Cara Memperbaiki Memory Card Yang Tidak Terbaca Sama Sekali

Diposting pada

NgeLag.Com – Kartu memori atau yang biasa dikenal sebagai MMC atau juga SD Card adalah salah satu media penyimpan eksternal yang ada di ponsel, terutama Smartphone Android. Dengan media di ponsel kita, memungkinkan pengguna menyimpan banyak data seperti file musik, video, foto, aplikasi dan sebagainya.

Tapi seiring kartu memori itu digunakan dan selalu dilepas kemudian dipasang kembali memungkinkan kartu memori rawan rusak.

Untuk mengatasi atau memperbaiki kartu memori yang tidak terdeteksi pada Smartphone Android Samsung sebenarnya tidak begitu sulit, namun hal itu tergantung juga pada kondisi dan kerusakan itu sendiri. Jadi bagi anda yang mengalaminya jangan khawatir, karena sering terjadi dan bahkan kerusakannya bisa dianggap lebih parah.

Baca juga:

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Tidak Terbaca

Sementara untuk mengatasinya, kita harus tahu terlebih dahulu penyebab kerusakannya, jadi berikut ini beberapa penyebab umumnya:

1. Kartu Memori Lama Tidak Digunakan

Nah bagi anda yang punya kartu memori, tapi sudah cukup lama tidak digunakan, dan saat masuk ponsel sudah rusak atau tidak terbaca. Hal ini tentu sangat wajar karena tidak terdeteksi, kalaupun kartu memori tidak digunakan tersimpan dengan benar, namun tidak menutup kemungkinan memori tersebut tidak terkena kotoran.

2. Terlalu Sering Berpindah

Mungkin anda sering ingin menyalin file, mendownload file ke HP lain dan sebagainya. Namun tanpa disadari jika kita terlalu sering berpindah kartu SD atau kartu memori, maka lama atau tidak memori akan rusak dan terbaca oleh Smartphone.

Simak Juga :  [Tested] 2 Cara Lengkap Cara Flash Oppo Joy 3 A11W

3. Terjangkit Virus

Penyebab lain dari kartu memori adalah terjangkit virus, mungkin karena digunakan pada komputer dan perangkat Android lain. Hal ini biasanya terjadi jika pengguna mendownload file yang terinfeksi virus dan memasukkan file ke memori.

Jika kerusakan yang diakibatkan oleh masalah ini telah terjadi, maka salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memindai kartu memori atau format dan jika memungkinkan kita bisa menggunakan bantuan antivirus.

Terkadang hal seperti ini dianggap biasa oleh kita, namun dalam waktu tertentu, memori tidak terbaca atau bahkan lebih fatal.

Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini, kami sudah memberikan tutorial bagaimana cara menangani kartu memori yang tidak terbaca di HP Samsung dengan mudah. Hanya saja beberapa kerusakan parah mungkin akan menyebabkan hilangnya file yang ada di memori.

Baca juga: [Work 100%] Cara Mengembalikan File Dengan Recuva

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak Pada Hp Samsung

Sebenarnya, cara ini tidak hanya di Samsung HP, tapi trik ini juga bisa diaplikasikan ke HP dengan merek lain, karena pada dasarnya pada dasarnya sama, anda hanya tinggal menyesuaikan saja.

  • Pertama-tama silahkan masuk ke tab menu, lalu masuk ke halaman setting
    Cara Memperbaiki Memory Card Rusak Pada Hp Samsung
  • Gulir dan cari menu penyimpanan, kurang lebih sama seperti pada gambar berikut.
    Cara Memperbaiki Memory Card Rusak Pada Hp Samsung
  • Nah inilah langkah dasar yang akan kita update memori dari kartu SD dengan format (SD Card Format) dengan menghapus semua data dari kartu SD, termasuk musik dan foto sehingga memori Anda akan kembali seperti semula.

Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terdeteksi dengan PC

Memperbaiki Memory Card Tidak Terdeteksi dengan PC

  • Langkah Pertama silahkan hubungkan Hp android anda ke PC dengan Kabel Data
  • Kemudian pilih mode  “Mass storage mode (MSC)”, bukan “Media transfer mode (MTP)”
  • Atau jika fitur diatas tidak ada, silahkan gunakan Card Reader.
  • Kemudian Buka Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu memory, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai
  • Selesai
Simak Juga :  [Work 100%] Cara Root Xiaomi Redmi 4X Paling Mudah

Baca juga: [Gampang] Cara Cek Nomor XL Sendiri versi 2017