15 Cara Menjadi Youtuber Sukses Dan Terkenal

Posted on

Cara menjadi youtuber sukses dan terkenal itu bagaimana dan apa saja tips trik rahasia untuk bisa menjadi youtubers yang memiliki jumlah viewers dan subscriber banyak yang terus meningkat ?

Sebenarnya , kunci utama dari meraih kesuksesan dalam dunia youtube dan internet pada umumnya adalah Kreatif & Konsisten . Apa maksudnya ? inilah tujuan dari NGELAG.com membuat sebuah artikel Youtuber 101 untuk memberikan kalian pencerahan mengenai hal-hal seputar bisnis Youtube dan inspirasi untuk membangun channel youtube yang terkenal dan sukses .

Apa untuk menjadi youtuber butuh modal ? Semua Youtuber sukses diluar sana mengawali karir youtube nya hanya dengan bermodal Kreatif , Konsisten & 1 Buah channel youtube .

Saya belum bisa membuat channel youtube ? Jangan khawatir karena jauh hari sebelum artikel ini dibuat , NGELAG.com sudah memberikan tutorial cara membuat channel youtube yang bisa kalian baca disini .

Jika modal utama sudah kalian miliki , lalu tunggu apa lagi ? Berikut ini 15 Kunci Utama Menjadi Youtuber Sukses Dan Terkenal .

1 . Konsistensi Adalah Kunci Utama

Banyak orang yang bertanya kepada Youtuber “Apa kunci paling utama untuk menjadi youtuber sukses ?” dan hampir semuanya menjawab Konsisten !

Apa yang dimaksud dengan Konsisten dalam menjadi youtuber ? Kalian harus konsisten dengan topik yang ingin kalian bahas , konsisten untuk terus mengupload video berkualitas dan mempertahankan kualitas dari video yang kalian upload .

Point yang harus dicatat :

  • Buat jadwal upload video kalian . 3 Video / Minggu atau Setiap Hari ?
  • Pertahankan kualitas dan intensitas upload video . Selalu upload video bermanfaat dan pertahankan jumlah video yang diupload pada siklus tertentu !
  • Buat dan penuhi target . Misalnya bulan ini saya harus nambah 10 video .

Kenapa jadwal sangat penting ? Jika channel youtube kalian sudah memiliki penonton yang loyal , pasti mereka akan menantikan video baru yang akan kalian upload . Jadwal ini yang membuat penonton tau kapan saya harus memeriksa channel kalian dan menonton video kalian . Jangan mengecewakan penonton dengan jadwal yang tidak tentu .

2 . Penjadwalan Otomatis

Jika kalian berencana untuk memposting video baru setiap hari selasa misalnya , tentu suatu hal yang sulit untuk selalu membuat dan mengupload video pada hari dan waktu yang sama .

Jika kalian adalah tipe orang yang moody atau membuat video kalau lagi semangat saja , maka fitur Scheduled Upload dari youtube merupakan pilihan yang tepat .

22 Cara Menjadi Youtuber Sukses Dan Terkenal Penjadwalan Otomatis

  • Buat 4 sampai 5 Video dalam kurun waktu 1 minggu .
  • Upload dengan jadwal otomatis , agar video – video yang sudah kalian buat terpublish dengan sendirinya pada jadwal yang kalian tentukan sebelumnya.

3 . Kualitas Video Yang Maksimal

Pernahkah kalian menonton video dari salah seorang youtuber dengan kualitas yang rendah atau mentok pada resolusi 360p ? Tentu tidak .

Kecepatan internet dari tahun ke tahun selalu menunjukan peningkatan , ini artinya masyarakat sudah tidak masalah untuk buffer sebuah video pada resolusi yang tinggi .

  • Gunakan kamera vlog profesional , Action Camera bisa jadi pilihan yang ekonomis .
  • Lakukan rekaman dengan profesional , gunakan tripod agar kamera lebih mudah digerakan dan minim getaran , pastikan merekam dengan pencahayaan yang cukup.

4 . Perhatikan Juga Kualitas Audio

Orang yang menonton video youtube , biasanya adalah mereka yang lebih suka mendengar dan melihat daripada harus membaca artikel .

Jadi , video kalian harus dilengkapi dengan Audio yang baik dan jernih .

  • Gunakan microphone khusus atau mic dari Smartphone yang berkualitas.
  • Jangan bicara terlalu dekat dengan mic dan juga jangan terlalu jauh
  • Jika ingin menggunakan music , gunakan yang berlisensi Creative Commons atau Reusable tanpa harus membayar alias gratis

5 . Jadilah Diri Sendiri

Apa pendapat kalian setelah melihat seorang penyanyi dengan suara yang terlalu dibuat-buat ? mending kalau bagus kalau jadinya malah ancur ? Orang yang tidak humoris disuruh jadi komedian , tentu tidak akan memancing penonton . Jadi jauh lebih baik untuk menonjolkan karakter sendiri dibanding memaksakan diri untuk seperti orang lain .

  • Jadilah diri sendiri , gunakan intonasi bicara apa adanya karena kalian sudah terlahir dengan karakter yang keren ๐Ÿ˜‰
  • Perbanyak latihan agar video kalian tidak terlihat kaku !
  • Santai saja , anggap penonton itu teman kalian .

6 . Sabar , Dikit Lagi Juga Sampe

Kenal PiewDiePie ? youtuber yang dinilai paling sukses sedunia ini pertama kali upload videonya pada tahun 2010 dan sekarang dia sudah mengupload lebih dari 2000 video , apakah PiewDiePie langsung seperti sekarang ?

Baca Juga : 10 Youtuber Gamer Paling Populer Di Dunia

  • Disaat viewers turun , jadikan bahan introspeksi .
  • Disaat butuh inspirasi , tonton video youtuber lain .
  • Ikuti gathering youtuber untuk saling tukar ilmu dan pengalaman .
  • Ajak penonton untuk interaksi dan komunikasi , lalu lakukan survey kecil untuk mengetahui minat mereka dan jadikan bahan untuk video selanjutnya .

7 . Jangan Lupa Branding

Ketika video kalian mulai ditonton orang lain , gunakan intro atau watermark sebagai tanda bahwa video ini buatan kalian . Jangan sampai kalian rugi karena video yang kalian upload direupload oleh orang lain di social media dan tidak seorang pun tau jika video itu milik kalian .

  • Buat intro video yang singkat , padat dan jelas.
  • Buat sebuah highlight yang merangkum keseluruhan video , letakan di awal video sebelum intro . Hal ini agar penonton penasaran dan lanjut nonton sampai menit terakhir.

8 . Kapan Harus Mulai Cari Duit ?

Kejar dulu jumlah viewers dan subscriber dari channel youtube kalian , manjakan penonton dengan video berkualitas tanpa ada gangguan dari iklan .

  • Monetize video saat terlihat penonton menyukai video kalian.
  • Butuh video yang banyak untuk bisa jadi Jutawan melalui Youtube.
  • Yang penting jumlah subscriber meningkat & jumlah viewers selalu stabil .

Baca Juga : 8 Bisnis Online Tanpa Modal Besar Tapi Menguntungkan

9 . Gunakan Social Media

Social media sekarang ini , lebih menjadi sebuah wadah pertukaran informasi yang sangat cepat , ajak orang lain untuk follow akun social media kalian dengan cara yang sopan dan friendly .

  • Posting teaser atau potongan dari video youtube kalian , lalu upload ke social media disertai link ke full video di youtube .
  • Orang yang penasaran akan langsung buka full video di youtube dan otomatis channel kalian semakin dikenal .

10 . Keep it Clean and Safety

Safety can be fun , slogan ini ternyata cocok sekali untuk menjadi youtuber yang sukses dengan cara yang lazim , legal dan tidak melarang ketentuan dari Youtube .

  • Jangan upload video vulgar !
  • Jangan gunakan content orang lain tanpa izin !
  • Jangan membuat Video yang berbau SARA !

11 . Jangan Beli Jasa View , SEO dan Semacamnya

Banyak sekali orang yang menjual jasa tambah view , subscriber dan SEO dengan janji bisa membuat channel youtube populer dan sebagainya . Ingat point dibawah ini :

  • Jumlah view hasil manipulasi tidak akan membuat video jadi lebih populer .
  • Percuma punya Subscriber banyak tapi tidak ada yang aktif .
  • Keep it Clean and Safety , google dan youtube suka aktifitas channel yang natural apa adanya .

