X

Li-Fi Koneksi Internet Super Cepat : Speed of Light

Li Fi Koneksi Internet Super Cepat Speed of Light

Semua orang di seluruh dunia sedang mencari konektivitas yang lebih cepat. Itu bisa segera terjadi jika tes yang dilakukan oleh start-up Velmenni pada teknologi baru, Li-Fi – teknologi yang dapat dengan cepat mentransmisikan data menggunakan cahaya yang dipancarkan oleh lampu LED – di Tallinn, Estonia, berhasil.

Proses yang disebut visible light communication (VLC) menggunakan lampu LED cerdas yang nyala dan mati pada kecepatan yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengirimkan kode biner.

Baca Juga : Li-Fi Terbukti 100 Kali Lebih Cepat Dari Wi-Fi
Baca Juga : Li-Fi – Internet Wireless Melalui Cahaya

Gambar cara kerja li-fi|Source : AN-D

Kecepatan transfer datanya mencapai 1GB per detik, itu artinya 100 kali lebih cepat daripada Wi-Fi konvensional. Teknologi Li-Fi ini diharapkan bisa mencapai kecepatan 3 hingga 5GB per detik. Keuntungannya adalah : cahaya juga merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik. Tapi cahaya memiliki spektrum yang 10.000 kali lebih besar dari gelombang radio frekuensi , sehingga kapasitas tidak lagi menjadi masalah dan hambatan dalam mengirimkan data.

Related Post

Walaupun teknologi ini terdengar canggih dan realistis , ada beberapa masalah juga dengan teknologi Li-Fi. Misalnya , tidak seperti gelombang radio , gelombang cahaya tidak bisa menembus dinding. Hal itu bisa mengurangi kecepatan yang seharusnya bisa dirasakan sangat tinggi .

Namun selalu ada solusi untuk permasalahan tersebut , karena Li-Fi dapat bekerja dengan terhubung pada Wi-Fi konvensional untuk menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi di mana saja. Juga, tidak ada kebutuhan untuk membangun infrastruktur tambahan . Nantinya untuk mencoba teknologi ini kalian bisa memulainya dengan mengganti lampu rumah kalian dengan lampu LED yang sudah terdapat teknologi Li-Fi didalamnya . Hal ini sangatlah penting mengingat bahwa, pada 2019 saja, dunia akan melakukan pertukaran data sebanyak 35 triliun byte data setiap bulan nya.

Kita doakan saja semoga percobaan yang sedang dilakukan pada produk yang bernama Velmenni Jugnu , berhasil dan dapat segera kita rasakan untuk kehidupan dengan kualitas internet yang lebih baik lagi , karena dalam internet manusia dapat menemukan beragam informasi , semakin cepat informasi kita dapatkan maka segalanya akan terasa lebih baik.

Categories: Tech
Giswara Darusman: Founder dan Editor-in-chief @ https://ngelag.com
Artikel Yang Bikin Greget Lainnya
Leave a Comment

Izinkan NGELAG.COM Untuk Mengirimkan Tutorial Penting Untuk Kamu :)