Indihome Lemot ? Ini Cara Mengatasi dan Penyebabnya

Diposting pada

Indihome Lemot secara tiba-tiba ? Ternyata Indihome yang lambat kecepatannya disebabkan oleh beberapa hal , pada artikel kali ini akan dibahas cara mempercepat indihome dan menganalisa penyebab indihome lemot .

Sekilas tentang Indihome , Indihome adalah singkatan dari Indonesia Digital HOME (http://indihome.co.id/) yang merupakan layanan internet boradband pengganti speedy (layanan internet sebelum indihome dari telkom) . Indihome sendiri menggunakan teknologi Fiber Optic (Apa itu fiber optic ?) yang lebih cepat dibanding teknologi kabel tembaga .

Indihome saat ini menawarkan layanan dengan bermacam-macam pilihan kuota (Baca Juga : Harga Paket IndiHome Terbaru 2016) namun paket yang paling banyak digunakan adalah paket 10 Mbps (-+ 1MBps transfer rate) dan paket inilah yang sering dikeluhkan oleh pelanggan karena kerap mengalami gangguan dan penurunan kecepatan secara tiba-tiba . Meskipun gangguannya tidak separah dan sesering speedy , namun tentu hal ini merupakan sebuah kendala bagi beberapa pelanggan Indihome .

Oleh karena itu kali ini NGELAG.com akan menuliskan beberapa penyebab Indihome lemot dan cara mengatasinya .

Penyebab Indihome Lemot dan Cara Mengatasinya

Indihome sudah kena FUP (Fair Usage Policy)

indihome lemot Setelah kena fup indihome
indihome lemot Setelah kena fup indihome

Penyebab Indihome lemot yang pertama adalah karena layanan indihome kalian sudah terkena FUP , jika kalian belum tau apa itu FUP silahkan baca pada artikel : Kenali Fair Usage Policy atau FUP Layanan Indihome.

FUP adalah sebuah peraturan yang menyebabkan turunnya kecepatan internet dikarenakan pengguna telah menyentuh batas maksimal penggunaan internet . Pada kasus ini , Indihome 10 Mbps memberikan batas maksimal pertama sebanyak 300GB , setelah konsumen menggunakan kuota sebanyak 300GB maka kecepatan internet akan turun menjadi 7.5 Mbps .

Simak Juga :  [Terbaru] Cara Upgrade Kartu 3 Ke 4G

Penurunan ini kerap membuat pelanggan indihome mengeluh karena kecepatan internet indihomenya menurun secara mendadak .

Cara Mengatasinya

Selalu monitor penggunaan Indihome secara rutin untuk mengetahui apakah layanan indihome sudah terkena fup atau belum . Baca Caranya : Cara Cek FUP Indihome Kuota Pemakaian Internet Telkom

Sedang Ada Gangguan Teknis

Indihome lemot karena sedang ada gangguan
fiber optic router | telegraph.co.uk

Meskipun fiber optic lebih tahan terhadap gangguan dibanding kabel kawat tembaga , namun yang namanya gangguan akan selalu ada . Beberapa masalah gangguan yang biasanya terjadi pada jaringan fiber optic antara lain :

  • Fiber Optic Putus
  • Ada sambungan fiber optic yang terlepas
  • Ada jalur fiber optic yang terlalu melengkung (jika kabel fiber optic terlalu melengkung (> 90 derajat) maka cahaya yang mengalir akan banyak memantul pada lengkungan tersebut dan mengakibatkan data terlambat terkirim)
  • sedang ada perawatan secara menyeluruh

Cara Mengatasinya

Segera laporkan permasalahan dengan detail yang lengkap seperti nomor internet indihome yang bersangkutan melalui telepon atau bisa juga melalui twitter , untuk mengetahui nomor internet indihome , Baca : Cara Mengetahui Nomor Internet Indihome .

Dengan melapor , kalian akan segera mengetahui dimana letak gangguan berada .

Internet Bocor Lewat WiFi

Indihome lemot karena internet digunakan oleh orang lain
pencuri koneksi internet | www.gettyimages.com

Ketika password WiFi diketahui oleh banyak orang , apalagi tetangga yang iseng pasti kalian merasakan melambatnya kecepatan internet dirumah kalian . Semakin banyak orang yang menggunakan koneksi internet secara bersamaan , maka semakin banyak pula bandwidth yang terpakai .

Cara Mengatasinya

Rubahlah password WiFi secara berkala terutama jika sudah banyak orang yang tinggal disekitar rumah kalian mengetahui password WiFi kalian . Cara rubah nya gimana ? Baca : Cara Mengganti Password WiFi Indihome .

Kira-kira itulah beberapa permasalahan yang kerap menyebabkan indihome menjadi lemot atau lambat kecepatan internetnya. Kalau menurut kalian Indihome sudah tidak cocok dengan kalian , kalian bisa mempertimbangkan untuk mengganti layanan fiber optik dengan provider lain seperti yang dibahas pada artikel berikut : Layanan Internet Fiber Optik Selain Telkom Indihome

Simak Juga :  [Baru 2017] Cara Mengecek Kuota Smartfren Lengkap & Mudah

Atau kamu juga bisa melakukan upgrade layanan Indihome ke tingkat kecepatan yang lebih tinggi, untuk harganya silahkan dilihat disini: Harga Paket IndiHome Terbaru.

Indihome Lemot ? Ini Cara Mengatasi dan Penyebabnya
Rate this post

Comments are closed.