Cara SEO Youtube Indonesia Agar Video Masuk Trending

Posted on

Agar video youtube banyak yang nonton , kita harus mengetahui cara seo youtube yang benar . SEO sendiri merupakan singkatan untuk Search Engine Optimization . Youtube sendiri merupakan search engine terbesar kedua setelah Google .

Lalu Bagaimana cara optimasi video di youtube ? apakah membutuhkan seo youtube tool atau perlu backlink video youtube ? Nah kali ini NGELAG.com akan memberikan tips dan trik SEO Youtube untuk kalian yang baru belajar seo youtube .

Tentukan Keyword Video

Keyword atau kata kunci pada video yotube sangat berpengaruh terhadap peringkat video youtube di hasil pencarian . Kalian harus mencari keyword yang bisa membuat video kalian muncul pada peringkat pertama hasil pencarian google search atau youtube search .

Di Indonesia sendiri , ada beberapa tema keyword yang sangat populer diantaranya :

  • tutorial
  • review
  • video lucu dan gokil
  • kartun anak

Nah untuk mempermudah kalian dalam riset keyword youtube dan membuat video , gunakanlah salah satu dari 13 Keyword Populer Video Youtube .

Buat Video Yang “Baik”

Video yang baik dimata YouTube , memiliki beberapa kriteria . Kriteria tersebut sangat penting untuk kalian penuhi dalam setiap video kalian . Berikut ini beberapa kriteria video youtube yang baik dimata YouTube :

Video Banyak Yang Comment

Cara SEO Youtube Indonesia Agar Video Masuk Trending
Jumlah Komentar

Jika video yang baru diupload banyak yang mengomentari , Youtube menganggap video tersebut adalah sebuah video yang disukai masyarakat . Besar kemungkinan video akan masuk Trending Video karena banyak masyarakat yang membicarakannya .

Jumlah Share

Cara SEO Youtube Indonesia Agar Video Masuk Trending Share Video
Share Video

Jika sebuah video banyak dishare , YouTube menganggap jika video tersebut berkualitas . Jadi selesai upload video share video kalian ke semua social media dan jangan lupa minta teman dan kerabat kalian untuk ikut membagikan video kalian ke social media .

Video Ditonton Dengan Durasi Yang Lama

Jika video kalian memiliki durasi total 5 Menit , maka sebaiknya penonton menyaksikan video kalian diatas 2 Menit . Jika video kalian ditonton hanya beberapa detik saja , maka YouTube mengganggap video kalian tidak menarik . Kalian bisa melihat rata-rata durasi views sebuah video pada Dashboard Analytics Channel YouTube kalian .

Subscribe

Jika setelah menonton video kalian penonton langsung subscribe , maka Youtube mengganggap video kalian sangat menarik sehingga orang berlangganan pada channel youtube kalian dan menantikan video baru dari kalian . Meskipun menyuruh penonton untuk berlangganan pada channel youtube kalian sangat sulit , setidaknya cobalah untu mengajak para penonton agar melakukan subscribe .

Jumlah Like

Cara SEO Youtube Indonesia Agar Video Masuk Trending Jumlah Like Video
Jumlah Like Video

Hal ini tentu sudah tidak usah dijelaskan kembali , karena jika video banyak disukai maka YouTube pun akan secara otomatis mengetahuinya .

Itulah beberapa kriteria sebuah video agar dianggap “bagus” oleh YouTube . Tugas kalian adalah memikirkan cara membuat video youtube agar bisa mendapatkan kriteria-kriteria diatas .

PENTING

Selain kriteria diatas , Youtube juga mempunyai Algoritma dimana channel youtube yang rutin dalam mengupload video youtube , maka video-videonya akan lebih cepat terkenal dibanding video dari channel youtube yang jarang upload video .

Upload Video Dengan Teknik SEO YouTube

Nah ini dia inti bahasan dari artikel ini yaitu cara SEO YouTube yang baik dan benar agar video banyak ditonton .

Cara SEO Youtube Indonesia Agar Video Masuk Trending Cara Menulis Judul , Deskripsi dan Tag
Cara Menulis Judul , Deskripsi dan Tag

Nama Video

Pastikan nama file video kalian mengandung kata kunci yang kalian targetkan . Misalnya kalian akan membuat video dengan keyword utama video lucu 2016 maka nama file name kalian setidaknya mengandung kalimat tersebut .

Judul Video

Pastikan judul Video kalian tidak lebih dari 5 Kata saja , karena jika judul video terlalu panjang , judul akan terpotong pada hasil pencarian google dan informasi yang disampaikan tidak efektif sehingga penonton enggan mengklik video kalian .

Jangan lupa untuk menempatkan Keyword utama kalian pada awal judu video . Misalnya jika keyword utama kalian adalah Cara Mengecilkan Perut , maka judul video yang baik adalah Cara Mengecilkan Perut Dalam 1 Bulan .

Deskripsi Video

Deskripsi Video harus ditulis dengan baik dan dimanfaatkan semaksimal mungkin , Google tidak mengindex sebuah video tapi tulisan . Jadi disinilah kesempatan kalian agar membuat video youtube rangking 1 di hasil pencarian Google .

Kunci utama dalam menulis Deskripsi Video :

  • Masukan Keyword Utama pada awal paragraf deskripsi video .
  • Tulis Deskripsi setidaknya 250 hingga 300 kata
  • Masukan kembali Keyword Utama di tengah dan akhir Deskripsi video kalian .

Tag

Ketika menggunggah sebuah video , kalian bisa menambahkan beberapa tag yang relevan dengan video yang kalian unggah . Masukan 5 hingga 8 Keyword dengan natural . Jangan lupa masukan juga Keyword Utama pada tag video tersebut .

Tag pada video youtube ini berguna agar youtube bisa mengetahui jenis video apakah ini ? dengan demikian Youtube bisa dengan mudah memberikan video suggestion pada para penonton .

Cara Meningkatkan Jumlah Views Video Youtube

Setelah mengupload video tentu kalian tidak langsung mendapatkan jumlah views yang banyak , nah ada 2 cara simple yang bisa kalian lakukan agar jumlah views video youtube kalian meningkat :

  • Sharge ke Social Media dan ajak teman-teman kalian untuk nonton , like , komentar dan subscibe ke channel youtube kalian
  • Share ke Kaskus Longue Video

Itulah tadi Cara Seo Youtube , mulai dari cara optimasi video di youtube , cara riset keyword youtube dan tips trik video youtube lainnya .


15 thoughts on “Cara SEO Youtube Indonesia Agar Video Masuk Trending

  1. makais berat bbbroooo..seo master..dari kemarin2 cari artikel seperti ini susah banget dapat yang berbobot broh…thanks banget masukan nya

  2. gan, saya pingin berinteraksi lebih lagi sama agan seputar pertanyaan tentang youtube. klo agan bersedia ini WA saya 082157211209. thanks gan

    1. Didiskusikan di komentar saja gan, biar yang lainnya bisa tau dan nambah ilmunya tentang Youtube..

      Silakan gan pertanyaannya, siapa tau ane bisa jawab. Heheheh.

      Salam,
      Juragan

  3. Mantap info gan ..
    Nyari artikel hampir lengkap kaya gini sulit di google..rata” postingan mereka sedikit (menyembunyikan) sesuatu tentang youtube hehe
    sekali lagi terimakasih atas infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *