5 Jenis Virtual Reality Headset

Diposting pada

Ingin membeli kaca mata VR atau Virtual Reality Headset tapi kalian bingung karena jenisnya berbeda-beda ? Sebenarnya perangkat virtual reality atau VR ini ada banyak sekali jenisnya , dan tentunya dengan harga yang bervariasi juga . Nah supaya kalian tidak salah membeli dan memilih Virtual Reality Headset , ada baiknya kalian membaca dulu artikel kali ini yang akan menjelaskan jenis-jenis virtual reality yang biasa dijual di pasaran .

Banyak sekali sebutan untuk perangkat Virtual Reality ini , mulai dari Virtual Reality Headset , Googles , Kacamata VR dan masih banyak sebutan lainnya yang tentu membuat kalian bingung . Nah agar kalian tidak bingung , sebut saja si perangkat VR ini sebagai Virtual Reality Headset , agar lebih universal dan mudah dikenali .

Virtual Reality Headset ini setidaknya ada 5 Jenis yang fungsi , kemampuan dan harganya berbeda-beda . Lalu apa saja kah jenis dari Virtual Reality ? Berikut ini penjelasannya .

Entry-Level Mobile VR

Entry-Level Mobile VR ini adalah perangkat Virtual Reality yang harganya murah , tidak ada komponen elektronik didalamnya dan dalam menggunakannya , kalian memerlukan sebuah smartphone .

Google Cardboard Adalah Entry-Level Mobile VR
Google Cardboard Adalah Salah Satu Entry-Level Mobile VR

Contoh yang paling popular untuk jenis Kaca Mata VR ini adalah Google Cardboard dan beberapa Kaca Mata Virtual Reality Untuk Smartphone Lainnya . Harganya sangat murah karena cara kerjanya sangat simple dan biasanya terbuat dari Kertas Karton tebal atau Plastik .

Entry-Level Mobile VR biasanya digunakan pada smartphone berukuran layar 4 hingga 5 Inch keatas . Kalian bisa bermain game Virtual Reality berbasis smartphone Android hingga melihat foto dan video 360 derajat .

Mobile Virtual Reality

Mobile Virtual Reality hampir sama dengan Entry-Level Mobile VR karena keduanya menggunakan Smartphone sebagai Processing Source nya . Namun pada Mobile Virtual Reality Headset biasanya dilengkapi dengan komponen elektronik didalamnya .

Simak Juga :  Keluar Dari Xiaomi Hugo Bara Gabung Facebook
Samsung Gear VR Adalah Mobile Virtual Reality
Samsung Gear VR Adalah Salah Satu Perangkat Mobile Virtual Reality

Contoh perangkat Mobile Virtual Reality adalah Samsung Gear VR . Harga Mobile Virtual Reality biasanya sedikit mahal hingga Rp . 1 Jutaan .

Mobile Virtual Reality biasanya dilengkapi dengan tracking sensor , built-in control dan focus adjustment yang menambah keseruan ketika bermain game Virtual Reality .

High-Level Virtual Reality

Naik satu tingkat dan sekarang kita akan membahas High-Level Virtual Reality . Perangkat VR ini berbeda dengan Mobile Virtual Reality Headset , karena kita harus menggunakan sebuah Komputer atau perangkat game konsol untuk bisa menggunakan High-Level Virtual Reality Headset .

HTC Vive Adalah High-Level Virtual Reality
HTC Vive Adalah Salah Satu High-Level Virtual Reality Headset

Contoh perangkat VR yang termasuk kedalam golongan High-Level Virtual Reality adalah Oculus Rift dan HTC Vive dimana keduanya menggunakan Komputer sebagai processing sourcenya .

Untuk yang menggunakan perangkat game konsol kini ada yang namanya Sony Playstation VR . Dan selain itu pada kelas High-Level Virtual Reality juga terdapat perangkat VR yang bisa digunakan melalui Smartphone , Komputer dan Game Konsol , contohnya Razer OSVR .

Harganya pun lumayan mahal , sebuah perangkat VR berkelas tinggi biasanya dijual mulai dari Rp . 1 Jutaan hingga belasan juta rupiah .

Meskipun harganya mahal , namun sensasi yang diberikan ketika menggunakan perangkat High-Level Virtual Reality ini sangat mengagumkan jika dibandingkan dengan perangkat VR berbasis Smartphone .

Virtual Mobile Theater

Seperti namanya , Virtual Mobile Theater adalah perangkat VR Headset namun bukan untuk bermain game , melainkan untuk memberikan sensasi yang mengagumkan pada pengguna saat menonton film dengan menggunakan perangkat Virtual Mobile Theater .

Sony HMZ-T1 Virtual Mobile Theater
Sony HMZ-T1 Virtual Mobile Theater

Perangkat VR berjenis ini belum banyak yang memproduksi , namun beberapa sudah ada yang dijual salah satunya Sony HMZ-T1 dengan harga Rp . 9,600,000 .

Virtual Mobile Theater membutuhkan processing source berupa komputer atau smartphone , dengan menggunakan perangkat sejenis ini , maka film yang kalian tonton akan terasa seperti theater sungguhan dengan layar yang besar dan suara yang stereo .

Simak Juga :  Harga Virtual Reality Berkualitas Untuk Smartphone

Augmented Reality Headset

Lalu yang terakhir dan mulai sering dibicarakan oleh banyak orang adalah Augmented Reality Headset . Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan objek grafis yang diciptakan / generated melalui komputer .

Beberapa saat yang lalu kita kedatangan game Augmented Reality yang sempat booming yaitu Pokemon GO . Meskipun sudah banyak yang memproduksi Augmented Reality Headset ini dengan harga yang murah , namun popularitasnya belum sebegitu hebatnya dibanding Virtual Reality .

Contoh perangkat Augmented Reality ini adalah Microsoft HoloLens yang harganya sangat mahal .

Microsoft Hololens Augmented Reality Headset
Microsoft Hololens Augmented Reality Headset Yang Populer

Itulah tadi beberapa jenis-jenis dari Virtual Reality Headset yang ada untuk saat ini . Bagaimana ? Sudah bisa membedakan jenis dari Virtual Reality Device ? Jika kalian berniat untuk membeli Kaca Mata VR , jangan lupa untuk mengunjungi section Buyer’s Guide > Virtual Reality dari NGELAG.com