Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Didunia Dibangun Di Gurun Sahara

Diposting pada

NGELAG.comPembangkit listrik tenaga surya terbesar didunia yang dibangun pada dataran gurun sahara Di Maroko, kini sudah mulai beroperasi .

Pembangkit listrik tenaga surya baru ini terletak di dekat kota Ouarzazate – yang terkenal sebagai lokasi syuting untuk film Hollywood seperti ” Lawrence of Arabia ” dan ” Gladiator ” – pembangkit listrik tenaga surya ini bisa menghasilkan energi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan lebih dari satu juta rumah pada tahun 2018 dan mengurangi emisi karbon yang kini diperkirakan mencapai 760.000 ton per tahun .

Raja Maroko Mohammed VI of Morocco menekan tombol power nya pada 4 Februari 2016, dan ini merupakan awal dari pengoperasian pembangkit listrik tenaga surya terbesar didunia.

Baca Juga : Li-Fi Terbukti 100 Kali Lebih Cepat Dari Wi-Fi

Merebus Air Menggunakan Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya yang disebut Noor complex ini, menggunakan teknologi concentrating solar power (CSP) yang merupakan teknologi paling mahal jika dibandingkan panel surya yang digunakan pada umumnya, namun , jika panel surya pada umumnya digunakan untuk menyimpan tenaga listrik dan digunakan pada malam hari , berbeda dengan pembangkit listrik tenaga surya maroko ini , dimana : Sebuah cermin memfokuskan sinar matahari untuk memanaskan cairan, cairan tersebut dicampur dengan garam, cairan ini bisa mencapai suhu 400 derajat Celsius. Lalu uap yang merupakan hasil dari pemanasan cairan tersebut digunakan untuk memutar turbin generator listrik .

Cara Kerja Pembangkit Listrik Terbesar Didunia Maroko

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Didunia Dibangun Di Gurun Sahara 2
Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Didunia Dibangun Di Gurun Sahara 2

Singkatnya , cara kerja pembangkit listrik tenaga surya ini adalah Sebuah silinder penuh garam dilebur oleh panas cahaya matahari yang difokuskan oleh cermin pada siang hari , dan akan terus panas hingga malam hari , jadi meskipun matahari sudah terbenam , pembangkit listrik ini masih memproduksi listrik selama 3 jam tanpa panas sinar matahari .

Simak Juga :  Li-Fi Terbukti 100 Kali Lebih Cepat Dari Wi-Fi

Baca Juga : Exo-suits , Teknologi Yang Membuat Manusia 300% Lebih Kuat

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Didunia Dibangun Di Gurun Sahara 3
Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Didunia Dibangun Di Gurun Sahara 3

Proyek yang menghabiskan dana sekitar $ 97.000.000 atau dalam rupiah mencapai Rp . 1.328.900.000.000 , memperoleh pinjaman dana dari Clean Technology Fund yang merupakan lembaga pinjaman uang khusus untuk pengembangan teknologi ramah lingkungan.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Didunia Dibangun Di Gurun Sahara 4
Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Didunia Dibangun Di Gurun Sahara 4

Bagaimana menurut kalian ? Negara lain sudah mulai memanfaatkan teknologi ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan listriknya . Mudah-mudahan Indonesia secepatnya bisa mengikuti jejak Maroko , mengingat potensi alam kita yang melimpah .