Material Yang Lebih Hitam Dibanding Vantablack Ditemukan

Diposting pada

Vantablack adalah material paling hitam dan paling gelap yang pernah ada , ditemukan pada tahun 2014 silam . Material paling hitam didunia yang baru ternyata ditemukan oleh sekelompok ilmuan , penemuannya dipublikasikan melalui sebuah video youtube yang diposting pada tanggal 4 Maret kemarin .

Material ini sangat hitam pekat , saking gelapnya cahaya laser pun langsung terserap oleh material tersebut , pada artikel ini kalian akan melihat video nya .

Sebelumnya , diantara kalian pasti ada yang bertanya , apa itu Vantablack ? Vantablack adalah sebuah special coating yang terbuat dari Jutaan helai carbon nanotubes (pipa-pipa kecil berongga) , yang setiap helainya memiliki ukuran 3.500 kali lebih kecil dibanding rambut manusia (sekitar 20 nanometer) . Vantablack bukanlah sebuah warna , cat atau pigment yang bisa dicampur dengan material lain , Vantablack merupakan material yang memiliki karakteristik fisik berwarna hitam pekat dan gelap .

Material Yang Lebih Hitam Dibanding Vantablack Ditemukan

Vantablack pada saat ditemukan ditahun 2014 langsung menjadi material paling hitam sedunia , namun rekor tersebut terpecahkan oleh material baru yang dinilai mampu menyerap cahaya hingga 99.96% (jadi , jika sebuah lampu disorotkan kepada material Vantablack maka hanya 0.04% saja cahaya yang memantul atau terlihat oleh mata manusia)

Saking hitam / gelapnya material ini , ilmuan pun bingung untuk mengukur seberapa gelap material ini .

Untuk apa menciptakan material seperti ini ? banyak orang bertanya-tanya dan menganggap temuan ini tidak ada manfaatnya bagi kehidupan manusia , namun ternyata Material seperti Vantablack digunakan untuk melakukan kalibrasi atau pengukuran kemampuan maksimal pada perangkat kamera NASA , kamera NASA digunakan untuk menangkap gambar diluar angkasa yang sudah tentu minim cahaya , dengan ditemukannya material yang lebih gelap lagi , NASA bisa dengan mudah melakukan kalibrasi kamera antariksanya tanpa harus terbang keluar angkasa namun bisa dilakukan di muka bumi .

Simak Juga :  10 Kegagalan Teknologi Paling Parah Sepanjang Masa