Exo-suits , Teknologi Yang Membuat Manusia 300% Lebih Kuat

Diposting pada

Exo-suits atau yang dulu dikenal sebagai Powered Human Exoskeleton adalah teknologi canggih yang digunakan untuk membantu meringankan beban kerja tubuh manusia .

Exo-suits disebut-sebut sebagai teknologi pakaian iron man , karena apabila manusia menggunakan exo-suits maka akan memiliki kekuatan 300% lebih tinggi dari manusia biasa .

Awalnya exo-suits digunakan untuk para pekerja yang menggunakan alat berat guna meminimalisir angka kecelakaan kerja , namun belakangan ini diketahui bahwa exo-suits kini dikembangkan sebagai salah satu teknologi militer .

Penggunaan Exo-suits di bidang militer

Exo-suits , Teknologi Yang Membuat Manusia 300 kali Lebih Kuat 2
Exo-suits Bidang Militer

FORTIS Exoskeleton begitu nama dari exo-suits ini , ternyata mampu meringankan beban manusia ketika mengangkat barang seberat 16KG , hal ini dipercaya juga dapat mengurangi kelelahan otot manusia hingga 300% .

Angkatan Laut Amerika menyampaikan ketertarikannya terhadap FORTIS Exoskeleton karena dinilai mampu mempermudah mereka dalam melakukan perbaikan kapal laut bahkan perakitan kapal laut untuk kepentingan militer disana .

Sedangkan Angkatan Militer Amerika malah sudah mengembangkan exo-suitsnya sendiri yang diberi nama TALOS , mereka mengklaim bahwa exo-suits buatannya mampu memberikan kekuatan super bagi pemakainya , mereka juga mengembangkan fitur tahan peluru dan fitur yang memungkinkan mereka memonitor kesehatan prajurit saat berperang menggunakan TALOS .

TALOS diambil dari nama salah satu tokoh mitologi yunani kuno , dan teknologi ini akan selesai dikembangkan pada tahun 2018 mendatang.

Exo-suits membantu manusia bisa berjalan kembali

Exo-suits , Teknologi Yang Membuat Manusia 300 kali Lebih Kuat 3
Mereka Bisa Berjalan Kembali Dengan Exo-suits

Tidak hanya digunakan untuk industri dan militer , ternyata exosuits juga digunakan untuk membantu para penyandang disabilitas , mereka yang tidak bisa berjalan karena ada masalah penyakit atau kecelakaan akhirnya bisa berjalan kembali dengan menggunakan exsosuits .

Exo-suits khusus untuk alat bantu berjalan disebut ReWalk , ReWalk diproduksi oleh perusahaan bernama ReWalk Robotics , pada tahun 2011 alat ini bisa digunakan sebagai alat bantu dalam rumah sakit karena telah disetujui oleh rumah sakit seluruh amerika dan Badan POM setempat .

Simak Juga :  Teknologi Bisa Membuat Makanan Sintetis , Mau Coba ?

Pada tahun 2014 akhirnya ReWalk disetujui oleh badan POM untuk bisa digunakan di rumah . Saat ini ReWalk Robotics menyediakan dua jenis ReWalk yaitu : New ReWalk™ Personal 6.0 dan ReWalk™ Rehabilitation .

Sayangnya harga perangkat ini lumayan tinggi yaitu berkisar antara US$69,500 Sampai US$85,000 atau sekitar Rp. 1.168.367.500