Indihome Lemot ? Ini Cara Mengatasi dan Penyebabnya

Posted on

Indihome Lemot secara tiba-tiba ? Ternyata Indihome yang lambat kecepatannya disebabkan oleh beberapa hal , pada artikel kali ini akan dibahas cara mempercepat indihome dan menganalisa penyebab indihome lemot .

Sekilas tentang Indihome , Indihome adalah singkatan dari Indonesia Digital HOME (http://indihome.co.id/) yang merupakan layanan internet boradband pengganti speedy (layanan internet sebelum indihome dari telkom) . Indihome sendiri menggunakan teknologi Fiber Optic (Apa itu fiber optic ?) yang lebih cepat dibanding teknologi kabel tembaga .

Indihome saat ini menawarkan layanan dengan bermacam-macam pilihan kuota (Baca Juga : Harga Paket IndiHome Terbaru 2016) namun paket yang paling banyak digunakan adalah paket 10 Mbps (-+ 1MBps transfer rate) dan paket inilah yang sering dikeluhkan oleh pelanggan karena kerap mengalami gangguan dan penurunan kecepatan secara tiba-tiba . Meskipun gangguannya tidak separah dan sesering speedy , namun tentu hal ini merupakan sebuah kendala bagi beberapa pelanggan Indihome .

Oleh karena itu kali ini NGELAG.com akan menuliskan beberapa penyebab Indihome lemot dan cara mengatasinya .

Penyebab Indihome Lemot dan Cara Mengatasinya

Indihome sudah kena FUP (Fair Usage Policy)

indihome lemot Setelah kena fup indihome
indihome lemot Setelah kena fup indihome

Penyebab Indihome lemot yang pertama adalah karena layanan indihome kalian sudah terkena FUP , jika kalian belum tau apa itu FUP silahkan baca pada artikel : Kenali Fair Usage Policy atau FUP Layanan Indihome.

FUP adalah sebuah peraturan yang menyebabkan turunnya kecepatan internet dikarenakan pengguna telah menyentuh batas maksimal penggunaan internet . Pada kasus ini , Indihome 10 Mbps memberikan batas maksimal pertama sebanyak 300GB , setelah konsumen menggunakan kuota sebanyak 300GB maka kecepatan internet akan turun menjadi 7.5 Mbps .

Penurunan ini kerap membuat pelanggan indihome mengeluh karena kecepatan internet indihomenya menurun secara mendadak .

Cara Mengatasinya

Selalu monitor penggunaan Indihome secara rutin untuk mengetahui apakah layanan indihome sudah terkena fup atau belum . Baca Caranya : Cara Cek FUP Indihome Kuota Pemakaian Internet Telkom

Sedang Ada Gangguan Teknis

Indihome lemot karena sedang ada gangguan
fiber optic router | telegraph.co.uk

Meskipun fiber optic lebih tahan terhadap gangguan dibanding kabel kawat tembaga , namun yang namanya gangguan akan selalu ada . Beberapa masalah gangguan yang biasanya terjadi pada jaringan fiber optic antara lain :

  • Fiber Optic Putus
  • Ada sambungan fiber optic yang terlepas
  • Ada jalur fiber optic yang terlalu melengkung (jika kabel fiber optic terlalu melengkung (> 90 derajat) maka cahaya yang mengalir akan banyak memantul pada lengkungan tersebut dan mengakibatkan data terlambat terkirim)
  • sedang ada perawatan secara menyeluruh

Cara Mengatasinya

Segera laporkan permasalahan dengan detail yang lengkap seperti nomor internet indihome yang bersangkutan melalui telepon atau bisa juga melalui twitter , untuk mengetahui nomor internet indihome , Baca : Cara Mengetahui Nomor Internet Indihome .

Dengan melapor , kalian akan segera mengetahui dimana letak gangguan berada .

Internet Bocor Lewat WiFi

Indihome lemot karena internet digunakan oleh orang lain
pencuri koneksi internet | www.gettyimages.com

Ketika password WiFi diketahui oleh banyak orang , apalagi tetangga yang iseng pasti kalian merasakan melambatnya kecepatan internet dirumah kalian . Semakin banyak orang yang menggunakan koneksi internet secara bersamaan , maka semakin banyak pula bandwidth yang terpakai .

Cara Mengatasinya

Rubahlah password WiFi secara berkala terutama jika sudah banyak orang yang tinggal disekitar rumah kalian mengetahui password WiFi kalian . Cara rubah nya gimana ? Baca : Cara Mengganti Password WiFi Indihome .

Kira-kira itulah beberapa permasalahan yang kerap menyebabkan indihome menjadi lemot atau lambat kecepatan internetnya. Kalau menurut kalian Indihome sudah tidak cocok dengan kalian , kalian bisa mempertimbangkan untuk mengganti layanan fiber optik dengan provider lain seperti yang dibahas pada artikel berikut : Layanan Internet Fiber Optik Selain Telkom Indihome

Atau kamu juga bisa melakukan upgrade layanan Indihome ke tingkat kecepatan yang lebih tinggi, untuk harganya silahkan dilihat disini: Harga Paket IndiHome Terbaru.


19 thoughts on “Indihome Lemot ? Ini Cara Mengatasi dan Penyebabnya

  1. Speed Indihome juga turun setelah modem dimatikan dan dihidupkan kembali, baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Ini bisa berlangsung berhari2. Harus berulang2 kali reset modem, baru speednya bisa kembali normal.

  2. aku sudah langganan 8 tahun, speedy telkom mulai dari dulu memang tidak pernah memuaskan pelangganya, padahal speedy telkom itu dibawah naungan negara, kenapa tidak bisa memberi pelayanan yang baik, malah kami rugi terus, pelayananya sdh tidak memuaskan, telat banyar diblokir pula… speedy memang tidak pernah memikirkan pelangganya, yang penting mearup keuntungan yang sebesar-besarnya, buktinya pelanggan lama dianak tirikan…mana tanggung jawab speedy telkom…….

  3. Ini Lemot Mendadak nya sampe 1 bulan lebih duh 🙁 Tadi smpet kembali sperti semula, tapi cuma 1 jam, Gimana Solusinya??

  4. jaringan sering putus2 akhir2 ini katanya ada perbaikian ya atau apa pokoknya bikin gerah ini wifi aneh aku pake hotspot android ajh gk putus2 ini gimana sih padahal baru ajh bayar bulanannya g ngaruh jga zzzz

  5. aku pake fiber udah lama trus kok makin kesini internetnya jadi lemot dan sering mati.
    nih aja di 2017 udah lebih dari 15 kali mati mungin padahal baru 2 bulan ini pun masih tanggal 12 februari
    dan kecepatanya turunya derastis banget, yang biasanya bisa nonton youtube 480p dibaerngi no bufer sekarang
    boro2 mau 480p 280p aja masih macet2
    dan pas aku lapor ke indihomenya katanya gak ada discon.
    mau dicopot tapi masih butuh,bingung jadinya.
    masalahnya aku tinggal dikota yang gak besar, mungkin kalo kotanya besar banyak pilihannya bukan indihome aja.

    tolong sampaikan ke indihome pusat karena indihome di Kota Probolinggo pelayanannya kurang janji mau dateng besok eh ternyata gak dateng.

  6. ane pengguna indihome baru di awal 2016, speed max download normal ane 1,7-2,1mbps. nah dari tanggal 1 november 2016 pas sampe hari ini 20 februari 2017 indihome ane ngaco, speed max download 130-150kbps. biasanya sebelumnya emang suka errorspeed turun tapi gara-gara restart modem gitu tapi pas beberapa kali reset modemnya ya normal lagi. ini sih udah full 3 bulan bayaran ga pernah nunggak speednya…… lapor sana-sini udah bosen, bilangnya ‘gangguan’, teknisi udah 3 kali kerumah pun bilangya yg sabar ya pak………..#matalusabar……… nah pengalaman dari tanggal 1 november itu, speednya ga selamanya down (150kbps) selama 3 bulan ini. kadang speed normal (2mbps) cuma sekitar 30-60menit perhari, tapi jamnya ga tentu (random). jadi mesti autis dah tiap waktu nunggu speednya normal belon buat download file yg ukurannya gede…. swt

  7. Saya pasang Indihome sudah hampir 1 tahun (sejak Juni 2016), dan ada 2 masalah besar :

    1. SEJAK pemasangan, terjadi drop ping mendadak pada 2 periode waktu SETIAP HARI nya. Yaitu pukul 11.00~14.00 dan 17.00~20.00. Ping yang normal nya berada pada 1 s/d 40ms , akan mendadak naik sampai 1000~4000ms. Teknisi sudah 3x mengecek dan tidak menemukan penyebabnya, mereka cm bisa berasumsi bahwa itu disebabkan trafik pada jaringan.

    2. SEJAK sebulan lalu, koneksi ke game online juga jadi parah. Saking lagnya sampai ga bisa bergerak sama sekali…

  8. Saya pasang indihome hampir 1 tahun, awal pemasanganya di coba terus di lihatkan memang benar kecepatannya 25mb/s setelah 1 bulan menurun menjadi 10 mb /s dan sekarang sampai 0 byte – 100 kb cuman download buka fb harus tunggu 1 jam buka youtube biasanya 1080p sekarang 360p itupun endet endetan udah lapor bilang gangguan teknis terus apalah gitu gk jelas pelayananya

  9. Gan kalo kasus ane, indiehome sinyalnya lancar2 saja, cuma sering sekali trouble / internet tiba2 teruputus dari jaringan, saya pelanggan setia dari jaman speedy sampe indiehome tetap saja masalah ini berlanjut, saya sudah komplain ke telkom, sudah di benarkan tetapi sering terjadi lagi, cara ,engatasimya gimana ya? Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *