Cara Menggunakan USB OTG di Semua Android

Posted on

Cara Menggunakan USB OTG – Saat ini kebiasaan orang-orang yang semakin bergeser ke era mobile. Dimana orang orang banyak bepergian namun tetap membawa peralatan gadget yang memenuhi segala kebutuhan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan gadget android yang memiliki segudang fitur.

Salah satu fitur yang sangat memudahkan bagi sebagian orang adalah fitur USB OTG. Apa itu USB OTG? OTG atau bisa disebut juga USB On The Go adalah fitur yang mampu menghubungkan android ke perangkat portable misalnya keybord, mouse, atau printer.

Masih ada banyak perangkat lain yang bisa dihubungkan ke android menggunakan fitur USB OTG. Cara menggunakan perangkat itupun tidak semua orang sudah faham, jadi untuk itu kami disini memberikan panduannya untuk anda. Simak berikut ini untuk lengkapnya:

Baca juga: [100% Tes Work] Cara Mengatasi USB Android Tidak Terdeteksi di Komputer/Laptop

Cara Menggunakan USB OTG di Semua Android

Pertama tama adalah anda perlu memastikan bahwa perangkat android anda mendukung fitur USB OTG, caranya adalah anda bisa mencari spesifikasi lengkap dari hp anda. Cari diantara spesifikasi itu yang menerangkan bahwa android anda ada fitur “USB Host”. Bisa lebih mudah lagi jika anda menggunakan aplikasi bernama USB OTG Checker di playstore.

Cara Menggunakan USB OTG di Smartphone dan Tablet Android

Kemudian anda juga perlu menyiapkan kabel usb otg yang bisa anda beli di toko aksesoris hp, biasanya seharga 15-30 rb. Jika sudah maka anda siap untuk melanjutkan.

Baca juga: Sandisk Rilis Flashdisk Ultra Dual Drive USB Type-C

Cara Menggunakan USB OTG di Smartphone dan Tablet Android

  1. Sambungkan kabel usb otg yang baru saja anda beli ke HP.
  2. Kemudian buka File Manager/Explorer. Jika tidak ada, anda bisa download aplikasi nya di playstore.
  3. Cari perangkat USB di daftar memori yang ada. Misalnya di hp asus adalah Removable/USBdisk1. Di hp xiaomi biasanya ada di folder OTG.
  4. Disana anda bisa langsung memindahkan atau mengkopi file ke memori internal hp atau dari hp ke flashdisk.
  5. Jika sudah selesai sama halnya dengan flashdisk di PC anda juga harus melakukan reject. Caranya Masuk ke Settings > Storage > Klik Unmount External Storage di bagian USB Storage > Tunggu sampai proses selesai, lalu cabut USB
  6. Selesai.

Selesain menyambungkan flashdisk ke hp anda juga memanfaatkan otg untuk menyambungkan controller game (stick), printer, mouse, keybord, dan kamera DSLR ke HP android. Untuk cara menyambungkannya sama seperti cara diatas.

Cara Menggunakan USB OTG di Smartphone dan Tablet Android

Baca juga: USB Killer 2.0 , Merusak Komputer Hanya Dalam Hitungan Detik


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *