8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Indihome

Posted on

Cara mempercepat koneksi internet Indihome itu bagaimana ? ngelag.com bakal kasih 2 cara , cara pertama itu cara ribet dan cara kedua yaitu cara instan .

Kenapa dibagi menjadi dua cara , karena ada orang yang gak mau ribet tapi pengen koneksinya optimal , tapi gak sedikit diantara kalian yang sabar dan mau make cara ribet .

Oke daripada tambah ribet hehe , mendingan kita langsung aja ini dia cara mempercepat koneksi internet Indihome.
Sebetulnya koneksi fiber optic sudah sangat cepat tapi tidak ada salahnya jika kalian ingin mengoptimalkan koneksi Indihome kalian .

Baca Juga :

1 . Download SG TCP Optimizer DOWNLOAD DISINI

Cara mempercepat koneksi internet indihome yaitu dengan menggunakan SG TCP Optimizer , ” itu fungsinya untuk apa ? “ Jadi , untuk mempercepat koneksi internet Indihome , salah satu caranya adalah dengan melakukan optimasi pada komputer kalian itu sendiri .

Nah SG TCP Optimizer ini melakukan perubahan pada semua pengaturan komputer yang berhubungan dengan TCP (Transmission Control Protocol) , koneksi internet komputer diatur oleh protokol nah nama protokolnya TCP atau TCP/IP .

Cara menggunakan TCP Optimizer seperti berikut :

1 . Setelah mendownload TCP Optimizer , langsung buka TCPOptimizer.exe (Run as Administrator)

Lalu Pilih Optimal pada pilihan “Choose setting” > Ceklis pada “Modify All Network Adapters” > Klik Apply Changes . Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini :

Cara Mempercepat Koneksi Internet Indihome 11
Ikuti Petunjuk Diatas

2 . Lalu akan muncul jendela baru seperti pada gambar dibawah ini , kalian hanya tinggal menekan tombol OK.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Indihome 22
Ikuti Petunjuk Diatas

3 . Tunggu beberapa saat hingga muncul perintah untuk Reboot now , Lalu tekan tombol Yes .

Cara Mempercepat Koneksi Internet Indihome 33
Ikuti Petunjuk Diatas

Setelah selesai mereboot , silahkan coba koneksi internet indihome kalian , apakah sudah optimal ? jika dirasa cara diatas masih kurang kita Lanjut ke cara yang ke dua .

2 . Pilihlah Koneksi Internet Kabel Dari Pada Koneksi WiFi

Mengapa demikian ? karena jika menggunakan internet melalui sambungan WiFi , kecepatan internet kalian bisa saja tidak 100% karena sinyal WiFi kadang tidak stabil karena terganggu oleh medan elektromagnetik alat elektronik lain atau kualitas antena WiFi modem kalian kurang baik . Baca Juga : Cara Memperkuat Sinyal WiFi

Sedangkan koneksi internet melalui sambungan kabel , sangat kecil kemungkinannya jika sampai sambungan internet terganggu , karena sinyal internet disalurkan dalam sebuah jalur , berbeda dengan WiFi yang terbang bebas melalui ruang udara . Jadi kemungkinan untuk mendapatkan kualitas internet 100% lebih besar dibandingkan WiFi .
Baca Juga : Cara Mengganti Password WiFi Indihome

3 . Matikan Modem Fiber Optic Indihome Secara Teratur

Jika kalian terbiasa membiarkan modem fiber optic Indihome menyala secara terus-menerus , hal ini akan menyebabkan modem menjadi panas . Jika modem menjadi panas maka sangat besar kemungkinannya jika koneksi internet indihome kalian akan menjadi kurang maksimal .

Baca Juga : Inilah Cara Cek Kuota Pemakaian Internet Telkom Indihome

Selain itu , usia pemakaian modem kalian akan menjadi lebih singkat karena komponen elektronik didalamnya digunakan secara terus menerus . Perlu diingat bahwa komponen elektronik juga sensitif terhadap listrik yang tidak stabil .

Biasakan mematikan modem fiber optic Indihome kalian secara teratur , Misalnya 12 jam sekali kalian mematikan modem selama 1 hingga 5 menit , Biasakan juga mematikan modem saat tidak digunakan , ketika kalian sedang tidur dan bepergian keluar rumah .

