Kelebihan Dan Kekurangan Action Camera Buatan China

Diposting pada

Apa sih kelebihan dan kekurangan action camera buatan china ? action camera adalah sebuah kamera yang dirancang khusus untuk merekam kegiatan-kegiatan ekstreme dan outdoor , hal ini terbukti dari ukuran kamera relatif yang kecil .

Sebenarnya cikal bakal action camera pertama kali dikenalkan oleh GoPro , namun di Indonesia belakangan ini justru action camera buatan china yang menjadi populer , hal ini dimulai dengan kedatangan kamera Xiaomi Yi ke Indonesia .

Lalu pada akhir tahun 2015 , dimulai lah invasi besar-besaran action camera buatan China , banyak sekali kamera merek china yang nangkring disitus jual beli online indonesia diantaranya : SJCAM , Mito Click , Xiaomi Yi , dan masih banyak lagi kamera lain yang berasal dari China .

Kelebihan Action Camera Buatan China

1 . Harganya Murah Banget

Tidak bisa dipungkiri , harga yang ditawarkan untuk sebuah action camera buatan china sangat murah , beberapa waktu lalu ngelag.com pernah merangkum beberapa kamera buatan china dengan harga 500 ribuan dan 1 jutaan :

Kamera Mirip GoPro Dibawah 1 Juta
Kamera Mirip Kamera GoPro Ini Cuma 500 Ribuan

Inilah salah satu kelebihan mereka , karena dapat memangkas biaya produksi harga produknya pun sangat rendah sehingga dapat memancing para konsumen untuk setidaknya melirik produk mereka.

2 . Spesifikasinya Lumayan Mantep

Kelebihan kamera buatan china lainnya adalah spesifikasi yang diberikan tergolong mantep untuk harga yang sangat murah . Bahkan Xiaomi Yi menggunakan Processor Ambarella A7LS yang juga digunakan oleh kamera sekelas GoPro Hero3+ Silver dan Drift Innovation Ghost-S .

Simak Juga :  Harga GoPro HERO 4 Black Dan Spesifikasi
Xiaomi VS GoPro Kelebihan dan Kekurangan Action Camera Buatan China
Xiaomi Yi VS GoPro

Dari gambar diatas bisa kalian lihat sendiri kan perbandingan kamera Xiaomi Yi buatan china dengan GoPro ? Baca Spesifikasi Xiaomi Yi Lebih Lengkap Disini : Spesifikasi dan Harga Xiaomi Yi , Action Camera Murah .

3 . Aksesorisnya Lengkap

Dengan harga jual yang sangat murah , ternyata pembeli juga sudah mendapatkan aksesoris lengkap mulai dari tongsis , mounting hingga housing waterproof .

Biasanya harga untuk action camera buatan china full aksesoris adalah Rp . 1,500,000 , sedangkan paket hemat tanpa aksesoris alias cuma kamera doang adalah 1 Jutaan . 

4 . Hasil Video Dan Foto Bagus

Ini juga kelebihan action camera buatan china , walau harganya murah , namun kameranya masih mampu merekam Video pada 1920×1080 pada 30fps dan mengambil foto dengan kualitas 12MP , contohnya kamera SJCAM SJ4000 yang harganya cuma 1,1 Juta rupiah saja .

 

Selesai tuh kelebihan-kelebihan yang dimiliki action camera buatan china , tapi kamera buatan china juga punya kekurangan loh ! berikut daftarnya :

Kekurangan Action Camera Buatan China

1 . Harga Beda , Merek Beda , Kameranya Sama

Coba kalian perhatikan , hampir semua action camera buatan china memiliki design dan spesifikasi yang sama .

Kelebihan dan Kekurangan Action Camera Buatan China
Action Camera Beda Merek , Bentuk Sama , Spesifikasi Sama

Coba kalian perhatikan gambar diatas , bentuk dan spesifikasinya sama saja kan ? hanya berbeda label yang tertulis pada body kamera . Jangan – Jangan 1 Pabrik ? belum diketahui apakah semua kamera tersebut berasal dari sebuah pabrik yang sama , lalu didistribusikan dengan merek berbeda , atau diberi merek oleh orang indonesia , karena spesifikasinya tidak begitu lengkap dan jelas , kita belum bisa menggali lebih dalam darimana sebetulnya merek-merek tersebut .

2 . Hardware Tidak Jelas

Kamera pada umumnya memiliki sensor dan sebuah chipset yang bekerja sama untuk menghasilkan sebuah foto maupun video . Nah , ini salah satu kekurangan action camera buatan china , pada halaman penjualan kita tidak tahu apa jenis sensor dan chipset , bisa dibilang sulit memastikan seberapa baik performa dari kamera buatan china ini .

Simak Juga :  Harga Kogan Action Camera Terbaik 2017

3 . Design Jiplak Merek Lain

Bukan sebuah rahasia kalau kelemahan action camera buatan china adalah dalam segi Design , kebanyakan kamera aksi buatan china menjiplak design GoPro , beberapa kamera GoPro yang dijiplak oleh china bisa kalian lihat pada atikel berikut :

Kamera GoPro Dari HERO Entry Level Sampai HERO 4

4 . Dukungan Perangkat Lunak Minim

Kekurangan action camera buatan china selanjutnya adalah dukungan perangkat lunak yang apa adanya , jika GoPro dan Xiaomi Yi memiliki aplikasi khusus yang eksklusif untuk mengendalikan kamera melalui smartphone , beberapa kamera buatan china hanya menggunakan aplikasi standar yang sifatnya universal .

5 . Kompresi Gambar Yang Kurang Baik

Action camera yang baik mampu melakukan kompresi pada video dan foto yang dihasilkan dari kameranya agar ukurannya tetap kecil namun tidak mengurangi kualitas gambarnya . Kekurangan kamera aksi buatan china tidak bisa melakukan kompresi sebaik kamera ternama lainnya .

6 . Kualitas Belum Teruji

Kelemahan Action camera buatan china pada umumnya belum dapat dipastikan segi durabilitasnya , hal ini dikarenakan pasar atau penggunanya masih sedikit , Kamera aksi buatan china biasanya dijual di negara-negara yang masyarakatnya sangat tertarik kepada fotografi namun daya beli kamera berkualitasnya kecil .

Berbeda dengan GoPro , Sony dan merek ternama lainnya yang kualitasnya sudah teruji dan terbukti bukan hanya digunakan oleh orang biasa , namun juga kerap digunakan sebagai kamera untuk mengambil gambar saat shooting film hollywood .

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan action camera buatan china , perlu diingan bahwa harga tidak pernah menipu , kualitas selalu sebading dengan harga . Oleh karena itu supaya kalian tidak salah memilih , baca artikel Buyer’s Guide lainnya .