Artificial Life forms – Membuat Sel dan Virus E-coli Sintetis

Diposting pada

Sel kehidupan sintetis , mana mungkin manusia dapat menciptakan sebuah kehidupan ? Memang hal ini terdengar mengerikan , namun ternyata dalam zaman yang serba canggih ini , tidak hanya makanan sintetis saja ada seseorang yang mampu menciptakan sel kehidupan dari bahan kimia hingga sebuah perusahaan yang mampu menciptakan sebuah Virus E-Coli sintetis .

Craig Venter adalah seorang biotechnologist, biochemist, geneticist, dan seorang entrepreneur asal amerika yang dikenal sebagai orang yang pertama kali menciptakan gen manusia sintetis dan sel tubuh sintetis .

Craig Venter , telah menghabiskan biaya sebesar Rp. 547.220.000.000 dalam waktu 15 tahun untuk menciptakan sel sintetis pertama di dunia.

Menggunakan bahan kimia untuk merakit 1,1 juta huruf kode genetik, tim membangun sebuah gen bakteri dari nol . Venter berspekulasi bahwa bakteri buatannya bisa dibuat yang menyerap karbon dioksida, dan menghasilkan biofuel atau bahkan vaksin.

Baca Juga : Teknologi Bisa Membuat Makanan Sintetis

sel buatan craig venter ngelag.com
Sel buatan craig venter | Craig Venter, May 2010

Selanjutnya pada tahun 2014 sebuah perusahaan bernama Synthorx yang bergerak di bidang synthetic biology melangkah lebih maju dari pada Craig Venter yaitu dengan memperluas kode genetik kehidupan , jika Craig Venter membuat sel sintetis menggunakan bahan kimia , Synthorx malah menggunakan living organisms .

Synthorx bahkan dikenal sebagai perusahaan yang mampu menciptakan virus E-Coli sintetis untuk pertama kali di dunia. Mereka memiliki tujuan dan harapan untuk bisa membantu dunia kesehatan melalui sel buatannya.

Banyak tanggapan yang muncul dari masyarakat mengenai teknologi Artificial Life forms ini , ada yang mendukung penelitian ini karena berharap bisa membantu dunia kesehatan , namun ada juga yang beranggapan bahwa hal ini sangat berbahaya , karena jika disalah gunakan bisa menjadi bencana yang tidak bisa teratasi .

Bagaimana menurut kalian ? apakah teknologi sains seperti ini memang dibutuhkan oleh kehidupan manusia atau kalian punya tanggapan yang berbeda ?

Simak Juga :  3D Printer , Teknologi Yang Mengubah Segalanya

Kalau menurut saya , selama tujuannya baik , dapat memperluas ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia , teknologi seperti sel sintetis dan virus sintetis aman-aman saja untuk terus dikembangkan , dengan catatan JANGAN disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.