Baca Juga : Cara Agar Video Youtube Banyak Yang Nonton

12 . Jalin Komunikasi Dengan Penonton

Buatlah penonton menyukai kalian , dengan menjadikannya sahabat . Jika penonton suka dengan kalian otomatis apapun bentuk video kalian akan ditonton lagi .

  • Balas komentar dari penonton .
  • Jawab pertanyaan dari penonton .
  • Ajak penonton untuk berkomentar lewat Video kalian .
  • Ajak penonton untuk follow akun social media kalian dan jangan lupa untuk kalian follow back .

13 . Bagaimana Dengan Nasib Video Jadul Saya ?

Jumlah video kalian sudah lumayan banyak dan jumlah view pada video – video sebelumnya berhenti bertambah , apa yang harus saya lakukan ? Buatlah internal link ke video kalian yang lain , contohnya :

  • Buat sebuah bagian di akhir video yang memperlihatkan cuplikan video kalian yang sebelumnya .
  • Saat kalian upload video ke 2 , ajak penonton untuk melihat juga video sebelumnya , begitu seterusnya hingga video kalian yang ke 1 juta haha.

14 . Lakukan Kolaborasi

Cari channel youtube yang satu aliran dengan channel youtube kalian dan sama-sama berjuang untuk menjadi youtuber yang sukses lalu bentuk sebuah jaringan atau grup untuk melakukan diskusi dan kerja sama .

  • Buat 1 video youtube bersama youtuber lain dan upload pada channel youtube kalian .
  • Minta youtuber lain untuk membuat 1 video bersama kamu dan upload pada channel youtubenya .
  • Jangan lupa saling promosi channel youtube masing-masing .

15 . Buat Video Yang Menyinggung Trending Topic

Misalnya besok bakalan ada pertandingan piala dunia , maka buatlah video dengan gaya kalian masing-masing yang menyinggung piala dunia misalnya : 10 Tipe Orang Saat Nonton Piala Dunia . Jika video kalian disukai masyarakat , maka video kalian bisa nangkring di halaman Trending Video nya Youtube .

Baca Juga : 10 Channel Youtube Otomotif Paling Populer

Itulah tadi ke 15 Cara menjadi youtuber , tidak terasa sudah ribuan kata yang ditulis pada artikel ini , mudah-mudahan bisa menginspirasi kalian dan memberikan kalian semangat dalam menempuh jalan menuju youtuber sukses dan terkenal .

Baca tips , trik dan cara menjadi youtuber lainnya pada section YOUTUBER 101 . Kalau nanti kalian udah terkenal , jangan lupa sama artikel ini ya !

Punya pengalaman menarik tentang dunia youtube ? tuliskan pada kolom komentar dibawah artikel ini ya !


75 thoughts on “15 Cara Menjadi Youtuber Sukses Dan Terkenal

  1. mau jadi youtuber, tapi masih bingun buat bangun konten yang bermutu dan diminati remaja remaja indonesia. makasi loh mas sudah membuka pencerahan buat saya, doain saya jadi youtubers terkenal ya

    1. Mau tanya, saya punya channel youtube gaming. Tapi ada satu hal yang buat saya bingung. Saya buat intro youtube menggunakan musik dari orang lain, apakah itu masih kena copyright ?

      1. Tergantung, kalo org yg bikin itu buat musik nya copyright free dan boleh dipakai, ga bakal kena copyright, buat jaga2 mending tanya dulu ke yg buat musik nya

        Aku juga punya youtube gaming nama nya Dark X-Wolf

        1. mending kalo mau pake musik di NCS channel aja di sana gak bakalan kena copyright soalnya free. btw ane juga’ punya channel youtube gaming namanya FairPlayGaming dan nick gua Dark Fox kok hampir sama ya ama Dark X-Wolf, kapan-kapan bisa maen bareng nih kolabs

  2. Gua punya channel youtube ee malah di bully di sekolahan.itu berarti mereka dah liat video gua.gua makin yakin kalo bullyan itu bakal jadi kesuksesan

  3. Terimakasih penjelasanya sangat membantu, saya sudah punya Channel youtube yang apa adanya plus subsribe yang apa adanya juga, saya masih awam dalam dunia youtube.. saya butuh teman youtuber untuk berbagi informasi.. saya sangant butuh kawan youtuber berikut nama channel saya : agahnasrullah

  4. Saya juga orang yg baru saja terjun ke dunia youtube nama channel youtube saya ” DGK ART PRODUCTION STUDIO ” dan itupun nama studio saya, dan sudah terdaftar di google adsense, tpi saya tidak mengejar penghasilan terlebih dahulu, namun saya mengejar viewer dan subscriber dan meningkatkan kualitas video yg saya upload

  5. Permisi Admin.
    Gw sudah ada 3 video.
    Cmn yang video yang gw seriusin baru 1 saja.ini videonya https://youtu.be/fi8OaupIzF4
    cmn kog stag ya,
    untuk para youtuber dan master2 di sini, mungkin bs beri saran dari kekurangan video ini.
    terimakasih banyak sebelumnya. ๐Ÿ™‚

  6. mau tanya, saya juga pengin punya channel gaming tapi ada sesuatu yang masih membuat saya bingung sampe sekarang
    jadi begini, kita pasti tau kalo kita buat video menggunakan musik milik orang lain pasti harus punya izin.
    pertanyaan saya saat kita buat video dengan game yang jelas-jelas buatan atau milik orang lain apakah tidak jadi masalah, atau mungkin harus izin juga atau gimana???
    mohon jawabannya. Terimakasih

    1. Kalau lagu didalam game biasanya tidak masalah karena lagu hanya potongan-potongan saja . Tapi beberapa Gamer biasanya mengecilkan suara musik dari game sehingga ketika diunggah ke youtube , tidak rawan terkena copyright strike

    2. oo gitu?!!
      berarti kita buat video gameplay kayak youtuber2 gaming yg udah senior gak apa2 donk? soalnya kan game yg kita mainkan buatan orang lain !

  7. Ini bermanfaat banget.. Sdh berulang kali sy berkunjung di ngelag. Com.
    Sy ingin jd you tuber br upload beeberapa video trimakasih atas artikel nya sangat membantu.

    1. Halo Nerlinda , terimakasih kembali karena sudah menjadi pembaca yang loyal di NGELAG.com . Terus semangat membuat video dan tingkatkan kreatifitas semoga nanti Nerlinda menjadi YouTuber yang bisa menginspirasi orang lain .

    1. Saran, langkah awalnya yang mesti banget agan lakuin adalah: Persiapan Sebelum Membuat Channel Youtube.

      Apa aja itu?

      Mulai dari pemilihan topik channel, definisikan target penonton agan, trus tentuin konten videonya mau kayak gimana, lalu agan juga harus tau modal yang agan udah punya untuk bikin channel youtube apa aja, kalo udah gitu baru dehhh tinggal bikin dan upload. Semangat!

      Salam,
      Juragan

  8. Mas ko nama saya dan chanel youtube saya ngga bisa di search di pencaharian youtube misalkan kita buka rezaoktovian langsung ada tinggal klik tapi kalo nama saya ngga ada yang keluar malah video yang saya upload itu kenapa yah?

    1. Kalo agan bandingin sama arap yang udah terkenal gitu ya jangan lah gan, rezaoktovian kan udah terkenal dan banyak yang nyari di google, otomatis ranking dia di search engine juga tinggi..

      Agan fokus ngebangun channel youtube agan aja dulu. Semangat!

      Salam,
      Juragan

  9. Kalo make hp kamera 12 mp tapi udah support 4k video contoh xiaomi mi5.. Kira” hasil rekamannya bagus gak kalo buat syarat jadi youtubers?…

    1. Udah lumayan sih itu gan 12mp, udah cukup banget buat jadi youtuber. Hasil rekaman video penting sih, tapi yang lebih penting adalah “konten” yang agan akan sajikan ke calon viewers agan di Youtube.

