[100% Tes Work] Cara Mengatasi USB Android Tidak Terdeteksi di Komputer/Laptop

Diposting pada

Cara Mengatasi USB Android Tidak Terdeteksi – Fungsi USB pada android sangatlah vital. Mungkin anda termasuk pengguna smartphone yang cukup sering melakukan transfer data dari android ke PC. Sebenarnya selain menggunakan kabel USB, anda bisa mentransfer file menggunakan Wifi. Namun sedikit repot karena perlu setting dibeberapa bagian.

Memang lebih praktis menggunakan kabel USB namun terkadang ada beberapa kendala yang cukup menyulitkan. Kendala yang umum dialami adalah kabel USB tidak terbaca. Walaupun sudah anda pastikan bahwa semua sudah baik baik saja, namun android tetap tidak terdeteksi di PC.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Android Lemot dan Ngelag

Hal hal yang harus anda lakukan adalah dengan melakukan trouble shooting setiap kemungkinan permasalahan yang terjadi. Namun masalah anda tentu tidak menyadari apa apa saja kemungkinan masalah tersebut. Nah oleh karena itu kami membagikan kepada anda kemungkinan yang bisa anda teliti lagi. Simak berikut ini:

Cara Mengatasi USB Android Tidak Terdeteksi di Komputer/Laptop

Cek Kondisi USB

Cara pertama adalah tentu hal yang utama yakni alat untuk menghubungkan android ke PC yakni kabel USB. Coba dengan diulangi memasukan kabel USB ke slot USB PC dengan pelan pelan dan pastikan benar benar sudah tersambung semuanya.

Kemudian cek kabel apakah ada yang putus atau sobek. Selanjutnya anda bisa coba lagi dengan menggunakan kabel USB yang lain. Jika berfungsi dengan baik, maka kabel anda benar benar sudah rusak. Bisa anda beli kabel USB bermerk yang berkualitas baik.

Simak Juga :  3 Cara Mudah Mengembalikan Chat WhatsApp Yang Terhapus

Baca juga: Cara Unhide File Di Flashdisk Dengan CMD

Cek Driver USB

Kejadian ini termasuk langka namun bukan tidak mungkin terjadi. Cek apakah driver sesuai tipe android anda sudah terinstall. Jika belum maka sebaiknya anda download driver khusus tipe android anda dan install kemudian coba lagi. Begini tampilan device manager jika driver tidak terinstall dengan baik.

Cek Mode USB

Nah ini yang juga termasuk fatal namun kadang tidak disadari oleh pengguna android. Terkadang kita lupa untuk mengubah mode charging ke mode MTP File transfer. Caranya cukup mudah, swipe status bar kebawah dan sentuh mode charging dan pilih MTP File Transfer.

Berikut ini tutorial tambahan dalam bentuk video:

 

Baca juga : 15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Android & Laptop

Sekian  Cara Mengatasi USB Android Tidak Terdeteksi di Komputer/Laptop. Semoga bermanfaat.