Cara Mudah Menghilangkan Virus Shortcut Permanen

3
17365

Cara menghilangkan virus shortcut sangat mudah ternyata , tidak perlu antivirus dan memformatnya untuk menghilangkan Virus Shortcut , kalian bisa mendapatkan file penting kalian kembali . berikut ini kita rangkum beberapa cara efektiv untuk menghilangkan virus tersebut , tidak hanya itu kita juga memberikan beberapa cara tambahan untuk menghilangkannya . silahkan dicoba dan berkomentar jika ada hal yang perlu ditanyakan.

Baca Juga :

FlashDisk Tidak Bisa Diformat ? Ini Cara Memperbaikinya
Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Sama Sekali
Cara Unhide File Di Flashdisk Dengan CMD

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Dari Flashdisk dan Komputer

Cara Menghilangkan Virus Shortcut

Bagaimana cara menghilangkan virus shortcut ? Bagai mana cara mengatasi virus shortcut ? Banyak sekali kita mendengar masalah yang timbul karena virus shortcut ini. Virus ini sangat menyebalkan karena bisa mempengaruhi file-file penting yang kita miliki. Sekali file penting kalian terinfeksi virus shortcut ini , file-file tersebut akan sulit untuk diakses dan membuat kalian kesal .

Nah , kali ini untuk mengatasi permasalahan virus tersebut , Kita sudah merangkum beberapa cara ampuh menghapus virus shortcut secara permanen dan beberapa informasi penting mengenai virus shortcut ini , supaya kalian lebih berhati-hati dan serius dalam mengatasi virus shortcut ini .

2 Tipe Virus Shortcut

Virus Shortcut File Dan Folder

Virus shortcut yang satu ini biasanya memperbanyak file dan folder dalam komputer kalian , menyembunyikannya lalu merubah namanya menjadi shortcuts.exe. Virus ini merupakan kombinasi dari virus Trojan & Worm. Hal terburuk dari virus ini adalah, File dan folder kalian tidak bisa dibuka , sekali kalian mengklik salah satu folder atau file , maka akan muncul direktori serupa dan begitu seterusnya hingga kalian bosan . Virus ini langsung menggandakan dirinya sekali virus ini dieksekusi .

Advertisement

Virus Shortcut Flashdisk

Virus ini merupakan Trojan , virus ini akan mengumpulkan semua data yyang ada didalam flashdisk kalian dan merubah atribut nya menjadi HIDEN . Lalu , virus ini membuat sebuah file bernama shortcut.exe. Seperti virus shortcut tipe pertama, ketika kalian membuka direktori pada flashdisk yang terinfeksi maka akan muncul direktori lagi dan lagi begitu seterusnya. Biasanya sekali virus ini dieksekusi , maka spyware akan berjalan mengintai informasi penting dan pribadi dalam komputer kalian.

Pertolongan Pertama

Sayangnya , tidak semua antivirus bisa bekerja menghilangkan virus ini. Jadi hal terbaik yang bisa kalian lakukan adalah, membiasakan diri untuk tidak membuka sebuah flashdisk melalui autorun atau lewat “my computer”. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya tentang bagaimana cara mengatasi virus shortcut pada flashdisk :

JANGAN buka flashdisk melalui autorun dan My Computer.
Buka flashdisk dan harddisk dengan melakukan klik kanan terlebih dulu, lalu klik explore hal ini untuk mencegah script liar berjalan secara otomatis .
Lalu ikuti langkah berikut untuk mengatasi file dalam flashdisk yang di hide oleh virus, Jangan membuka file yang tidak kalian kenal didalam flashdisk.

Langkah diatas adalah untuk mencegah dan menghapus virus shortcut sebelum menyebar dan menginfeksi ke seluruh komputer kalian. Jika cara diatas tidak berfungsi , maka kalian bisa mencoba cara menghapus virus shortcut yang lain dibawah ini :

Solusi Pertama

Buka my documents, Pilih menu organize, pilih folder dan cari options dan pilih tab view .
Pada window 8 dan 10 , caranya buka my document , pilih menu View , pilih menu option yang paling kanan lalu akan terbuka Tab Folder Option , pilih tab view .

Dibawah pilihan Hidden files and folders, Pilih show hidden files, folders and drives.
Uncheck pilihan “hide extensions for known files” dan “hide protected operating system files”.
Sekarang kalian akan melihat file dan folder dengan icon yang transparan dengan ekstensi .docx, .pptx, .txt dan lainnya .

Klik kanan pada folder atau file barusan yang menjadi transparan lalu klik kanan pilih properties.
Pada bagian paling bawah uncheck pilihan hidden. Pada beberapa kasus langkah diatas dapat menyelesaikan masalah namun kadang tidak berpengaruh apa-apa

Solusi Kedua :

  1. Klik start > run ketik cmd dan tekan enter.
  2. Tulis drive letter flashdisk kalian jangan lupa tambahkan titik 2 diakhir huruf Contoh .” F: “, lalu tekan enter.
  3. Lalu tulis perintah berikut : attrib f:\*.* /d/s -h -r -s

Itulah tadi beberapa solusi dan cara menghilangkan Virus Shortcut baik yang terdapat pada flashdisk maupun yang terdapat pada folder komputer kalian , silahkan mencobanya sendiri dirumah , jika ada masalah silahkan berdisuksi lewat komentar dibawah .

3 KOMENTAR

  1. Begini kak, laptop saya terkena virus, saya sudah mengikuti langkah2 yang diatas, tapi virus nya kok muncul lagi yah?
    Saya sudah hapus berkali2 tapi virusnya tetap ada, itu kenapa yah kak?

  2. makasih gan, skrg fd ane udah bebas dari virus shortcut! damn! untung fd ane masih baru kena virus shortcut yg ringan, jadi pake cara pertama langsung bisa. tambahan aja, ane cut file asli yg ada di fd dari folder destinasi shortcut trus ane taro luar (root) folder fd ane, lalu ane delete shortcut & file warna abu” lainnya dan berhasil! sekali lagi terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here