15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android & Laptop

6
108996

Cara Memperkuat Sinyal WiFi dirumah kalian yang biasa menggunakan Smartphone Android atau Laptop untuk berselancar di dunia maya . Terdapat banyak sekali cara untuk mengakali kekuatan koneksi Wireless namun kali ini kita merangkumnya menjadi 15 buah tips dan trik yang mudah-mudahan bisa membantu kalian semua para pengguna WiFi .

Kecepatan internet tergantung dari jenis layanan yang kalian gunakan , kita disini hanya memberi tips dan trik supaya indikator sinyal WiFi stabil pada perangkat yang kalian pake untuk internetan 🙂 Selamat mencoba .
Baca Juga : 8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Indihome

Cara Memperkuat Sinyal WiFi

  1. Buat Antenna Sederhana Untuk Memperkuat Sinyal WiFi.
    Sinyal yang dipancarkan oleh modem atau router WiFi akan terpancar ke arah yang tidak beraturan , dengan membuat antena sederhana diharapkan kalian mendapat output sinyal yang lebih terarah atau fokus . Untuk membuatnya , silahkan simak artikel ini : Memodifikasi Antena Modem Menjadi WiFi Extender
  2. Rubah Modem atau Router Lama Jadi Wifi Repeater.
    Biasanya modem wifi memiliki fitur sebagai router . Cara untuk merubah modem menjadi repeater pada umumnya sama saja yaitu dengan mengetkian IP Modem misalnya : 192.168.1.1 , masukan password dan biasanya pengaturan untuk merubah menjadi WiFi repeater ada pada menu access point . Tunggu tutorial lengkap di artikel selanjutnya , kita sedang coba dengan memakai Modem WiFi Speedy merk Huawei .
  3. Matikan Modem Secara Berkala.
    Jika modem terlalu lama pada kondisi menyala , ini artinya asupan listrik yang mengalir pada komponen modem berlangsung terus-menerus , hal ini menyebabkan suhu pada modem meningkat . Pada perangkat komunikasi yang mentransmisikan sinyal , panas adalah musuh utama karena dapat menyebabkan noise pada sinyal yang di hasilkan . Berikanlah waktu istirahat pada modem anda .
  4. Rutin Rubah Password Wifi.
    Baca Juga : Cara Mengganti Password WiFi Indihome
    Semakin banyak perangkat yang mengakses internet melalui sebuah modem , maka listrik yang digunakan oleh modem akan meningkat , selain membuat modem cepat panas dan mengganggu kekuatan sinyal , bayangkan jika yang menggunakan modem kalian ternyata tetangga kalian yang ingin internetan gratis ? Tentunya bandwidth akan terbagi dengan tetangga anda . Rubahlah password WiFi secara rutin guna menghindari pencurian koneksi oleh tetangga kalian hehehe .
  5. Hindari Gangguan Dari Peralatan Elektronik Lain.
    Seperti yang kita tulis pada trik nomor 3 , selain panas masih banyak hal lain yang mengganggu proses pengiriman sinyal modem WiFi , salah satunya glombang elektromagnetik , Peralatan elektronik seperti microwave sangat mungkin mengganggu kekuatan sinyal modem Wifi kalian .
  6. Pastikan Posisi Router atau Modem Ideal.
    Sinyal WiFi tidak bisa menembus dinding oleh karena itu pastikan posisi antara Router atau modem dengan perangkat penerima sinyal pada posisi yang ideal , contoh nya adalah dengan menempatkan modem WiFi sejajar dengan perangkat yang menggunakan WiFi misalnya Smartphone atau Laptop .
  7. Upgrade Perangkat Wifi Anda.
    Teknologi WiFi sudah mengalami beberapa perubahan . Munculnya versi baru WiFi tentu akan meningkatkan kenyamanan kalian dalam menggunakan WiFi , Versi terbaru WiFi pada saat ini adalah 802.11ac

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Android

Pada perangkat android kalian bisa melakukan trik dengan bantuan sofrware gratis dan merubah pengaturan pada Android , berikut ini cara memperkuat sinyal WiFi pada android .

