Komputer Restart Sendiri Ini Penyebab & Solusinya

Diposting pada

Komputer restart sendiri memang paling menyebalkan , lagi enak-enak kerja tiba2 komputer mati sendiri ? Banyak penyebab dari masalah ini , tapi jangan khawatir karena dalam artikel ini , kita bakal kasih tau cara mengatasi untuk komputer yang suka mati secara tiba-tiba . Selalu utamakan keselamatan kalian ketika mau membongkar komputer kalian , Jika kalian kurang yakin untuk membongkarnya sendiri bawa saja ke tukang service hehe .
Komputer Restart Sendiri Ini Penyebab & Solusinya

Penyebab dan Solusi Komputer Restart Sendiri

Terjadi Kesalahan Pada Sistem Operasi

Solusi : Karena sistem operasi mengalami kerusakan dan berakibat kesalahan dalam mengeksekusi perintah , maka secara otomatis sistem akan membuat komputer restart sendiri . Lakukan instal ulang atau recovery jika tersedia , dan selalu lakukan perawatan pada komputer anda .
Kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang tersedia pada artikel Cara Merawat Komputer Agar Tetap Optimal

Processor Mengalami Over Heat

Solusi : Processor adalah organ vital pada sebuah komputer , cobalah periksa suhu pada processor ini kalian bisa memeriksanya dengan cara membuka casing komputer kalian , Jangan lupa untuk mencabut semua sumber listrik agar tidak terjadi kecelakaan , Setelah dibuka maka akan terlihat sebuah kipas yang menempel pada sebuah alumunium bersirip alias heat sink , sentuh permukaan heat sink , jika terasa panas , maka tidak ada salahnya kalian mengganti thermal paste pada processor dengan yang baru , Jika mengalami over heat pasti komputer restart sendiri
Baca artikel mengenai Thermal Paste Dan Cara Menggunakannya yang akan kita posting besok !

Simak Juga :  Cara Menyimpan Foto Dari Instagram Dengan Mudah

Kabel Power Supply Longgar

Solusi : Apabila terdapat kabel yang tidak tersambung dengan baik , maka akan terjadi korsleting , maka cobalah memeriksa semua kabel didalam casing komputer kalian periksa apakah ada yang longgar atau tidak dengan cara mencabut semua koneksi kabel dalam CPU lalu memasangkannya kembali dengan kuat , kabel yang perlu kalian cek hanya kabel power utama yang biasanya dibagi menjadi 3 warna yaitu kuning merah dan hitam , jika terdapat korsleting dibagian ini maka biasanya komputer restart sendiri.

Ada Komponen yang Korslet

Solusi : Karena listrik yang tidak stabil mungkin saja ada perangkat keras yang mengalami korsleting dan membuat komputer restart sendiri , Cobalah lakukan hal ini : Pertama , buka casing komputer kalian , cabut semua kabel dan komponen seperti RAM , VGA dan Processor , dan lakukan Prosedur Clear Cmos sebelum memasangkan kembali semua komponen komputer yang telah kalian cabut .

Power Supply Sudah Rusak

Solusi : Power supply memiliki peran utama dalam komputer , jika power suply sudah rusak , maka output yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang seharusnya diterima oleh komponen komputer dan memaksa komputer restart sendiri, periksa bagian dalam power supply apakah ada capacitor yang pecah atau bocor jika ada lakukan penggantian , membutuhkan keahlian solder menyolder dalam perbaikan ini , kalau kalian ingin praktis kalian bisa membeli power supply yang baru

Tombol Restart atau Power nya Nyelip atau Nyangkut

Solusi : Periksa kedua tombol tersebut dengan cara menekannya apakah terdengar suara “klik” jika tidak besar kemungkinan tombolnya rusak . Periksa juga konektor tombol ke front panel cable , lihat apakah ada kabel yang korslet ? . Segera ganti jika memang ditemukan masalah pada tombol power atau restart pada komputer anda karena bisa saja hanya karena tombol komputer restart sendiri .

Simak Juga :  [Teruji] 4 Cara Memperkecil Ukuran PDF Dengan Mudah Dan Cepat

Itulah beberapa penyebab komputer restart sendiri lengkap dengan solusi untuk memperbaikinya , lakukan jika kalian memang yakin untuk membongkar komputer kalian , jika masih ragu-ragu bawa saja ke tukang service komputer , jika ada yang ingin bertanya silahkan berkomentar 🙂

Comments are closed.