Cara Agar Terbiasa Berbicara Didepan Kamera

Diposting pada

Youtuber di Indonesia semakin banyak yang berhasil dan sukses , dan banyak juga yang ingin menjadi youtuber . Namun kebanyakan dari mereka justru mengurungkan niatnya untuk menjadi Youtuber , karena malu dan tidak terbiasa untuk berbicara didepan kamera .

Apakah setelah ketika kalian membaca artikel cara menjadi vlogger dan cara menjadi youtuber gamer yang sukses , kalian merasa ragu untuk memulainya ?

Apakah kalian termasuk kedalam orang yang tidak terbiasa berbicara didepan kamera ?

Jika kalian ingin menjadi Youtuber namun tidak terbiasa berbicara didepan kamera , maka kalian berada diartikel yang tepat . Karena pada artkel ini NGELAG.com akan memberikan tips dan cara agar terbiasa berbicara didepan kamera .

Cara Agar Terbiasa Berbicara Didepan Kamera

Dengan membaca artikel ini , diharapkan rasa ragu , canggung dan kaku ketika kalian berbicara didepan kamera bisa berangsur – angsur berkurang .

1 . Latihan Didepan Cermin

Cara Agar Terbiasa Berbicara Didepan Kamera
Latihan Didepan Cermin | munplanet.com

Anggap cermin adalah kamera , bicara lah didepan cermin sambil menarik nafas dan tanamkan rasa percaya diri sambil sesekali tersenyum dan berkata “ayo … aku bisa” .

Latihan seperti ini jika dilakukan secara rutin setiap pagi misalnya , bisa meningkatkan rasa percaya diri . Dan tentu kalian akan semakin terbiasa untuk berbicara dengan benda mati . Bukan berarti gila ya hahaha .

2 . Buat Video Iseng Setiap Hari

Cara Agar Terbiasa Berbicara Didepan Kamera
Berbicara Didepan Kamera | gogirlmagz.com

Anggap saja kalian adalah seorang vlogger yang sudah mempunyai banyak fans . Lalu buatlah sebuah video iseng yang membahas apa pun yang kalian lihat .

Misalnya kalian sedang berada dikamar , ambil kamera , lalu buat sebuah video yang membahas semua isi yang ada di kamar kalian . Setelah itu lihat video yang kalian rekam dan lakukan kegiatan ini setiap hari .

Simak Juga :  Cara Mendapatkan Banyak Subscriber Di Youtube

Kalian tidak perlu menguploadnya langsung ke Youtube , video iseng ini hanya untuk berlatih agar kalian lebih terbiasa untuk berbicara didepan kamera .

3 . Buat Skrip Video

Teleprompter Transcript Video Cara Agar Terbiasa Berbicara Didepan Kamera
Teleprompter Transcript Video | Youtube
TheMannieProductions

Tidak jarang ketika kita hendak membuat sebuah video , kita lupa dengan apa yang harus dibicarakan didepan kamera . Hal seperti ini kerap membuat stress karena video tidak kunjung selesai dengan sempurna .

Tulislah transkrip dari apa yang akan kalian bicarakan pada video kalian . Dengan transkrip tersebut , kalian bisa menghafal atau membacanya langsung ketika membuat video .

Dengan bantuan transkrip video , tentu kalian akan lebih mudah ketika berbicara didepan kamera .

4 . Buat Video Dengan Topik Yang Kamu Kuasai

Moog Dari Mightycarmods  Cara Agar Terbiasa Berbicara Didepan Kamera
Contohnya Moog Dari Mightycarmods yang hoby membuat vlog dunia otomotif karena memang suka dengan dunia otomotif

Baca Juga : 13 Jenis Video Youtube Paling Digemari Masyarakat

Memang bukanlah hal yang mudah untuk berbicara didepan kamera , terutama jika video kalian membahas topik yang sama sekali tidak kalian ketahui .

Cobalah berlatih membuat video dengan topik yang kamu sukai . Jika kalian suka memasak , maka buatlah sebuah video tutorial memasak , lalu lihat hasilnya . Pasti menakjubkan !

5 . Ulangi Secara Rutin

Ketika ditanya tips dan trik agar tidak kaku saat membuat video youtube , para youtuber terkenal biasanya menjawab “awalnya saya juga kaku , tapi sekarang sudah terbiasa ” .

Dengan melakukan latihan rutin , maka kaku dan rasa canggung ketika berbicara didepan kamera akan sedikit demi sedikit hilang .


Gimana ? Tunggu apa lagi ? Ayo mulai sekarang juga , mudah-mudahan suatu saat nanti kalian bisa menjadi Top 10 Youtuber di NGELAG.com hehe .