Advertisement

  1. Rubah Pengaturan Frekuensi Wifi Pada Android Menjadi 5 GHz.
    Pada perangkat android keluaran lama , biasanya Frekuensi WiFi berada pada 2.4 GHz , namun saat ini sudah banyak yang mampu menerima sinyal pada Frekuensi yang lebih tinggi yaitu 5 GHz , ini artinya spektrum sinyal yang ditransmisikan akan lebih beragam . Pastikan Modem WiFi kalian juga menggunakan Frekuensi yang setara , jika kurang begitu yakin maka ikuti petunjuk berikut :
    Settings > Wi-Fi > Advanced > Wi-Fi frequency band lalu pilih Auto , maka smartphone android kalian akan secara otomatis menggunakan Frekuensi 5 GHz jika terdapat modem dengan frekuensi yang sekelas .
    Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Android 1
  2. Lihat Statistik Sinyal Wifi Untuk Menentukan Spot Terbaik.
    Saat terkoneksi dengan WiFi , kalian bisa memakai aplikasi bernama WiFi Signal Strength aplikasi Gratis ini memungkin kan kalian melihat kekuatan sinyal pada titik tertentu dalam sebuah ruangan yang terdapat Sinyal WiFi . Gunakan aplikasi ini pada Android kalian , lalu cobalah berpindah-pindah titik / posisi sampai menemukan posisi yang menghasilkan sinyal paling besar dan stabil.
    Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Android 2
  3. Pastikan Firmware Android Menggunakan Versi Terbaru.
    Android bekerja layaknya sebuah PC , untuk mengoperasikan sebuah hardware dibutuhkan software / driver agar konfigurasinya dapat bekerja sebagaimana mestinya , oleh karena itu sangat penting untuk memastikan Firmware Android berada pada versi terbaru untuk kinerja hardware yang maksimal .
  4. Periksa Casing HP Android.
    Lakukan percobaan dengan speedtest.net , percobaan pertama lakukan dengan menggunakan casing sedangkan percobaan kedua lakukan dengan tanpa memakai casing , Lalu bandingkan hasilnya , apakah lebih baik ? antena WiFi pada perangkat Android biasanya berada di belakang atau dibagian sisi , apabila dengan membuka tutup baterai kualitas koneksi internet kalian meningkat , berarti casing android kalian terlalu tebal atau mengandung material yang mengganggu sinyal WiFi .

Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Laptop

Laptop biasanya sudah dilengkapi adapter wireless onboard , tentu hal ini perlu perlakuan khusus untuk mendapatkan sinyal WiFi yang bagus . beberapa cara Memperkuat sinyal Wifi pada laptop diantaranya :

  1. Update Driver Wireless Network.
    Ketahui hardware WiFi yang digunakan Laptop kalian , Bisa dengan membuka device manager pada properties my computer , lalu lihat pada bagian Network Adapters , biasanya mengandung kata Wireless , lalu update atau mencari hardware driver yang bersangkutan melalui official website produsennya .
  2. Matikan Background Task Yang Memakan Bandwith.
    Cara Memperkuat Sinyal Wifi Pada Android 3Foto diatas kita ambil saat kita menulis artikel ini sambil mendengarkan lagu lewat youtube , maka terlihat grafik penggunaan internet pada bagian Ethernet . Jika saat kalian tidak melakukan streaming bahkan browsing namun Ethernet menunjukan statistik yang naik secara signifikan , berarti ada background process yang sedang berjalan dan menggunakan resource internet kalian cukup besar , segera cari dan matikan process tersebut agar Koneksi internet kalian kembali lancar .
  3. Gunakan External Wifi Receiver.
    Banyak external Wifi Receiver yang ditawarkan di toko perlengkapan komputer , biasanya dilengkapi dengan kabel untuk mempermudah kalian mengatur posisi sampai mendapatkan sinyal yang maksimal . Contoh nya : 9 Penguat Sinyal WiFi Harga Murah Berkualitas
  4. Pastikan Hardware Bekerja Maksimal.
    Lakukan pengecekan secara berkala pada hardware Laptop kalian , pastikan sirkulasi udara dan listriknya lancar dan berjalan dengan semestinya . Jika listrik yang mengalir ke hardware penerima sinyal WiFi tidak mendapatkan aliran listrik yang baik , secara otomatis kinerjanya pun akan menurun bahkan mungkin WiFi adaptor kalian sebentar lagi akan mengalami kerusakan fatal .

Itulah beberapa tips dan trik untuk memperkuat sinyal wireless alias wifi , kondisi yang kalian hadapi mungkin berbeda dengan kondisi di kantor kita jadi kita nggak ngejamin 100% tips dan trik diatas bisa bekerja dengan baik di lokasi kalian berada hehe .

6 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here