10 Cara Mengatasi Android Lemot dan Ngelag

Diposting pada

Penyebab Android Lemot dan ngelag ternyata lebih disebabkan oleh pengguna yang tidak merawat android dengan benar , untuk mempercepat kinerja smartphone android yang lambat , ada hal-hal yang wajib kalian lakukan agar android kesayangan kalian bisa kembali seperti baru .

Smartphone android keluaran lama juga dinilai sebagai salah satu penyebab android menjadi lemot , hal ini karena spesifikasi hardware yang sudah tidak mampu menandingi kecanggihan aplikasi-aplikasi keluaran terbaru .

Baca Juga : 15 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Pada Android dan Laptop

Tutorial Mengatasi Android Lemot Dan Ngelag

1. Kosongkan Ruang Penyimpanan / Storage Internal

Cara kerja smartphone android pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan sebuah personal komputer , pada PC atau laptop sudah dari dulu direkomendasikan untuk memberikan ruang kosong setidaknya 20% pada harddisk sistem guna meringankan proses kerja komputer .

Ternyata kalian juga direkomendasikan untuk tidak membiarkan storage android penuh , contoh yang baik bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini :

Cara Mengatasi Android Lemot Dengan Mengosongkan Ruang Penyimpanan
Mengosongkan Ruang Penyimpanan

Pada gambar diatas , total phone storage nya adalah 7.43 GB dan Available space selalu dijaga agar tersisa setidaknya 2GB .

Lalu bagaimana agar bisa mengosongkan internal storage android ? ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan , antara lain :

  • Hapus cache caranya buka setting > storage > tap pada Cached Data > Clear Cached Data ? tekan OK
  • Uninstall Aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan , biasanya aplikasi bawaan Klik disini untuk melihat caranya.
  • Hapus File Download caranya buka download > pilih file yang ingin dihapus > hapus
  • Pindahkan dile pribadi seperti foto dan musik kedalam microSD
Simak Juga :  [100% Tes Work] 3 Cara Root Semua Jenis Android Tanpa PC

Baca Juga :Play Store Tidak Bisa Dibuka ? Ini Cara Memperbaikinya

2. Hapus Cache

Cache adalah data yang tersimpan pada sistem android yang berguna untuk mempercepat proses pengeksekusian sebuah instruksi . Pernahkah kalian membuka sebuah aplikasi yang pada saat pertama kali dibuka aplikasi tersebut terasa lambat namun setelah kedua kali dibuka aplikasi tersebut lebih cepat ? ini lah cache , sayangnya cache memakan space pada internal storage , jadi kalian sangat disarankan untuk menghapusnya secara berkala cara menghapus cache di android :

  • buka setting > storage > tap pada Cached Data > Clear Cached Data ? tekan OK

3. Uninstall Aplikasi Bawaan Yang Tidak Terpakai

Aplikasi Bawaan atau Bloatingware adalah aplikasi-aplikasi yang biasanya terinstall pada sebuah android sejak pertama kali pembelian namun biasanya pemiliknya tidak pernah menggunakannya , biasanya Aplikasi Bawaan dipasang pada smartphone bundling dari provider layanan mobile . Cara menghapus aplikasi bawaan pada smartphone android adalah dengan menggunakan aplikasi System app remover .

Cara Mengatasi Android Lemot Dengan Menghapus Aplikasi Bawaan
Menghapus Aplikasi Bawaan

Untuk menggunakan aplikasi tersebut dan menghapus aplikasi bawaan , kalian harus melakukan ROOT pada android device kalian .

Baca Juga : 10 Smartphone Paling Dicari Lewat Google 2015

4. Gunakan Launcher Yang Lebih Ringan

Banyak sekali Launcher yang memiliki kecepatan tinggi karena proses dan instruksinya yang lebih sederhana dibanding launcher bawaan . Saya sendiri menggunakan APUS Launcher pada semua smartphone android yang saya gunakan . Selain APUS kalian juga bisa menggunakan launcher lain yang dipercaya mampu meringankan dan mempercepat smartphone android kalian :

Cara Mengatasi Android Lemot Dengan Menginstall Launcher Ringan
Pilihan Launcher Ringan Selain APUS

Baca Juga : Oppo Pamer Teknologi Charge 15 Menit Langsung Penuh

5. Jangan Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi

Selain membuat smartphone android cepat panas , RAM pada android akan terpakai oleh Running task atau running aplication pada android , oleh karena itu kalian disarankan untuk memperkecil jumlah aplikasi yang berjalan pada saat bersamaan dengan cara melihat dulu aplikasi apa saja yang sedang berjalan :

  • Buka setting > App / Aplikasi > Tap pada running seperti gambar dibawah ini :
Simak Juga :  [100% Tes Work] 6 Cara Membuka Kunci HP Xiaomi Lupa Pola, Sandi / Password
Cara Mengatasi Android Lemot Dengan Memperkecil Running Task Android
Aplikasi Yang Berjalan Pada Android

Setelah kalian mengetahui aplikasi apa yang berjalan pada background task dan tidak kalian butuhkan , kalian bisa menguninstallnya atau hanya menghentikan process tersebut.

6. Lepas Widget Yang Tidak Diperlukan

Cara Mengatasi Android Lemot Dengan Melepas Widget Yang Tidak Diperlukan
Widget Yang Berlebihan

Widget memang kadang berguna sebagai jalan pintas dari sebuah aplikasi atau bisa juga untuk mempercantik tampilan home screen android , tapi terlalu banyak widget yang digunakan dan tampil pada home screen akan mempengaruhi kecepatan kinerja android kalian , jadi hapus widget jika dirasa tidak terlalu diperlukan.

Baca Juga : 10 Smartphone Dengan Kamera 4K 2160p@30fps

Jika 6 langkah diatas tidak berhasil mempercepat android kalian , coba langkah-langkah berikut :

7. Lakukan Factory Reset

Factory Reset artinya mengembalikan semua pengaturan dan personalisasi pada android menjadi default seperti saat baru dibeli .

  • Caranya Buka Setting > Pilih Backup & Reset , pastikan kalian mengaktifkan Backup My Data , lalu tekan Factory Data Reset .

8. Update Firmware Android

Update Firmware adalah proses memperbarui sistem operasi yang berjalan pada sebuah smartphone android , dengan adanya update firmware baru artinya produsen smartphone kalian sudah melakukan revisi terhadap sistem android produknya , untuk mengupdate firmware caranya sebagai berikut :

  • Buka Setting > Pilih About Phone > Tap pada System Updates

Jika produsen smartphone kalian memberikan update baru untuk android kalian , maka akan muncul tulisan Update Available lalu kalian tekan Download .

Jika produsen smartphone kalian sudah menghentikan update atau bahkan tidak memberikan update revisi system android kalian maka kalian bisa menggunakan custom ROM seperti yang dituliskan pada langkah selanjutnya .

9. Gunakan Custom ROM

Custom ROM adalah system android yang dirubah oleh orang atau kelompok tertentu yang berpengalaman dalam dunia android dengan tujuan untuk memberikan performa terbaik pada sebuah smartphone android tertentu . Kalian bisa menggunakan aplikasi ROM Manager untuk mencari custom ROM yang sesuai dengan android device yang kalian gunakan .

Simak Juga :  [Update] Cara Masuk ke Recovery Mode Semua Tipe HP Xiaomi
Cara Mengatasi Android Lemot Dengan Menginstall Custom ROM
Pilihan Custom ROM pada ROM Manager

Baca Juga : Mengenal Tizen , Sistem Operasi Smartphone Saingan Android

10. Ganti Smartphone Android

Jika smartphone kalian masih tetap lemot dan tidak membaik kinerjanya , mungkin smartphone kalian sudah minta pensiun hehe . Jangan khawatir , banyak kok smartphone murah yang bisa kalian beli dengan spesifikasi hardware mantep . Atau kalian bisa melihat beberapa smartphone unggulan yang dipamerkan pada ajang Mobile World Congress :

Itulah tadi beberapa penyebab smartphone android lemot , jika dihitung-hitung ada 10 cara yang bisa kalian coba lakukan untuk meningkatkan kembali kinerja smartphone android kalian .

Baca tutorial perbaikan dan tips trik smartphone android pada section : Gimana Caranya ? Smartphone Android

Comments are closed.