      Ada youtube amerika namanya Jacksgap bikin video keren banget cuma pake iphone nya dia gan.

      Cuman kendalanya kalo pake smartphone sih yaa di audionya. Point plus pake dslr kita bisa tambahin videomic kayak rode, zoom, dll. Jadi kualitas usaranya lebih baik.

      Tipsnya kalo rekam pake hape sih jangan ditempat yang bising, trus handphone dan objectnya nggak jauh, supaya suaranya kedengeran. Sekian tips dari ane, mudah2an bermanfaat gan.

      Salam,
      Juragan

  10. Mas Gis,saya mau nanya nih
    Sebenarnya iklan itu saya yang harus cari sendiri,saya promosi atau menawarkan video saya agar iklan itu mau mengiklan di video saya atau google sendiri yang menempatkan iklan di video saya nantinya mas?terimakasih .

    1. Google yang menempatkan iklan di video YouTube mas Yadhi melalui program Adsense yang bisa mas Yadhi ikuti dengan cara melakukan verifikasi nomor hp dan mengaktifkan fitur monetize (iklan) pada setiap video yang mas Yadhi Upload .

  11. Bro mau tanya nih , emang sih nih dah niat banget mau buat video buat jadi youtuber, yang jadi pertanyaan tuh yang penting kuncinya kita jangan malu kan, nah pasti ada tipe orang pemalu dan tidak pemalu, mau tanya nih kalo cara nya nyingkirin rasa malu gimana yah buat para pemalu agar kedepannya dia sendiri bisa kreatif untuk kesuksesannya. Makasih

  12. Saya baru awal ni belajar untuk jadi youtubers, banyak angan saya untuk jadi sperti idola saya lainnya. . .
    Tapi saya sulit dan bingung buat video yang bisa buat orang luangkan waktu sejenak mengintip video saya. . .
    Awalnya film komedi udah saya buat, tapi makin lama saya lihat perkembangan mulai menurun. . .
    Tolong dong, bantu saya kasih solusi yang tepat kira” video apa yang laris dan buat orang jadi tertarik untuk lihat video” saya. . .
    Saya mohon bantuannya. . .

  13. Om, minta saran dong. Ada situs yg nyedian gambar/ backsound yg aman buat diupload kagak ya? Upload tp kena copyright trus hehe

  14. mas bro.. thanks bangat infonya.. ane sebenernya tertarik bangat jd youtuber hanya saja modal pralatan dan keahlian ane dalam pembuatan video kurang.. klo cmn apload2 video slide githu gmn ya mas?? mohon saran dan motivasinya..hehe

  15. sy pingin jadi youtuber nih, dgn mengupload video2 pertandingan bola hasil screen recorder yg saya nonton saat live streaming.. setiap awal dan akhir video sy sertakan sdikit tampilan video khas untuk chanel sy.. . pertanyaan saya apakah secara umum sy melanggar hak cipta orang lain? dan apakah chanel video2 sy bisa diterima google adsense?. termakasih

  16. Ane udh nonton bbrapa video cara menjadi Youtubers mau itu di channel eno bening dll,,..
    Banyak saran upload video sebanyakยฒnya,,,tapi jika viewers sedikit gmana?? Atau nunggu viewers banyak dulu??

  17. Bang klo misalkan saya upload video suka ada yg komment : bang subback ya ๐Ÿ˜€

    itu harus saya tanggapi atau saya biarkan plzz jawab ya bang

    yg terbaik menurut abang gimana subback atau diamkan ?????

  18. bang mau tnya ne
    saya mau ingin mempunyai channel yg berhubungan dengan olahraga
    tp saya bngung mau rekam dari mana hasil cuplikan nya
    karena sekarang sangat ketat dan slalu copy rigt jika ambil dari rekaman tv
    gmn cara nya ya bang agar lolos dari copy right

  19. Ayo kita saling kolaborasi..saling berbagi loke,komen dan jangan lupa subcribe…nama youtubeku gamer sunda atau YouTube majenang

  20. Gan saya masih pemula di youtuber saya sangat tertarik banget dengan youtuber…saya mau nanyak”ke samean gan..Boleh mintak WA??atau pin bbm??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *