Cara Menghindari Copyright YouTube

5
8887

Cara Menghindari Copyright Youtube itu bagaimana ? pertanyaan tersebut sangat sering ditanyakan oleh kebanyakan YouTube Creator baik yang pemula maupun Para YouTuber terkenal pun terkadang masih kena yang namanya YouTube Copyright Strike .

Dalam membuat Video YouTube , selain membutuhkan software edit video kita juga harus memiliki bahan seperti video dan audio yang cukup baik agar hasil videonya juga bagus . Namun banyak yang mengambil jalan pintas dengan menggunakan video atau audio ber hak cipta tanpa izin sehingga menimbulkan masalah dalam channel youtube nya sendiri .

Oleh karena itu , NGELAG.com akan membuatkan sebuah artikel yang secara khusus membahas Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta Di YouTube . Namun sebelum lanjut lebih dalam , mari kita pahami dulu apa itu YouTube Copyright Strike atau bisa juga disebut Pelanggaran Hak Cipta di YouTube . Baca Juga : Cara Membuat Vlog Di YouTube

Apa Itu Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta Di YouTube ?

YouTube Copyright Strike adalah kondisi dimana sebuah video terindikasi menggunakan konten yang tidak original milik orang lain . Biasanya Video YouTube yang melanggar hak cipta tidak bisa dimonetisasi atau dimonetisasi oleh pemilik hak cipta .

Ketika sebuah channel YouTube mendapatkan peringatan Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta pada salah satu video yang diunggahnya , ini artinya sebagian atau seluruh isi dari video tersebut merupakan karya atau properti milik orang lain .

YouTube sendiri memang sangat ketat dalam menjaga agar setiap video yang diunggah kedalam YouTube harus konten original atau konten ber hak cipta namun memiliki izin atau lisensi resmi dari pemilik aslinya . Hal tersebut bisa kita lihat dengan adanya sebuah formulir permohonan khusus atau formulir claim bagi para pemilik karya cipta yang merasa karyanya dicuri tanpa izin oleh salah satu channel YouTube .

Pelanggaran hak cipta pada sebuah video YouTube biasanya terjadi ketika sebuah video menggunakan lagu ber hak cipta atau jika video tersebut merupakan reupload dari video ber hak cipta .

Baca Juga : Kamera Yang Digunakan Youtuber Terkenal Indonesia

Contoh Kasus Pelanggaran Hak Cipta Di YouTube

Agar lebih mudah dalam memahami mekanisme dari Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta Di YouTube , maka mari kita pelajari beberapa contoh kasus berikut ini :

Contoh Kasus Pertama . 

Andy memiliki seekor kucing yang lucu , saking lucunya Andy merekam kegiatan binatang peliharaannya tersebut dan berencana untuk mengunggahnya di YouTube . Namun karena Andy sedang senang mendengarkan musik The Chainsmokers berjudul Closer , Andy menjadikan lagu tersebut sebagai backsound atau lagu latar video kucingnya tersebut sebelum mengunggahnya ke YouTube .

Lagu Closer dari The Chainsmokers tersebut merupakan lagu ber hak cipta yang sudah hanya boleh didistribusikan di Youtube oleh Vevo selaku channel resmi perusahaan rekaman musik tersebut . Akibatnya , Video Andy terkena Copyright Strike secara otomatis .

Contoh Kasus Kedua .

Udin sedang menonton TV , tiba-tiba ada sebuah acara yang sangat menarik untuk ditonton . Udin merasa jika video tersebut akan banyak disukai oleh ribuan viewers jika diupload ke YouTube . Udin memutuskan untuk mencari rekaman acara TV tersebut di channel resmi milik stasiun TV yang bersangkutan .

Setelah mendapatkan video yang dia inginkan , Udin lalu bergegas mengupload ulang video tersebut ke YouTube melalu akun pribadinya . Stasiun TV yang bersangkutan mengetahui aktivitas udin tersebut , dan merasa bahwa Udin telah melanggar hak cipta sehingga mereka melaporkan video Udin agar ditindak lanjuti oleh YouTube .

Cara Menghindari Copyright Strike Di YouTube Dengan Mudah

Gunakan Audio atau Musik Non Copyright

Cara Menghindari Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta Di YouTube Gunakan Lagu Tanpa Hak Cipta
Gunakan Lagu Tanpa Hak Cipta

Jika kalian hendak membuat video YouTube dan ingin menambahkan audio atau musik , maka banyak sekali musik yang bisa kalian gunakan secara gratis . Beberapa audio library yang paling banyak digunakan oleh YouTuber adalah YouTube Audio Library dan NCS / Non Copyrighted Song . Atau kalian bisa menggunakan lagu dalam video dibawah ini :

Advertisement

Dengan menggunakan lagu-lagu diatas , kalian tidak perlu khawatir dengan peringatan pelanggaran hak cipta di YouTube .

