Acara TV Lokal VS Acara TV Luar

Diposting pada

Belakangan ini banyak sekali acara tv baru yang hadir di layar kaca indonesia , konsep yang berbeda sangat jelas terlihat dari acara-acara yang disebut-sebut sebagai acara yang pertama kali ada di layar kaca indonesia . Nah kali ini ngelag.com tertarik untuk menggali dari mana sebenarnya konsep-konsep tersebut bermunculan ? Apakah murni hasil pemikiran para tim kreativ ? atau influence dari televisi internasional ? contoh yang pertama adalah acara yang meliput aktivitas polisi saat bertugas .

Cops vs 86

86 NET TV

Acara TV Tiruan
Source : NET.TV

Kalian tau kan acara tv 86 yang ada di channel NET TV ? acara yang ngeliput aktivitas polisi sampe polisi yang nangis “kadang disitu saya merasa sedih” diluncurkan pada tahun 2014 lalu ? kalau kalian belum tau , dibawah ini ada penjelasan mengenai acara ini yang dikemas pada acara The East Epospde 49 yang ngebahas semua dibalik acara 86 .

COPS Spike TV

Acara TV Yang Dititru
Source : COPS.com

Ternyata acara sejenis sudah ada sejak 1989 sampe sekarang , acara tersebut adalah COPS . Acara yang meliput aktivitas polisi di america ini sebelumnya disiarkan melalui channel FOX , namun sekarang Spike TV Network yang menyiarkan episode-episode terbaru dari acara COPS ini .

Kedua acara diatas memiliki banyak persamaan , mulai dari cara pengambilan gambar , intro & terkadang meliput juga kehidupan pribadi para polisi .

Sarah Sechan VS Elen Show

Selanjutnya ngelag.com ambil contoh acara talkshow yang mengusung konsep santai , lucu dan interaktif .

Sarah Sechan NET TV

Acara TV Tiruan 2
Source : Twitter Sarah Sechan

Pada tahun 2013 , acara talkshow dengan konsep baru ditayangkan pada channel NET TV . Acara yang santai dan humoris ini kerap menjadikan anak kecil yang lucu sebagai bintang tamu .

Simak Juga :  Nikon KeyMission 360 Action Camera Berapa Harganya ?

Ellen DeGeneres Show

Acara TV Yang Dititru 2
Source : CBS

Sudah 12 tahun acara ini tayang di televisi , ditayangkan pada channel CBS & American Broadcasting Company , dan secara internasional acara ini dikenal melalui youtube .

 

Dengan melihat kedua video dibawah maka kalian akan langsung tahu letak persamaan antara kedua acara diatas .


Tonight Show

Selanjutnya adalah acara talkshow malam hari , walaupun acara talkshow dengan judul “Tonight Show” sangat banyak , masyarakat indonesia menilai Tonight Show adalah konsep yang baru yang ditemukan oleh net TV , sayangnya sudah banyak acara sejenis yang tayang di layar kaca internasional .

Acara TV Tiruan 3
Source : NET.tv

Cirikhas acara ini adalah game atau chalange nya  yang kerap menghibur , dan tak jarang personil band nya ikut berinteraksi dalam sebuah episode . Selain itu pembawaan yang lucu dan santai menjadi konsep utama dalam Tonight Show ini . Jika kalian menganggap Tonight Show Net TV adalah konsep yang benar-benar baru , kalian salah . silahkan tonton dua video dibawah ini saat kedua acara memiliki challenge yang sama :

Celebrity Lipsync Combat VS Lipsyncbattle

Celebrity Lipsync

Acara TV Tiruan 4

Acara kebanggan selanjutnya dari NET TV , disiarkan sejak 4 Mei 2015 , menantang para celebrity beradu lipsync , pemenang akan dipilih oleh juri yang terkadang memberi komentar lucu .

Lipsyncbattle

Acara TV Yang Dititru 4

Acara lipsyncbattle disiarkan pada spike tv network , ternyata acara ini awalnya hanya sebuah challenge pada acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon , dan pada tanggal 2 April 2015 akhirnya lipsyncbattle terpisah dari acara The Tonight Show Starring Jimmy Fallon dan menjadi sebuah acara sendiri .

Coba kalian cari kesamaan konsep kedua acara diatas dengan melihat pada dua video dibawah ini :

 

Penutup

Masih banyak acara yang dianggap konsep original sebuah televisi , ternyata adopsi dari televisi luar negeri . namun kali ini ngelag.com hanya menampilkan beberapa acara yang lagi ngetrend di social media . Tidak ada salahnya kita mengadopsi sebuah pemikiran dari sesorang , karena manusia pada hakekatnya adalah mahluk yang suka meniru .

Simak Juga :  Rick Osterloh Sudah Kantongi Google Pixel Smartphone

Selama acara tv nya bermanfaat dan bisa diterima oleh masyarakat , kita rasa ini adalah satu langkah yang jitu untuk memperbaiki kualitas pertelevisian nasional , karena selama ini acara yang terinfluence dari acara luar negeri feedback nya bagus  dan mendidik , masyarakat juga mendapat penyegaran dari konsep yang terbilang baru di Televisi Indonesia ini .

Selama gak ada acara binatang jadi-jadian , no problem haha .