Cara Menjadi Travel Youtuber Indonesia

Posted on

Bagaimana sih tips dan trik untuk menjadi Youtuber Indonesia yang khusus membahas dunia Adventure dan Traveling ? Jika kalian berencana untuk menjadi Travel Youtuber di Indonesia , maka kalian memilih topik yang tepat untuk diangkat dalam sebuah channel youtube .

Baca Juga : 13 Topik Channel Youtube Paling Digemari Masyarakat

Selain topik traveling adalah salah satu dari sekian banyak topik youtube yang disukai masyarakat , ternyata channel youtube traveling akan sangat mudah dibangun jika kita tinggal di Indonesia , kenapa ? Karena di Indonesia sangat terkenal dengan keindahan alamnya .

Kondisi geografis Indonesia yang dihiasi oleh pegunungan , pantai dan objek wisata lainnya membuat kita tidak perlu mengeluarkan ongkos yang terlalu besar untuk membuat sebuah vlog traveling .

Selain mempermudah channel kita untuk meraih kepopuleran , kita juga membantu mengenalkan potensi pariwisata di Indonesia . Belum banyak yang mengenal keindahan di Indonesia , bahkan Indonesia sering kali hanya dikenal lewat pulau Bali dan Komodonya saja pedahal masih ada sejuta keindahan yang bisa kita nikmati .

Ada yang bertanya apakah menjadi Travel Youtuber semudah yang dibayangkan ? Tentu saja tidak , ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan sebelum memulai karir didunia Youtube dengan mengangkat Traveling sebagai topik bahasannya .

Baca Juga : 5 Youtuber Game Paling Populer Di Indonesia

3 Tips & Trik Untuk Menjadi Travel Youtuber Indonesia

Cara Menjadi Travel Youtuber Indonesia

1 . Mulai dari potensi disekitar tempat tinggal kalian

Traveling tidak harus jauh , objek wisata tidak selalu pantai , kalian bisa mulai menjelajahi potensi yang ada disekitar tempat tinggal kalian . Untuk mempermudah kalian dalam membangun konsep channel youtube kalian , coba kalian jawab pertanyaan dibawah ini :

  • Apa lokasi wisata yang ramai dikunjungi di sekitar wilayah kalian ?
  • Apa ada lokasi yang berpotensi dijadikan objek wisata namun masih kurang populer ?

Jika setidaknya kalian bisa menjawab satu diantara dua pertanyaan diatas , maka segera siapkan Kamera Berkualitas dan mulailah traveling ke lokasi tersebut dan rekam semua moment mulai dari berangkat sampai pulang ke rumah .

Kenapa harus merekam semua moment dari berangkat sampai pulang ke rumah ? Inilah yang membedakan video traveling dibanding video lain , untuk membuat video traveling kamu butuh banyak sekali footage yang nantinya bisa kalian pilih mana yang akan dijadikan sebuah video log dan diupload ke channel youtube ?

Resiko membuat video traveling adalah , kualitas video yang buruk secara materi . Jika kalian sudah pergi ke suatu lokasi dan merekam video dengan durasi yang minim dan sesampainya dirumah ternyata materi yang kalian dapat tidak terlalu maksimal , apa kalian sanggup untuk kembali lagi ke lokasi wisata tersebut dan mulai merekam video dari awal ?

Dengan video footage yang melimpah , maka kalian bisa menghilangkan moment-moment tidak penting dan menggantinya dengan moment yang lebih menarik saat kalian sudah sampai dirumah .

2 . Gunakan Action Camera dengan Wide Angle Lens

Banyak sekali action camera dengan lensa yang memiliki sudut pandang lebar dengan harga yang murah , beberapa action camera yang biasa digunakan untuk merekam traveling footage antara lain : Xiaomi Yi , Brica dan SJCAM .

Kenapa harus wide angle lens ? untuk memperlihatkan keindahan sebuah area , dengan wide angle lens camera hasil video akan lebih mengagumkan . Untuk lebih jelasnya , berikut ini contoh video traveling dengan kamera GoPro yang menggunakan wide angle lens :

GoPro: Highest Road In The World

3 . Buat Penonton Merasa Berada Dalam Lokasi Tersebut

Untuk membuat video yang membuat penonton merasa berada dalam lokasi tersebut , ada beberapa trik khusus yang bisa kalian terapkan dalam membuat video Traveling , antra lain :

  • Buat video 1st person view
    Contohnya seperti video diatas , posisikan kamera dekat kepala kalian bisa di helm atau di dada . Dengan posisi kamera seperti ini , maka video yang dihasilkan akan sama dengan apa yang kalian lihat . Dengan demikian penonton merasakan apa yang kalian lihat saat traveling ke suatu tempat.
  • Rekam moment yang menakjubkan
    Pada saat pergi ke suatu tempat dan berada di suatu tempat yang luar biasa , tentu kita kerap melihat moment – moment menakjubkan . Oleh karena itu pastikan kamera merekam semua aktifitas traveling kalian dari awal sampai akhir.
  • Kualitas Suara dan Gambar harus maksimal
    Agar video terasa lebih nyata , pastikan kalian hanya menggunakan kamera yang memiliki kualitas prima baik dari segi gambar maupun audio.

Hal – Hal Yang Sering Ditanyakan

  • Traveling kan butuh biaya besar ? Traveling tidak selalu harus mengeluarkan biaya yang berlebihan , terutama jika lokasi wisata yang akan kalian jadikan objek video tidak terlalu jauh dari rumah .
  • Indonesia sangat luas , bagaimana saya bisa menyajikan video traveling dari objek wisata lain yang lokasinya sangat jauh ? Mulailah dari yang paling mudah , murah dan dekat . Setelah video-video kalian populer dan menghasilkan banyak uang dari sponsor maupun iklan , kalian bisa menabung untuk perjalanan selanjutnya ke lokasi wisata yang lebih jauh .
  • Saya ingin dapat sponsor untuk traveling , kemanakah saya harus mengajukan proposal? Kalian bisa mengajukan proposal ke perusahaan jasa transportasi atau tour and travel yang sama-sama membutuhkan media partner promosi produk mereka .
  • Saya takut kalau nanti video saya gak ada yang nonton , Kalau gitu kalian tidak akan pernah berhasil .

Itulah beberapa cara dan tips untuk menjadi travel youtuber di Indonesia , sampai ketemu lagi pada artikel Youtuber 101 selanjutnya .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *