Diperkirakan Gerhana Matahari 9 Maret Tertutup Awan

Diposting pada

Perkiraan cuaca 9 Maret saat fenomena gerhana matahari terjadi sebagian besar wilayah Indonesia akan tertutup awan , hal ini memperbesar kemungkinan jika masyarakat Indonesia akan kesulitan untuk menyaksikan Gerhana Matahari 9 Maret yang tinggal 4 hari lagi .

Sebelumnya , NGELAG.com sudah pernah menuliskan daftar kota yang bisa menyaksikan gerhana matahari 9 maret 2016 dan hanya akan ada 6 kota dengan totalitas gerhana terbaik , namun sayangnya sebagian besar wilayah di Indonesia diperkirakan akan memiliki intensitas awan yang cukup tinggi ketika fenomena langka ini terjadi .

Setelah menggali dari beragam sumber seperti BMKG dan Global Precipitation Climatology Project ternyata perkiraan cuaca 9 Maret dan hari-hari sebelumnya menunjukan bahwa sebagian besar provinsi di Indonesia , umumnya berawan hingga hujan ringan , berpotensi hujan sedang pada pagi , siang , sore , dan malam hari .

[section label=”Perkiraan Cuaca 9 Maret 2016 BMKG” anchor=”perkiraan_cuaca_9_maret_2016_bmkg”]

Perkiraan Cuaca 9 Maret 2016 oleh BMKG

Meskipun BMKG belum merilis perkiraan cuaca 9 Maret secara resmi , namun perkiraan cuaca dihari-hari sebelumnya menunjukan jika di Wilayah Jabodetabek terutama Jakarta Umumnya berawan hingga hujan ringan, berpotensi terjadi hujan sedang – lebat pada pagi hari, siang/sore dan malam hari .

Sedangkan untuk wilayah Bogor , Tangerang , Bekasi dan Depok Umumnya berawan hingga hujan ringan, berpotensi terjadi hujan sedang – lebat pada siang/sore dan malam hari .

BMKG juga memperkirakan cuaca pada beberapa pulau di Indonesia antara lain :

Sumatera

BMKG memperkirakan jika hingga sehari sebelum gerhana dimulai wilayah Sumatera pada umumnya berawan – hujan ringan, berpotensi hujan ringan – sedang di Pesisir Barat Sumatera dan Lampung sedangkan hujan sedang – lebat di Bengkulu.

Simak Juga :  7 Astronaut Dengan Durasi Tinggal Di Ruang Angkasa Paling Lama

Pada pulau sumatera Palembang lah yang akan terlewati lintasan Gerhana Matahari Total 2016

Kalimantan

Pada wilayah Kalimantan BMKG memperkirakan bahwa pada umumnya berawan – hujan ringan, berpotensi hujan ringan – sedang di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan sedangkan potensi hujan sedang – lebat di Kalimantan Tengah.

Tentu jika wilayah Kalimantan pada pagi hari 9 Maret tertutup awan , akan membuat warga disana cemas mengingat ada 2 kota di kalimantan yang bisa menyaksikan gerhana matahari total nanti .

Sulawesi

Untuk wilayah Sulawesi BMKG memperkirakan bahwa 2 hari sebelum gerhana Matahari dimulai pada umumnya berawan – hujan ringan, berpotensi hujan ringan – sedang di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara sedangkan potensi hujan sedang – lebat di Sulawesi Tengah.

Akan ada 1 daerah yang bisa menyaksikan gerhana matahari total 2016 yaitu Kota Palu , Sulawesi Tengah .

Maluku

Maluku merupakan daerah yang disebut-sebut akan menjadi titik paling baik untuk menyaksikan gerhana matahari total 2016 , namun BMKG juga memperkirakan jika pada umumnya berawan – hujan ringan, berpotensi hujan sedang – lebat di Maluku.

Akan ada 2 kota yang menjadi lintasan gerhana matahari total 2016 yaitu kota Sofifi dan Ternate

Papua

Pada wilayah papua diperkirakan sebagian besar akan berawan – hujan ringan, berpotensi hujan sedang – lebat di Papua Barat dan Papua.

Jawa

Pada pulau Jawa dimana animo masyarakat akan kehadiran gerhana matahari sangat tinggi ternyata diperkirakan pada umumnya berawan – hujan ringan, berpotensi hujan sedang – lebat di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Bali , NTT dan NTB

Daerah wisata ini diperkirakan pada umumnya berawan – hujan ringan, berpotensi hujan ringan – sedang di Bali.

Simak Juga :  22 Foto Yang Menunjukan Betapa Kotornya Udara Di China

[section label=”Perkiraan Cuaca 9 Maret 2016 GPCP” anchor=”perkiraan_cuaca_9_maret_2016_gpcp”]

Perkiraan Cuaca 9 Maret 2016 oleh GPCP

GPCP adalah singkatan dari Global Precipitation Climatology Project , merupakan sebuah proyek dari National Oceanic and Atmospheric Administration yang khusus memberikan data perkiraan cuaca secara global yang didapat dari satelit .

Dan berikut ini perkiraannya :

Perkiraan Intensitas Awan 9 Maret 2016

Diperkirakan Gerhana Matahari 9 Maret Tertutup Awan
Intensitas Awan Saat Gerhana Matahari Total Terjadi 9 Maret 2016 Di Indonesia , Data didapat dari statistik rata-rata intensitas awan di wilayah Indonesia pada 19 Tahun terkahir dengan bantuan satelit | NOAA Satellite Active Archive.

Jika melihat pada statistik diatas , diperkirakan pada tanggal 9 Maret 2016 , intensitas awan pada sebagian besar wilayah yang dilintasi Gerhana Matahari Total akan tertutup awan dengan intensitas diatas 50 persen .

Perkiraan ini nampaknya akan semakin akurat dengan melihat beberapa foto satelit yang menunjukan intensitas awan di Indonesia pada tanggal 9 Maret selama 6 Tahun terakhir :

Diperkirakan Gerhana Matahari 9 Maret Tertutup Awan foto satelit yang menunjukan intensitas awan di Indonesia pada tanggal 9 Maret selama 6 Tahun terakhir
Foto yang menunjukan intensitas awan pada tanggal 9 maret selama 6 tahun terakhir

Jika melihat foto diatas kemungkinan pada tanggal 9 Maret 2016 Gerhana akan tertutup awan , karena sudah selama 6 tahun pada hari yang sama Indonesia selalu tertutup awan bahkan diguyur hujan dari pagi hingga sore hari .

Namun semuanya hanyalah perkiraan manusia , alam semesta adalah sesuatu yang sulit untuk ditebak . Oleh karena itu tetaplah sambut Gerhana Matahari Total 2016 yang mudah-mudahan bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia tanpa tertutup awan , mengingat fenomena ini merupakan peristiwa yang sangat jarang terjadi .

Baca Juga :

[trending included_tags=”690″ title=”Informasi Gerhana 9 Maret 2016″ targeted=”true”]

Comments are closed.