4 . Gunakan Cleaner Untuk Membersihkan Temporary Internet File

Ketika kalian berselancar di Dunia maya , akan banyak sekali file yang di download melalui browser kalian tanpa sepengetahuan kalian .

Pernahkah kalian membuka sebuah halaman website lalu menutupnya dan beberapa jam kemudian kalian membuka kembali halaman website tersebut dengan waktu loading yang lebih cepat ?

Inilah fungsi Temporary Internet File , atau bisa juga disebut Internet Cache , Cache berfungsi untuk mempercepat waktu loading sebuah halaman website , dengan cache browser kalian tidak perlu mendownload file berulang kali , cukup sekali saja dalam rentang waktu tertentu , Cache ini akan digunakan kalau-kalau kalian membuka halaman yang sebelumnya pernah kalian akses.

Tapi , internet cache yang berhari-hari tidak dihapus alias sudah expired , lebih baik kalian hapus karena bukannya mempercepat kinerja sebuah website malah membebani browser kalian.

Kalian bisa menghapusnya dengan menggunakan salah satu software Cleaner yang mudah digunakan dan sangat populer yaitu : Ccleaner

5 . Selalu Update System Kalian

Jika sebuah sistem operasi merilis update baru , itu artinya sebuah sistem operasi dengan kualitas yang lebih optimal dari pada sebelumnya sudah siap digunakan . Untuk apa kalian memakai sistem operasi yang sudah kadaluarsa ?

Biasanya ketika melakukan update pada sistem operasi , secara otomatis Driver yang kalian gunakan juga akan ikut diupdate , termasuk driver network interface .

6 . Hapus Virus Dari Komputer Kalian

Jika kalian malas menginstal antivirus , kalian bisa menggunakan antivirus bawaan sistem operasi kalian , asalkan selalu di update virus database nya .

Contohnya pada windows 8 dan 10 , sudah terdapat antivirus bawaan yang lumayan powerful , dengan menggunakan antivirus , virus-virus yang memperlambat koneksi internet kalian bisa hilang .

Itulah cara mempercepat koneksi internet Indihome yang ke 6.

Cara mempercepat koneksi internet Indihome Dengan mudah dan praktis

1 . Matikan Modem Secara Teratur

Matikan Modem secara teratur agar menjaga kinerja modem tetap maksimal sehingga dapat memberikan koneksi internet indihome yang stabil dan modem tidak cepat rusak karena panas akibat tidak pernah dimatikan .

2 . Upgrade Layanan Internet Indihome Kalian

Jika kalian tidak ingin mengikuti langkah pertama , dan ingin menggunakan UseeTV dan Internet Indihome secara bersamaan tanpa harus mengganggu satu sama lain .

Cara mempercepat koneksi internet Indihome yang terakhir adalah : Tambah kecepatan internet Indihome kalian sebesar 5Mbps . dengan menaikan kecepatan internet sebesar 5Mbps , maka akan tersedia alokasi speed yang berbeda antara TV dan Internet yang bakal kalian gunakan bersamaan .

Jika sekarang kalian menggunakan layanan 10Mbps , maka dengan mengupgradenya menjadi 15Mbps , koneksi internet kalian bisa optimal walaupun menyalakan UseeTV . karena 10Mbps untuk Internetan dan 5Mbps untuk nonton TV lewat Set Top Box UseeTV.

Itulah tadi ke 8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Indihome , mulai dari cara yang paling ribet sampai cara yang paling praktis sudah ditulis diatas . Perlu diingat cara diatas hanya untuk kalian yang memang merasa kecepatan internet nya tidak sesuai dengan yang diharapkan dari berlangganan Indihome .


24 thoughts on “8 Cara Mempercepat Koneksi Internet Indihome

  1. siang gan,, tahu cara mengatasi masalah ini nggak ??

    dirumah saya baru pasang indihome dengan type modem huawei type HG8245A, nah pertanyaanya saya ingin membagi bandwitch untuk pengguna wifi,, tapi dengan menggunakan router tambahan D-Link N ADSL2,,

    saya sudah coba setting semuanya sesuai dengan tutorial yang tersedia,, dan sinyal wifi dari modem D-ink sudah muncul dan bisa konek,, tetap masalahnya ialah tak bisa digunakan untuk browsing atau digunakan untuk data lainya

    mohon solusinya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *