Foto Letusan Gunung Etna 3 Desember 2015

Diposting pada

Beberapa hari yang lalu Gunung Etna meletus untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 2 tahun terakhir . Sebuah pemandangan yang menakjubkan seperti petir yang menyambar abu vulkanis pun dapan kita saksikan melalui foto atau video dokumentasi letusan Gunung Etna yang akan ngelag.com rangkum pada artikel sains kali ini .

Gunung Etna merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Eropa , gunung setinggi 3329m aktif sejak 2,5 Juta tahun yang lalu . Gunung Etna terletak di wilayah Sicily, Italy , gunung ini termasuk kedalam daftar 16 Decade Volcanoes yang dimana Gunung Merapi di Indonesia juga merupakan salah satu dari ke 16 Decade Volcanoes .

Gunung yang posisinya sulit untuk dijangkau ini ketika meletus memberikan keindahan langka dari proses terjadinya letusan gunung purba . Meskipun jauh dan sulit dijangkau seorang photographer Marco Restivo yang bekerja untuk Barcroft Media , memberanikan diri untuk mengabadikan proses meletusnya gunung ini , dan berikut ini beberapa foto letusan gunung etna 3 Desember 2015 :

Foto Letusan Gunung Etna 3 Desember 2015
Marco Restivo/Barcroft Media

Foto diatas menunjukan betapa dasyatnya letusan gunung etna sehingga abu vulkanik dan material vulkanik yang terbang ke udara sangat besar dan membumbung tinggi .

Foto Letusan Gunung Etna 3 Desember 2015
Marco Restivo/Barcroft Media

Saking tingginya material vulkanik yang dikeluarkan setelah letusan gunung etna , fenomena yang disebut volcanic lightning atau petir yang menyambar abu vulkanik pun terjadi dan berhasil diabadikan . Fenomena serupa kerap terjadi di Indonesia , contohnya ketika letusan gunung galunggung di Tasikmalaya , ketika itu fenomena volcanic lightning pun terjadi karena guguran abu vulkanik yang dikeluarkan Gunung Galunggung begitu tinggi dan konsentrasinya padat.

Foto Letusan Gunung Etna 3 Desember 2015
Marco Restivo/Barcroft Media

Foto diatas menggambarkan betapa panasnya suhu disekitar area Gunung Etna , lava yang berhamburan keluar dari mulut gunung purba ini sedikit demi sedikit mengalir dan membuat warna dari area gunung tersebut menjadi merah terbakar .

Simak Juga :  Bahaya Gerhana Matahari 9 Maret 2016 Untuk Mata

Tidak hanya foto spektakuler yang dapat diabadikan , Barcroft TV telah membuat sebuah video time-lapse yang diunggah pada channel youtube nya :