube baru , jangan melakukan basa-basi busuk yang terlalu lama , karena akan meningkatkan bounce rate video kita .

Hindari intro atau perkenalan yang terlalu lama , contohnya , “Selamat datang di channel Ngevlog , channel ini adalah channel yang khusus mengupload vlog berkualitas tinggi tentang apa saja yang bisa di rekam , kali ini gw mau ke bandung dan nyari keindahan alamnya yang tersembunyi , ….. sambil teriak halo warga bandung apa kabarnyaaaaa ? jangan lupa subscribe , like share , tonton video lainnya dan kunjungi website kita supaya gw bisa kaya dan banyak duit”

Simak Juga :  10 Youtuber Indonesia Dengan Views Terbanyak

Sebenarnya , kita bisa membuat judul video menggunakan kalimat efektif sehingga orang akan tahu apa isi dari vlog tersebut tanpa harus dijelaskan secara bertele-tele . Pada awal video langsung saja buka dengan singkat “Hai gw gissa , hari ini gw mau jalan-jalan ke bandung dan meng-eksplor keindahan alamnya ” …. sambil manasin mesin motor .

Ambil video sebanyak mungkin

Biasanya para youtuber menyebutnya footage , nah kalau kita ngerekam video banyak maka kita bakalan punya bahan yang banyak untuk dibawa pulang dan kita edit . Setiap merekam video kita pasti akan melakukan kesalahan atau kita merasa rekaman kita kurang  pas , kurang keren .

Semakin banyak footage yang kita punya , maka semakin leluasa kita dalam mengedit video mentah dari kamera menjadi sebuah Vlog yang siap diupload ke youtube .

Edit Vlog agar lebih sempurna 

Cara membuat vlog , Software Edit Video Vlog
Contoh Software Edit Vlog

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya , kita terkadang mendapatkan hasil rekaman yang kurang sempurna . Lakukan edit ringan seperti koreksi warna dan cahaya , Reduce camera shake , penambahan watermark dan intro jika dirasa perlu untuk branding .

Ngeditnya pake software apa ? Kalian bisa menggunakan beberapa software edit video seperti adobe photoshop dan aftereffect . Namun jika kalian belum terlalu paham dengan cara menggunakannya , NGELAG.com punya artikel berisi daftar 25 Software Edit Video Ringan yang bisa kalian gunakan dengan mudah dan gratis .

Langkah keempat ,

Upload Vlog

Cara membuat vlog , cara upload video
Upload video

Jika kalian sudah memiliki Vlog yang siap untuk diupload ke youtube , lakukan segera pengunggahan dengan optimasi khusus agar video kalian cepat populer .

Beberapa optimasi yang bisa kalian lakukan dengan mudah antara lain :

  • Berikan judul vlog yang menarik dan berkaitan dengan trending topic
  • Tulis deskripsi vlog yang jelas dan panjang
  • Promosikan vlog lewat social media
  • Share vlog lewat forum kaskus , dan situs yang memperbolehkan kita untuk share video .
  • Baca Cara Optimasi SEO Video Youtube Lengkap Disini

Langkah kelima ,

Yang Harus Dilakukan Agar Channel Bisa Berkembang

Banyak yang mengeluh setelah membaca artikel – artikel tips dan trik menjadi youtuber disini karena katanya mereka sudah membuat channel youtube dan mengupload video tapi tidak terkenal . Ternyata mereka ini suka yang instan hehe .

Simak Juga :  Cara Agar Video Youtube Banyak Yang Nonton

Baru upload video 1 lalu mengeluh karena subscriber dan pendapatan tidak kunjung meningkat , sebagai gambaran youtuber akan mulai sukses dan dikenal itu rata-rata saat sudah aktif di Youtube setidaknya selama 6 Bulan dengan 1 video baru dan original setiap 2 minggu .

Lalu bagaimana caranya agar channel bisa populer lebih cepat ?

Cara agar channel youtube cepat populer yang bisa kalian lakukan itu hanya 2 !

  1. Upload video unik (bukan reupload video orang lain dan yang pertama) dengan membahas topik yang sedang banyak dicari oleh orang banyak .
  2. Upload video berkualitas setiap hari dan lakukan optimasi dengan maksimal

Kedua cara diatas sudah pernah saya lakukan dan hasilnya mantap , contohnya kemarin saat Gerhana matahari total terjadi di Indonesia , NGELAG.com secara rutin mengupload video seputar gerhana matahari dan selama bulan februari hingga maret , jumlah view video pada channel NGELAG.com meningkat tajam hingga 1.000.000 view hanya lewat 1 video .

Saya juga pernah melakukan reupload video orang lain pada saat terjadi insiden Bom Sarinah , pada waktu itu channel ini mengupload video seputar bom sarinah yang didapat dari channel youtube lain , hasilnya memang fantastis 1 hari dapat 500.000 view namun beberapa hari setelah insiden bom sarinah berakhir , Channel saya kena copyright strike dan mengharuskan video – video tersebut dihapus . Hal seperti ini menyebabkan jumlah view yang turun secara drastis .

Saya juga pada saat ini sedang mengelola channel youtube dengan siklus upload video setiap hari , semua video saya buat dalam bahasa inggris untuk meningkatkan angka revenue , dengan tema teknologi dan hasilnya sangat fantastis , video yang saya upload selalu berhasil menembus angka 10.000 view pada hari pertama .

Vlogger Terkenal

Dalam kancah internasional ada CaseyNeistat yang merupakan salah seorang youtuber yang terkenal akan vlognya . Sedangkan di indonesia ada beberapa Youtuber yang kerap membuat Vlog , contohnya Raditya Dika dengan RVLOG nya

Selesai sudah artikel yang menjelaskan bagaimana cara membuat vlog di youtube , mudah-mudahan artikel dari section 1001 cara menjadi youtuber cukup bisa dipahami dan bisa dijadikan referensi yang bermanfaat untuk kalian para calon bintang youtuber indonesia .

Comments are closed.