Mark Zuckerberg Share Foto Datacenter Facebook

Diposting pada

Datacenter Facebook yang merupakan jantung dari Social Media bentukan Mark Zuckerberg merupakan salah satu Datacenter paling keren dan terbaik di dunia . Lokasinya yang sulit diakses dan jauh dari keramaian membuat sedikit orang saja yang mengetahui bagaimana suasana Datacenter Facebook ini .

Pada tanggal 28 September 2016 kemarin Mark Zuckerberg melalui akun facebooknya membagikan beberapa foto yang menampilkan suasana dari Data Center Facebook . Penasaran kan ? Berikut foto-fotonya dan ulasannya .

Gedung Datacenter Facebook Terletak Di Kawasan Yang Dingin
Gedung Datacenter Facebook Terletak Di Kawasan Yang Dingin

Datacenter Facebook terletak di kota Luleå , Swedia . Kota ini hanya terletak sejauh 112 KM dari Lingkar Kutub Utara . Suhu udara pada kawasan ini sangat sejuk terkadang suhu di kawasan ini bisa mencapai -30 C . Server yang beroperasi didalam gedung Datacenter Facebook didinginkan dengan memanfaatkan udara sejuk ini . Dengan udara yang sudah dingin , Facebook tidak terlalu mengeluarkan biaya yang tinggi untuk mengoperasikan sistem pendingin Servernya .

Gedung Datacenter Facebook
Gedung Datacenter Facebook

Datacenter ini pertama beroperasi pada tahun 2013 . Lokasinya sengaja dipilih pada daerah bersuhu rendah .

Facebook Datacenter
Facebook Datacenter

Kipas – Kipas inilah yang mengalirkan udara dingin untuk mendinginkan ruang server . Ketika suhu di kawasan Luleå sedang berada pada -30 C , maka udara panas dari server dimanfaatkan untuk menghangatkan ruang kerja pada Datacenter Facebook ini .

Ruangan Datacenter Facebook
Ruangan Datacenter Facebook

Ruangan Datacenter Facebook yang luas membuat para pekerja menggunakan scooter untuk melakukan aktivitas pekerjaannya .

Datacenter Facebook
Datacenter Facebook

Datacenter Facebook sangat efisien , bahkan disini hanya ada 150 orang pekerja saja . Karena desain yang simple dan efisien 25,000 server bisa dikelola oleh 1 teknisi saja .

Unit Server Di Datacenter Facebook
Unit Server Di Datacenter Facebook

Pada datacenter Luleå ini , kerusakan atau masalah pada hard drive server bisa ditangani hanya dalam waktu 2 Menit saja .

Hard Drive Yang Tidak Terpakai Dihancurkan
Hard Drive Yang Tidak Terpakai Dihancurkan

Hard Drive yang bermasalah dan sudah tidak bisa digunakan langsung dihancurkan agar semua data yang ada didalamnya ikut hilang secara permanent .

Bagaimana ? Keren banget kan ? Ingin rasanya kerja disana hehe .

Simak Juga :  Snapchat Segera Tambah Fitur Selfie 3 Dimensi