Cara Mengatasi Agar Laptop Tidak Lemot

Diposting pada

Mungkin kalian ada yang bertanya kenapa laptop lemot ? dan kalian ingin mencari solusi laptop lemot  , maka kalian berada pada tempat yang benar , karena kali ini ngelag.com bakal membahas Cara Mengatasi Agar Laptop Tidak Lemot , mulai dari penyebab dan solusinya .

Baca Juga : Komputer Restart Sendiri Ini Penyebab & Solusinya 
Baca Juga : 15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Pada Android dan Laptop
Baca Juga : 8 Sistem Operasi Paling Ringan Untuk Netbook & Laptop

Mengatasi laptop lemot

Tidak jarang orang ketika mengalami laptop lemot , mereka langsung membawanya ke tukang service atau bahkan langsung menjualnya dan membeli laptop baru , pedahal ada cara yang mudah untuk mengatasi permasalahan ini .

Untuk bisa memperbaiki laptop yang lemot , kalian harus tau dulu apa penyebab laptop lemot ? karena penyebabnya ada banyak dan bermacam-macam , untuk itu kalian bisa lihat penyebabnya dibawah sini :

Penyebab laptop lemot 

Laptop merupakan barang elektronik yang sensitiv , jika kalian tidak merawatnya dengan baik sudah pasti akan banyak sekali permasalahan yang muncul .

Biasanya laptop kalian menjadi lama atau lemot itu karena :

  1. Laptop kalian penuh debu dan tidak pernah dibersihkan
  2. Harddisk kalian penuh atau bahkan kena bad sector
  3. Sistem operasi kalian sudah kadaluarsa
  4. Terlalu banyak software / program yang diinstall
  5. Ada kerusakan komponen pada laptop
  6. Ram kalian terlalu kecil
Simak Juga :  15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android & Laptop

Lalu bagaimana cara mengatasi ke 6 permasalahan diatas ? ngelag.com sudah merangkum beberapa cara mengatasi agar laptop tidak lemot , perlu diingat beberapa cara dibawah ini mungkin bisa berbahaya untuk laptop kalian dan diri kalian sendiri , jadi jika kalian ragu silahkan minta bantuan orang yang ahli dibidangnya .

Cara agar laptop tidak lemot

Bersihkan bagian dalam laptop dari debu dan kotoran

Cara Mengatasi Agar Laptop Tidak Lemot Ngelag.com
FLICKR/ALAN LEVINE

Senuah komputer ketika beroprasi akan menimbulkan panas , biasanya panas muncul pada power supply ,  processor , VGA , Chipset , RAM dan Hard disk ,  oleh karena itu setiap laptop biasanya dilengkapi dengan kipas untuk menyuplai udara yang mendinginkan komponen yang panas , jika laptop kalian berdebu , maka udara tidak akan mendinginkan komponen yang panas bahkan udara panas akan terperangkap didalam laptop kalian .

Untuk itu kalian harus secara rutin membersihkan laptop kalian dari debu dan kotoran , untuk menjaga suhu tetap stabil dan memperpanjang usia pemakaian laptop kalian .

Update atau Ganti sistem operasi kalian ke yang lebih ringan

8 Sistem Operasi Paling Ringan Untuk Netbook & Laptop Featured Ngelag.com
8 Sistem Operasi Paling Ringan Untuk Netbook & Laptop Ngelag.com

Pada artikel sebelumnya , ngelag.com sudah memberi tahu 8 sistem operasi yang bisa membuat laptop kalian terasa lebih cepat .

Dengan menggunakan sistem operasi yang lebih ringan , tentu kerja hardware akan lebih ringan juga hal ini membuat kalian lebih leluasa dalam memakai resource dari laptop kalian .

Kurangi program yang berjalan pada saat startup

Cara Mengatasi Agar Laptop Tidak Lemot Ngelag.com 2
Mengatur Program Startup

Program startup adalah program-program yang akan secara otomatis berjalan ketika laptop dinyalakan , untuk menonaktifkan program-program yang berjalan pada startup laptop kalian , bisa melalui Task Manager , atau melalui run > ketik msconfig lalu pilih tab startup.

Dengan meninaktifkan program pada startup , laptop atau komputer kalian akan terasa lebih cepat terutama ketika akan dinyalakan .

Simak Juga :  Cara Mengaktifkan WiFi Di Laptop

Uninstal program yang tidak diperlukan

Cara Mengatasi Agar Laptop Tidak Lemot Ngelag.com 3
Menguninstal program yang tidak diperlukan menggunakan CCleaner.

Jika ingin komputer atau laptop kalian terasa lebih cepat , uninstal program-program yang sudah lama tidak kalian update dan gunakan . Hal ini akan membuat ruang kosong pada sistem komputer kalian bertambah dan tentu akan membuat kinerja komputer lebih ringan .

Periksa dan perbaiki komponen yang rusak

Cara Mengatasi Agar Laptop Tidak Lemot
Periksa komponen komputer

Periksa komponen laptop kalian seperti motherboard , graphic adapter , processor , ram dan harddisk apakah semua komponen berfungsi secara normal ? pastikan komponen-komponen tersebut tidak mengalami korsleting atau over voltage dan kurang voltage , selalu periksa kinerja hardware laptop kalian dan pastikan bekerja secara maksimal .

Tambah RAM

Cara Mengatasi Agar Laptop Tidak Lemot
RAM komputer

Dan ini yang paling berpengaruh , biasanya laptop lemot karena menggunakan sistem operasi keluaran baru sedangkan kapasitas RAM laptop kalian hanya 1 GB , segera lakukan upgrade jika kalian sudah tau bagaimana cara memasang ram , kalian bisa membelinya langsung disini  saat membeli ram harap perhatikan jenis dan type nya , jika kalian tidak yakin silahkan berkomentar dengan menuliskan jenis laptop kalian .

Cara Mengatasi Agar Laptop Tidak Lemot
Rate this post

Comments are closed.