Allo , Aplikasi Chatting Baru Dari Google

Diposting pada

Aplikasi Chatting Allo baru saja diperkenalkan oleh Google hari ini 19 Mei 2016 , Fitur utama dari aplikasi chatting Allo ini adalah dukungan Google Assistant yang terintegrasi secara langsung . Google mengatakan Aplikasi Chatting Allo baru bisa di Download pada bulan Juni mendatang , Allo bisa diunduh secara gratis dan tersedia untuk perangkat Android dan iOS .

Baca Juga : WhatsApp Hentikan Support Pada Android Versi Lama,Blackberry Dan Nokia

Banyak orang mengira bahwa Allo merupakan aplikasi pengganti dari aplikasi chatting google lainnya (Google Hangouts) , tapi Allo sebenarnya adalah aplikasi chatting yang benar-benar baru , Allo merupakan konsep jebolan dari divisi komunikasi google yang juga sebelumnya mencetuskan Google Hangouts dan Project Fi .

Allo memiliki user interface yang “clean” , minimalist dan mudah untuk dimengerti oleh pengguna , Allo hadir dengan beberapa inovasi yang belum pernah kita temukan sebelumnya pada aplikasi chatting lain seperti WhatsApp atau Facebook Messenger .

Download Aplikasi Chatting Google Allo
Tampilan Aplikasi Chatting Google Allo

Cara Daftar Google Allo

Mendaftar pada Google Allo sangat mudah dan simple , kalian bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan nomor telepon kalian dan juga bisa dihubungkan dengan akun google kalian jika dirasa perlu . Pada aplikasi chatting Google Allo , kalian akan menemukan banyak hal baru yang belum pernah kalian temukan pada aplikasi chatting lain . Google Allo memiliki indikator pesan terkirim dan diterima , emoji dan banyak sekali kumpulan custom sticker . Sticker yang ada pada aplikasi ini sangat unik dan menarik karena dibuat oleh seniman yang memang dipilih oleh google agar sticker dapat digunakan secara universal .

Seperti pada aplikasi chatting lain , kita juga bisa mengirim foto dan file multi media lain , pada Google Allo kita bisa menambahkan doodle secara langsung pada foto tersebut . Lalu fitur eksklusif lainnya adalah disaat kita mengirimkan pesan , kita bisa merubah ukuran font dengan sangat mudah , kita bisa memperbesar tulisan yang hendak kita kirimkan , fitur ini disebut WishperShout oleh Google .

Simak Juga :  Verizon Bocorkan Google Pixel Berwarna Biru
Memperbesar Ukuran Font Pada Aplikasi Chatting Google Allo
Memperbesar Ukuran Font Pada Aplikasi Chatting Google Allo

Integrasi Google Assistant

Google Assistant sendiri akan mempermudah kita dalam menggunakan aplikasi chatting Allo , karena kita akan dibantu menemukan informasi dari Google yang terkait dengan apa yang sedang kita obrolkan dengan teman kita .

Kalian bahkan bisa melakukan chatting dengan Google dan melakukan percakapan yang akan dibalas oleh google secara otomatis , fitur ini lebih seperti chat bot yang belakangan sedang booming dibicarakan .

Google Chat Bot ini dinilai sangat pintar dan paling pintar dibandingkan chat bot lainnya , Google Chat Bot dibantu dengan Knowledge Graph milik Google , dimana akan mampu mengerti ribuan pertanyaan dan bagaimana hubungan antara pertanyaan satu dan lainnya . Sehingga kalian bisa menanyakan hal yang rumit sekalipun .

Google Assistant juga menambahkan fitur AI (Artificial Intelligence) sehingga ketika teman kita mengirim pesan berisi pertanyaan , google akan memberikan saran untuk menjawab pertanyaan tersebut sehingga kita tidak perlu menulis pesan lagi . Contohnya , ketika ada seorang teman yang bertanya “Halo , Apa Kabar ?” maka google Allo akan memberikan saran jawaban yang bisa kalian pilih , misalnya “Baik , Kabar Kamu Gimana ?” atau “Saya Sedang Sakit” dan sebagainya .

Tidak berhenti sampai disitu , ketika seseorang mengirimkan foto wisuda kepada kalian misalnya , maka Google akan memberikan saran jawaban seperti “selamat” “semoga sukses” dan sebagainya . Untuk lebih mengenal dengan Google Allo , silahkan tonton video introducing resmi dari google berikut ini :

Google’s new Allo and Duo chat apps: first look

Google menyadari , bahwa bersaing dengan berbagai aplikasi chatting yang besar seperti Line dan WhatsApp memang sulit karena pengguna aplikasi chatting tersebut sudah sangat banyak .

Simak Juga :  Twitter Akan Hapus Batas 140 Karakter Per Tweet

Namun google optimis dengan menambahkan beberapa fitur Eksklusif , canggih dan mudah digunakan , akan membuat Google Allo menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling populer seperti Line dan WhatsApp .