Bahaya Gerhana Matahari 9 Maret 2016 Untuk Mata

Diposting pada

Bolehkah melihat gerhana matahari 9 Maret 2016 dengan mata telanjang ? Cara aman melihat gerhana matahari 9 maret 2016 itu bagaimana ? Tidak terasa dalam hitungan jam , masyarakat indonesia akan menyaksikan fenomena langka yaitu gerhana matahari total 2016 .

Karena fenomena ini jarang sekali terjadi di Indonesia , banyak masyarakat yang bingung mengenai cara melihat gerhana matahari 9 Maret 2016 , dan sebagian besar pengunjung website NGELAG.com bertanya-tanya apakah boleh melihat gerhana matahari 9 Maret 2016 secara langsung dengan mata telanjang ?

Baca Juga : 6 Kota Terbaik Untuk Melihat Gerhana Matahari 9 Maret

Gerhana matahari memang bisa membahayakan kesehatan mata manusia , jika seseorang menyaksikan gerhana matahari tanpa penanganan dan persiapan yang benar , lalu apa yang harus dipersiapkan agar bisa menyaksikan gerhana matahari secara aman dan tidak merusak mata ?

Sebelum menjawab persoalan diatas , NGELAG.com ingin memberikan sebuah analogi agar lebih mudah dipahami .

Taukah kalian alat las / welding ? apa yang kalian rasakan setelah secara tiba-tiba melihat cahaya yang ditimbulkan saat proses pengelasan ? Tentu saja mata kalian akan kaget dan tidak jarang merasa nyeri dan berbayang-bayang bukan ?

Inilah alasan mengapa para tukang las selalu menggunakan kacamata hitam pelindung . Cahaya yang timbul saat proses pengelasan berlangsung , sangat kuat dan dapat menyebabkan iritasi mata .

Saat gerhana matahari total berlangsung , suasana disekitar wilayah yang terlintasi gerhana akan gelap sepenuhnya , ketika seseorang menyaksikan proses ini , maka mata manusia akan secara otomatis membuka pupil matanya sebesar-besarnya agar seseorang masih dapat melihat dalam kegelapan dengan cahaya seadanya .

Ketika proses gerhana matahari total ,  bulan yang menutupi matahari secara perlahan bergeser dan matahari mulai memancarkan sinarnya kembali , secara tidak sadar mata manusia yang pupilnya sedang berusaha menangkap cahaya sebesar-besarnya , terpapar oleh cahaya matahari yang kekuatannya ribuan bahkan jutaan kali lebih besar dibandingkan cahaya alat las .

Simak Juga :  Trending Topik Indonesia 2016

Inilah kenapa , menyaksikan gerhana matahari bisa berbahaya jika tidak dengan cara yang benar . NGELAG.com sudah merangkum beberapa cara menyaksikan gerhana matahari 9 maret 2016 dengan aman .

Baca Juga : Diperkirakan Gerhana Matahari 9 Maret Tertutup Awan

1 . Gunakan Pinhole Projector

Bahaya Gerhana Matahari 9 Maret 2016 Untuk Mata PinholePinhole projector sangat mudah untuk dibuat , berikut cara membuat pinhole projector :

  • Ambil slembar kertas putih & selembar karton atau potongan kardus
  • Buat lubang dengan ukuran yang sangat kecil pada kardus
  • Saat gerhana matahari terjadi , arahkan lubang pada kardus ke matahari dan biarkan cahaya matahari masuk melalui lubang tersebut
  • Cahaya yang masuk melalui lubang pada kardus langsung diproyeksikan pada kertas putih yang sudah kalian siapkan sebelumnya
    Bahaya Gerhana Matahari 9 Maret 2016 Untuk Mata Pinhole Cara membuat pinhole projector
    timeanddate.com

     

2 . Gunakan Kacamata Tukang Las

Bahaya Gerhana Matahari 9 Maret 2016 Untuk Mata Kacamata Tukang LasGambarnya lucu ya ? haha . Kaca mata yang digunakan tukang las mampu menghambat sinar matahari hingga 90% selain itu radiasi UV juga bisa dihambat dengan menggunakan kacamata yang biasa digunakan oleh tukang las .

Baca Juga : 55 Kota Ini Bisa Menyaksikan Gerhana Matahari 9 Maret

4. Gunakan Kacamata Gerhana

Bahaya Gerhana Matahari 9 Maret 2016 Untuk Mata kaca mata gerhanaKacamata gerhana memiliki kemampuan yang hampir sama dengan kaca mata yang digunakan oleh tukang las , namun materialnya yang lentur dan lebih murah harganya , jika kalian mengunjungi spot-spot yang dilintasi gerhana , kalian tidak akan kesulitan dalam menemukan penjual kacamata ini , harganya murah paling 25 ribu untuk 1 buahnya .

5 . Gunakan Roll Film Kamera Jadul

Bahaya Gerhana Matahari 9 Maret 2016 Untuk Mata Kacamata Roll FilmRoll film kamera jadul memang sudah jarang dimiliki oleh kebanyakan orang , tapi masih banyak yang menjualnya dengan harga yang sangat murah . Cara menjadikan roll film sebagai kaca mata gerhana matahari adalah sebagai berikut :

  • Tarik film sepanjang 10 sampai 15 CM dari rollnya
  • Tumpuk 2 sampai 3 lembar roll film hingga terlihat sangat pekat
  • Gunakan sebagai penghalang antara mata dan cahaya matahari , (layaknya kacamata)
  • Jika sinar matahari masih terlalu cerah , tambah tumpukan lembaran hingga dirasa nyaman .

6 . Nonton Live Streaming Di Rumah

Jika kalian malas bangun pagi dan harus pergi keluar rumah , kalian bisa menyaksikan gerhana matahari dari mulai sampai akhir dengan santai dan aman melalui Live Streaming , NGELAG.com menyediakan sebuah halaman yang berisi beberapa Live Streaming Gerhana Matahari 9 Maret 2016 dari beberapa server dan lokasi yang berbeda :

Live Streaming Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan

  • Jika ingin menggunakan kacamata polarized , pastikan menggunakan kacamata yang tingkat kegelapannya sangat tinggi .
  • Jangan melihat gerhana matahari 9 Maret dengan kacamata polarized dalam waktu yang lama , alihkan pandangan pada object lain setiap 5 sampai 10 detik .
  • Jika ingin merekam gerhana matahari dengan kamera , gunakan filter atau lembaran film didepan kamera , hal ini untuk memperkecil resiko kerusakan pada lensa kamera .
  • Perhatikan barang bawaan dan parkir kendaraan pada lokasi yang aman jika melihat gerhana pada lokasi-lokasi tertentu .
  • Selalu utamakan keselamatan diri sendiri .