YouTube Tidak Bisa Dibuka ? Ini Penyebab dan Solusinya

Kenapa YouTube Tidak Bisa Dibuka - Ini Penyebab dan Solusinya
Kenapa YouTube Tidak Bisa Dibuka - Ini Penyebab dan Solusinya

YouTube Tidak Bisa Dibuka ? dan membuat kalian kesal karena tidak mendapatkan solusi atau cara mengatasinya ?

YouTube adalah situs hiburan yang menyajikan konten video dari pengguna YouTube seluruh dunia . Meskipun YouTube sudah berdiri sejak tahun 2005 , namun masalah YouTube Tidak Bisa Dibuka masih kerap dialami oleh beberapa pengguna .

Ternyata setelah diselidiki , terdapat sekitar 4 Penyebab YouTube Tidak Bisa Dibuka . Jadi untuk kalian yang bertanya Kenapa YouTube Tidak Bisa Dibuka ? berikut ini jawabannya .

Baca Juga :
Cara Menghapus Riwayat Di YouTube
Cara Nonton Youtube Offline

4 Penyebab YouTube Tidak Bisa Dibuka

Masalah Pada DNS

Kenapa YouTube Tidak Bisa Dibuka - Ini Penyebabnya
This site can’t be reached www.youtube.com’s server DNS address could not be found.

Saat hendak membuka YouTube kalian tiba-tiba mendapatkan peringatan bertuliskan : This site can’t be reached www.youtube.com’s server DNS address could not be found. Hal ini dikarenakan terdapat masalah pada pengaturan DNS (Domain Name Server) pada komputer atau laptop yang kalian gunakan .

Cara Memperbaiki YouTube Tidak Bisa Dibuka Karena Masalah DNS :

  1. Hapus History , Cache dan Cookies Browser kalian
  2. Tekan CTRL + H
  3. Tekan Clear Browsing Data
  4. Pilih The Beginning Of Time atau Sejak Awal Waktu
  5. Ceklis semua pilihan yang tersedia kecuali Password
  6. Lalu tekan Clear Browsing

Setelah melakukan penghapusan browser History , Cache dan Cookies silahkan coba mengakses YouTube.com kembali , jika masih muncul This site can’t be reached www.youtube.com’s server DNS address could not be found , maka lakukan cara yang kedua :

Cara Menghapus Cache DNS Pada Komputer dan Laptop

  1. Klik kanan pada logo Windows yang berada di pojok kiri bawah layar komputer
  2. Klik pada Command Prompt (Admin)
  3. Setelah muncul layar hitam dengan tulisan putih , ketikan ipconfig /flushdns lalu tekan Enter
  4. Setelah proses flushdns berhasil , ketikan ipconfig /renew lalu tekan enter
  5. Setelah proses renew DNS berhasil , ketikan ipconfig /registerdns lalu tekan enter
  6. Tutup Jendela Command Prompt
  7. Lalu akses YouTube.com

Dengan melakukan langkah diatas , maka kalian telah memberikan prosedur kepada komputer untuk menghapus Cache DNS lalu memperbarui DNS dan menggunakannya sebagai alamat DNS pada pengaturan ipconfig .

Bagaimana jika setelah melakukan kedua cara diatas , tapi tetap YouTube Tidak Bisa Dibuka ? Berikut ini kemungkinan lain yang biasanya terjadi ketika YouTube menampilkan pesan error :

  • Internet yang kalian gunakan sedang mengalami gangguan . Baca : Penyebab Internet Gangguan
  • YouTube sedang down karena maintenance . Periksa YouTube Sedang Down Atau Tidak Disini.

Koneksi Internet Terlalu Pelan

Internet Pelan menjadi penyebab Kenapa YouTube Tidak Bisa Dibuka
Internet Pelan | Flicker

Kalian mungkin mengalami masalah dimana ketika hendak mengakses YouTube , website tersebut tidak kunjung menampilkan konten yang kalian inginkan . Hal ini biasanya disebabkan oleh Koneksi Internet yang kalian gunakan terlalu pelan .

Solusi YouTube Tidak Bisa Dibuka Karena Internet Yang Pelan :

  1. Cek kecepatan internet kalian melalui Speedtest.net . Jika ternyata internet kalian pelan , baca artikel berikut ini : Cara Mempercepat Koneksi Internet .
  2. YouTube menyarankan agar pengguna memiliki kecepatan internet minimal 500+ Kbps , Dan untuk menonton video pada kualitas HD , disarankan untuk menggunakan kecepatan internet 10 mbps . Baca Juga : Provider Internet Di Indonesia

Masalah Add-On atau Plugin Browser

Browser Extension Menjadi Masalah Penyebab Kenapa YouTube Tidak Bisa Dibuka
Browser Extension

Jika DNS komputer kalian tidak bermasalah dan begitu pula internet kalian dalam kondisi lancar namun YouTube tidak bisa dibuka , maka ada kemungkinan browser yang kalian gunakan memiliki masalah pada Add-on atau Plugin yang terpasang .

Berikut ini ada beberapa Plugin atau Add-on Browser yang biasanya mengganggu akses YouTube.com :

  • Plugin Web Accelerator – jika kalian menggunakan plugin jenis ini , lebih baik kalian menonaktifkan secara penuh atau tidak menggunakannya ketika mengakses YouTube .
  • Plugin Pemblokir Iklan – YouTube menerapkan sistem monetisasi pada setiap halaman dan video YouTube . Mengaktifkan plugin Adblocker bisa menghambat loading website YouTube.com
  • Plugin YouTube Downloader – Plugin jenis ini kerap memberatkan kinerja Browser , nonaktifkan plugin ini jika dirasa tidak dibutuhkan .

Performa Komputer atau Laptop yang Buruk

Jika kalian mengakses YouTube pada sebuah laptop atau komputer yang tegolong jadul , maka bisa dipastikan YouTube tidak bisa dibuka dengan baik . Untuk melakukan streaming video , kalian harus memiliki komputer dengan sistem dan hardware yang sehat .

Beberapa faktor yang menyebabkan YouTube Tidak Bisa Dibuka :

  • RAM Terlalu Kecil – Minimal gunakanlah RAM dengan kapasitas 1 GB untuk melakukan streaming di YouTube
  • Processor Terlalu Sibuk – Processor yang terlalu sibuk bekerja bisa menyebabkan YouTube tidak bisa dibuka . Sesuaikan processor dengan kebutuhan kalian .
  • Harddisk Bad Sector – Kinerja harddisk akan menurun pada tahun ke 5 sejak awal pembelian . Jika kalian ingin kinerja komputer tetap maksimal , gunakan Harddisk baru agar YouTube bisa dibuka dengan lancar .

Untuk membantu kalian dalam mengatasi masalah performa komputer dan laptop , silahkan baca artikel berikut ini : Cara Mengatasi Laptop dan Komputer Yang Lemot .

Bagaimana ? Apakah masalah yang kalian hadapi sudah tersolusikan ? Jika kalian memiliki pertanyaan seputar masalah ini silahkan bertanya melalui kolom komentar dibawah artikel ini .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here