Gunakan Lagu Populer Versi Remix atau Cover

Jika kalian memiliki situasi yang sama seperti kasus Andy diatas , dimana kalian ingin menggunakan lagu musisi terkenal yang sedang populer , Kalian bisa mencari lagu yang kalian inginkan namun dalam bentuk Cover atau Remix . Jika sudah kalian temukan jangan lupa untuk tetap meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik lagu Cover atau Remix tersebut . Biasanya meminta izin kepada mereka sangat mudah .

Jangan Reupload Video Ber Hak Cipta Milik Orang Lain

Jangan pernah melakukan upload ulang video youtube milik channel lain atau video dari televisi misalnya . Jika kalian tetap ingin menggunakan video tersebut , pastikan tidak seluruhnya kalian gunakan atau sebagian kecil saja . Penggunaan kembali video ber hak cipta diizinkan oleh YouTube selama masih masuk kedalam kategori Fair Use atau Penggunaan Yang Wajar .

Gunakan Video Atau Musik Berlisensi Creative Commons 

Jika kalian membutuhkan sebuah video dengan nuansa tertentu sebagai bahan dalam membuat konten di YouTube , kalian bisa juga menggunakan kembali video berlisensi Creative Commons .

Cara mencari video berlisensi Creative Commons juga sangat mudah , yang perlu kalian lakukan hanyalah menuliskan kata kunci yang relevan dengan video yang sedang kalian cari dan menggunakan filter Creative Commons , untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah berikut ini :

Cara Menghindari Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta Di YouTube
Cara Mencari Video Berlisensi Creative Commons

Apa Yang Terjadi Ketika Video Terkena Copyright Strike dan Apa Yang Harus Dilakukan ?

Berikut adalah beberapa hal yang biasanya terjadi terhadap sebuah video ketika terindikasi melakukan tindakan pelanggaran hak cipta :

  • Video dimute – Video tetap ada namun suara atau audio yang melanggar hak cipta dihilangkan.
  • Video diblokir – Video diblokir secara permanen di negara tertentu atau seluruh dunia bahkan bisa berimbas kepada penghentian channel YouTube atau Channel Suspended
  • Video dimonetisasi oleh pemilik hak cipta , semua royalti atau penghasilan dari video YouTube tersebut menjadi milik pemegang hak cipta .
  • Statistik video bisa diakses oleh pemilik hak cipta .

Apa yang akan terjadi jika saya melanggar hak cipta di YouTube ? 

Semua tergantung dari kasus pelanggaran hak cipta yang kalian lakukan , biasanya YouTube hanya akan melakukan ke empat hal diatas , namun tidak jarang juga pelanggaran hak cipta berujung ke pengadilan dan penggantian rugi .

Bagaimana ? sudah paham mengenai Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta di YouTube ? mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan membuat kalian bisa berkarya dengan lebih baik lagi sebagai tujuan utama dari menjadi youtuber berkualitas .

5 KOMENTAR

  1. min.. klo spertinya..
    bikin kek film pendek dengan backsound music bercopyright tapi di tittle video menggunakan nama penyanyi dan judul lagunya cnth : Calvin Harris – My way [Unnoficial Video Clip]
    trus di deskripsi disertakan link originalnya.. apa masih bakalan kena copyright strike ??
    and bagaimana cara meminta izin kpda pemilik copyright ??

    • Untuk meminta izin ke pemilik hak cipta, caranya menghubungi langsung lewat email atau label rekaman lagu atau distributor konten tersebut, kalau lagu yang kamu ingin pake itu Calvin Harris – My way dan ingin kamu minta hak ciptanya, maka kamu harus menghubungi Vevo selaku distributor konten Calvin Harris, dan pasti yang namanya hak cipta ya engga gratis.

      Dan kalau kamu gak punya uang buat beli atau minta hak cipta lagu calvin harris, kamu bisa pake lagu tersebut selama 10 detik saja dan tidak akan kena copyright strike. Tapi kalau kamu masih tetep ngebet ingin pake lagu tersebut, mau gak mau kalau gak kena copyright strike atau paling ringan video kamu dimonetize sama pemilik konten tersebut.

  2. Min boleh nanya? Saya kan mau upload video di youtube cuma buat dpt convertannya trus di hapus lagi bisa gk? tapi videonya itu bukan orisinil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here