Cara Root dan Flash TWRP Xiaomi Redmi 3S

Posted on

Redmi 3S adalah varian baru dari Redmi 3 dengan harga yang terjangkau namun memiliki spesifikasi perangkat menengah . Ponsel ini juga memiliki layar touchscreen 5,0 inci yang menjalankan MIUI Android 6.0 Marshmallow.

Sama seperti banyak ponsel Android lainnya, akan lebih  maksimal lagi jika menggunakan custom recovery dan mendapatkan akses root di dalamnya. Nah Artikel ini hanya akan membantu Anda untuk memasang dan melakukan root.

Flashing custom recovery adalah hal yang cukupsulit bagi beberapa orang namun berkat Devilsking yang telah berhasil membuat alat auto-installer TWRP yang membuat ini menjadi lebih mudah. Setelah Anda menginstal TWRP kemudian menggunakannya untuk root hanya beberapa langkah.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda semua langkah dengan lengkap untuk memasang TWRP v3.0.2 ke Redmi 3S dan rooting langsung alat penginstal otomatis. Seluruh proses harus diikuti dengan baik karena root ini beresiko error semacam bootloop. Oleh karena itu, selalu disarankan untuk backup semua file dan data penting Anda.

Baca juga: Cara Root dan Pasang TWRP Xiaomi Mi4c

Syarat:

  • Redmi 3S dengan OS MIUI 7 atau MIUI 8 berdasarkan ROM Marshmallow (Android 6.0 / 6.0.1).
  • Unlocked bootloader.
  • Sebuah komputer berbasis Windows baik PC maupun laptop.
  • Kabel USB untuk menghubungkan telepon Anda ke komputer.
  • Download alat Installer TWRP ke komputer Anda dan ekstrak dengan Winrar atau 7zip.
  • Download Driver USB ADB atau Mi PC Suite dan pasang di komputer Anda (hanya satu jika Anda belum melakukannya).

Cara Flash TWRP Xiaomi Redmi 3S

Langkah 1 – Ambil ponsel Redmi 3S Anda dan masuk ke mode Fastboot. Matikan telepon sepenuhnya. Saat telepon Anda mati, tekan tombol Volume Turun (-) dan Power secara bersamaan sampai Anda melihat logo MIUI Rabbit or Fastboot.

Langkah 2 – Sambungkan telepon ke komputer menggunakan kabel USB.

Langkah 3 – Buka Windows Explorer dan masuk ke folder tempat hasil ekstrak file Installer TWRP. Klik dua kali twrp-installer.bat untuk menjalankannya. Anda akan melihat tampilan seperti ini;

Cara Root Xiaomi Redmi 3S

Langkah 4 – Sekarang telepon Anda telah berada dalam mode Fastboot Silahkan Anda tekansembarang tombol pada keyboard Anda untuk mulai flash TWRP.

Langkah 5 – Tunggu sampai proses flashing selesai. Setelah selesai, perangkat Anda akan secara otomatis melakukan reboot ke mode pemulihan dan  Anda akan melihat antarmuka TWRP.

Langkah 6 – Pertama kali Anda menjalankan TWRP, Anda akan diminta izin untuk modifikasi sistem. Silahkan Wipe ke kanan.

Langkah 7 – Setelah Anda menggesekkan untuk mengizinkan modifikasi, masuk ke Pengaturan Lanjutan >> dan pilih “Nonaktifkan dm-verity”. Gagal melakukannya akan mengakibatkan kesalahan bootloop / macet pada Mi Logo.

Langkah 8 – Reboot ponsel Anda ke mode normal dan lepaskan dari PC Anda.

Cara Root Xiaomi Redmi 3S

Langkah 1 – Sekarang buka browser web mobile Anda dan download paket flash SuperSU. Biasanya akan didownload ke folder Download.

Langkah 2 – Reboot telepon Anda ke Pemulihan TWRP seperti cara diatas tadi.

Langkah 3 – Pilih “Install” dari menu utama TWRP.

Langkah 4 – Sekarang cari file SuperSU .zip yang telah didownload dan pilih file tersebut. Harap abaikan versi SuperSU pada gambar di bawah ini. Anda bisa menggunakan versi SuperSU yang terbaru.

Cara Root Xiaomi Redmi 3S

Langkah 5 – Lakukan “Gesek untuk mengkonfirmasi flash” dan proses flashing akan dimulai.

Langkah 6 – Tunggu sampai proses flashing selesai.

Langkah 1 – Finally, pilih “Reboot System” untuk me-reboot ponsel Anda ke keadaan normal.

Selamat sekarang xiaomi anda sudah dalam keadaan root. Anda bisa melakukan pengetesan dengan cara melakuakn ijin root ke aplikasi semacam Link2SD atau menggunakan aplikasi root checker. Sekian semoga bermanfaat.

Baca juga: [Work 100%] Cara Root Xiaomi Redmi 1S Tanpa PC


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *