10 Spesies Baru Yang Ditemukan Di Tahun 2015

Diposting pada

Tidak terasa tahun 2015 sudah kita lalui dengan bermacam-macam hal menarik , jika sebelumnya artikel best of 2015 membahas tentang 10 Gadget Paling Populer Di Tahun 2015 , kali ini kita akan mereview 10 penemuan spesies baru di tahun 2015.

Spesies tanaman dan hewan sangat beragam , ditambah lagi para ilmuan yang terus menemukan spesies-spesies baru dan menambah wawasan kita terhadap hal ini .

10 . Blue dwarf snakehead fish

(Ikan Bisa Hidup Di Darat)

10 Spesies Baru Yang Ditemukan Di Tahun 2015
Blue dwarf ‘walking’ snakehead fish | Henning Strack Hansen/WWF

Spesies ikan ini ditemukan pada pegunungan Himalaya , Ikan ini uniknya ditemukan di pegunungan tinggi di Nepal “berjalan” didaratan . Ikan yang dijuluki walking snakehead fish ini mampu hidup di darat selama 4 hari .

9 . Hyorhinomys stuempkei

(Tikus yang seperti Babi)

10 Spesies Baru Yang Ditemukan Di Tahun 2015 2
Hog-nosed rat Hyorhinomys stuempkei | Museum of Victoria

Tikus ini ditemukan di wilayah Sulawesi , Indonesia . Ini adalah jenis baru dari spesies yang sebenarnya ditemukan sejak tahun 2013 , ciri tikus ini adalah mempunyai telinga lebar dan hidung seperti babi , tikus ini juga memiliki gigi yang tajam dan panjang seperti vampire .

8 . Brachycephalus

(Kodok Seukuran Kuku Jempol Manusia)

10 Spesies Baru Yang Ditemukan Di Tahun 2015 3
frogs of the Brachycephalus

Kodok ini ditemukan di Peruvian pegunungan Andes , Amerika Selatan , yang unik dari kodok ini adalah ukurannya karena tidak lebih dari ukuran kuku jempol orang dewasa.

7 . Geosesarma dennerle dan Geosesarma hagen

(Kepiting Vampire)

10 Spesies Baru Yang Ditemukan Di Tahun 2015 4
Geosesarma dennerle and Geosesarma hagen

Lagi-lagi ditemukan di Indonesia , hal yang ironis dari penemuan spesies kepiting ini adalah karena tidak ditemukan secara langsung di Indonesia , karena pertama kali kepiting ini ditemukan di toko hewan peliharaan di Singapura .

Hingga akhirnya kepiting yang sudah selama 10 tahun diperjual belikan ini di selidiki dari mana asalnya oleh peneliti Christian Lukhaup dari German .

Simak Juga :  22 Foto Yang Menunjukan Betapa Kotornya Udara Di China

6 . Rhinopithecus Strykeri

(Primata yang tidak berbatang hidung)

10 Spesies Baru Yang Ditemukan Di Tahun 2015 5
Rhinopithecus Strykeri

Spesies ini ditemukan di Himalaya Timur , jenis baru dari primata ini tidak memiliki batang hidung , hal ini membuat primata ini kesulitan bernafas ketika hujan turun , bahkan primata ini sering bersin-bersin ketika air hujan masuk kedalam lubang hidungnya yang rata dengan wajahnya .

5 . Deuteragenia ossarium

(Bone house wasp)

A living female of Deuteragenia ossarium on the forest floor
A living female of Deuteragenia ossarium on the forest floor

Tawon ini berbeda dengan tawon pada umumnya , disebut Bone house wasp karena sarang yang digunakan untuk menyimpan telur dan anak-anaknya terbuat dari laba-laba , semut dan serangga lainnya yang sudah mati .

4 . Torquigener albomaculosus pufferfish

(Ikan yang membuat “crop circle” di dasar laut)

10 Spesies Baru Yang Ditemukan Di Tahun 2015 7
Torquigener albomaculosus pufferfish

Sudah selama 12 tahun crop circle dalam laut ditemukan , awal ditemukan pola simetris tersebut adalah di lautan Jepang . Setelah misteri panjang akhirnya tahun ini terungkap , lingkaran simetris tersebut dibuat oleh ikan yang spesies nya baru saja ditemukan , pufferfish begitu sebutan untuk ikan ini , lingkaran tersebut dibuat oleh ikan jantan yang bertujuan untuk membuktikan rasa cinta nya terhadap lawan jenisnya , lalu ikan betina akan menyimpan telurnya ditengah-tengah lingkaran yang dibuat oleh pasangannya .

3 . Drosera magnifica

(Tumbuhan Pemakan Daging)

10 Spesies Baru Yang Ditemukan Di Tahun 2015 8
Drosera magnifica

Tumbuhan ini ditemukan di Brazil setelah seorang petani memposting foto tumbuhan ini ke Facebook , lalu foto tersebut menarik perhatian peneliti tanaman yang bernama Paulo Gonella , tumbuhan ini merupakan tumbuhan karnivora terbesar yang pernah ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Utara .

2 . Hyalinobatrachium dianae

(Si Kermit)

Brian Kubicki, Costa Rican Amphibian ResearchCenter
Brian Kubicki, Costa Rican Amphibian Research
Center

Kodok ini ditemukan di hutan hujan daerah costa rica , karena penemuan kodok ini membuat foto karakter Kermit dari sesame street viral , akhirnya kodok ini diberi sebutan “Kermit the frog”

1 . Homo naledi

(Fosil manusia purba spesies baru)

Simak Juga :  Ternyata Hitler Punya Penis Kecil Dan 1 Buah Testicle
10 Spesies Baru Yang Ditemukan Di Tahun 2015 7
AP Photo/Themba Hadebe

Sebanyak 15 fosil individu ditemukan di Afrika Selatan ,  hal yang unik dari fosil ini adalah meskipun anatominya seperti manusia , namun para ilmuan menyebut bahwa homo naledi bukanlah manusia , fosil ini diperkirakan terkubur selama Jutaan tahun yang lalu .

Kesenjangan zaman antara homo naledi dengan homo sapiens yang sangat jauh membuat para ilmuan sulit menemukan relasi antara homo naledi dengan homo sapiens , hal ini menciptakan sebuah teka-teki baru yang saat ini menjadi fokus para ilmuan untuk memecahkannya .

Itulah tadi 10 Spesies Baru Yang Ditemukan Di Tahun 2015 , artikel ini diambil dari beberapa sumber diantaranya adalah Time dan National Geographic .

Artikel ini merupakan koleksi ngelag.com dari kumpulan artikel Best Of 2015.