5 Jenis Virtual Reality Headset

0
1223

Ingin membeli kaca mata VR atau Virtual Reality Headset tapi kalian bingung karena jenisnya berbeda-beda ? Sebenarnya perangkat virtual reality atau VR ini ada banyak sekali jenisnya , dan tentunya dengan harga yang bervariasi juga . Nah supaya kalian tidak salah membeli dan memilih Virtual Reality Headset , ada baiknya kalian membaca dulu artikel kali ini yang akan menjelaskan jenis-jenis virtual reality yang biasa dijual di pasaran .

Banyak sekali sebutan untuk perangkat Virtual Reality ini , mulai dari Virtual Reality Headset , Googles , Kacamata VR dan masih banyak sebutan lainnya yang tentu membuat kalian bingung . Nah agar kalian tidak bingung , sebut saja si perangkat VR ini sebagai Virtual Reality Headset , agar lebih universal dan mudah dikenali .

Virtual Reality Headset ini setidaknya ada 5 Jenis yang fungsi , kemampuan dan harganya berbeda-beda . Lalu apa saja kah jenis dari Virtual Reality ? Berikut ini penjelasannya .

Entry-Level Mobile VR

Entry-Level Mobile VR ini adalah perangkat Virtual Reality yang harganya murah , tidak ada komponen elektronik didalamnya dan dalam menggunakannya , kalian memerlukan sebuah smartphone .

Google Cardboard Adalah Entry-Level Mobile VR
Google Cardboard Adalah Salah Satu Entry-Level Mobile VR

Contoh yang paling popular untuk jenis Kaca Mata VR ini adalah Google Cardboard dan beberapa Kaca Mata Virtual Reality Untuk Smartphone Lainnya . Harganya sangat murah karena cara kerjanya sangat simple dan biasanya terbuat dari Kertas Karton tebal atau Plastik .

Entry-Level Mobile VR biasanya digunakan pada smartphone berukuran layar 4 hingga 5 Inch keatas . Kalian bisa bermain game Virtual Reality berbasis smartphone Android hingga melihat foto dan video 360 derajat .

Mobile Virtual Reality

Mobile Virtual Reality hampir sama dengan Entry-Level Mobile VR karena keduanya menggunakan Smartphone sebagai Processing Source nya . Namun pada Mobile Virtual Reality Headset biasanya dilengkapi dengan komponen elektronik didalamnya .

Samsung Gear VR Adalah Mobile Virtual Reality
Samsung Gear VR Adalah Salah Satu Perangkat Mobile Virtual Reality

Contoh perangkat Mobile Virtual Reality adalah Samsung Gear VR . Harga Mobile Virtual Reality biasanya sedikit mahal hingga Rp . 1 Jutaan .

Mobile Virtual Reality biasanya dilengkapi dengan tracking sensor , built-in control dan focus adjustment yang menambah keseruan ketika bermain game Virtual Reality .

High-Level Virtual Reality

Naik satu tingkat dan sekarang kita akan membahas High-Level Virtual Reality . Perangkat VR ini berbeda dengan Mobile Virtual Reality Headset , karena kita harus menggunakan sebuah Komputer atau perangkat game konsol untuk bisa menggunakan High-Level Virtual Reality Headset .

Advertisement

HTC Vive Adalah High-Level Virtual Reality
HTC Vive Adalah Salah Satu High-Level Virtual Reality Headset

Contoh perangkat VR yang termasuk kedalam golongan High-Level Virtual Reality adalah Oculus Rift dan HTC Vive dimana keduanya menggunakan Komputer sebagai processing sourcenya .

Untuk yang menggunakan perangkat game konsol kini ada yang namanya Sony Playstation VR . Dan selain itu pada kelas High-Level Virtual Reality juga terdapat perangkat VR yang bisa digunakan melalui Smartphone , Komputer dan Game Konsol , contohnya Razer OSVR .

Harganya pun lumayan mahal , sebuah perangkat VR berkelas tinggi biasanya dijual mulai dari Rp . 1 Jutaan hingga belasan juta rupiah .

Meskipun harganya mahal , namun sensasi yang diberikan ketika menggunakan perangkat High-Level Virtual Reality ini sangat mengagumkan jika dibandingkan dengan perangkat VR berbasis Smartphone .

Virtual Mobile Theater

Seperti namanya , Virtual Mobile Theater adalah perangkat VR Headset namun bukan untuk bermain game , melainkan untuk memberikan sensasi yang mengagumkan pada pengguna saat menonton film dengan menggunakan perangkat Virtual Mobile Theater .

Sony HMZ-T1 Virtual Mobile Theater
Sony HMZ-T1 Virtual Mobile Theater

Perangkat VR berjenis ini belum banyak yang memproduksi , namun beberapa sudah ada yang dijual salah satunya Sony HMZ-T1 dengan harga Rp . 9,600,000 .

Virtual Mobile Theater membutuhkan processing source berupa komputer atau smartphone , dengan menggunakan perangkat sejenis ini , maka film yang kalian tonton akan terasa seperti theater sungguhan dengan layar yang besar dan suara yang stereo .

Augmented Reality Headset

Lalu yang terakhir dan mulai sering dibicarakan oleh banyak orang adalah Augmented Reality Headset . Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan objek grafis yang diciptakan / generated melalui komputer .

Beberapa saat yang lalu kita kedatangan game Augmented Reality yang sempat booming yaitu Pokemon GO . Meskipun sudah banyak yang memproduksi Augmented Reality Headset ini dengan harga yang murah , namun popularitasnya belum sebegitu hebatnya dibanding Virtual Reality .

Contoh perangkat Augmented Reality ini adalah Microsoft HoloLens yang harganya sangat mahal .

Microsoft Hololens Augmented Reality Headset
Microsoft Hololens Augmented Reality Headset Yang Populer

Itulah tadi beberapa jenis-jenis dari Virtual Reality Headset yang ada untuk saat ini . Bagaimana ? Sudah bisa membedakan jenis dari Virtual Reality Device ? Jika kalian berniat untuk membeli Kaca Mata VR , jangan lupa untuk mengunjungi section Buyer’s Guide > Virtual Reality dari NGELAG.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here