Di China Ada Teknologi Untuk Kendalikan Mobil Lewat Pikiran

Diposting pada

Zhang Zhao seorang peneliti asal Negara China , telah membuat sebuah perangkat pembaca sinyal otak yang bisa digunakan untuk mengendalikan sebuah mobil .

Nantinya pengemudi bisa mengemudikan mobil tanpa harus memegang setir , namun dengan menggunakan alat dikepalanya yang dirancang secara khusus agar mampu menangkap sinyal otak lalu dikomunikasikan dengan sistem kendali mobil.

Baca Juga Artikel Bertemakan Trobosan Teknologi Terbaru Lainnya :

Teknologi Untuk Kendalikan Mobil Lewat Pikiran
Kim Kyung-Hoon | reuters.com

Dilansir dari Reuters.com , peneliti di Universitas Nankai memakai 16 buah electroencephalogram (EEG) yang bekerja sebagai sensor untuk menangkap sinyal dari otak pengemudi mobil . Bersamaan dengan itu , mobil pun dimodifikasi agar mampu bergerak sesuai dengan sinyal yang dikirimkan perangkat yang digunakan dikepala pengemudi .

Teknologi Untuk Kendalikan Mobil Lewat Pikiran
Kim Kyung-Hoon menggunakan alat yang ia ciptakan | reuters.com

Jadi , awalnya mereka meneliti bagaimana sinyal yang dikirimkan oleh otak ketika seseorang ingin membelokan , memajukan dan memundurkan mobil yang dikendarainya .

Teknologi Untuk Kendalikan Mobil Lewat Pikiran
Mobil yang dijadikan objek penelitian di Nankai University | reuters.com

Orang-orang yang ikut dalam penelitian ini mengatakan bahwa mobil yang dikemudikan oleh sistem buatannya , mampu membuat mobil maju , mundur , berhenti , mengunci pintu dan membuka pintu .

Meski teknologi ini terdengar keren dan menakjubkan , sayangnya Kyung Hoon bersama teman-temannya bukanlah yang pertama kali menciptakan teknologi trobosan ini .

Pada tahun 2011 , peneliti yang menamakan kelompoknya AutoNOMOS dari Universitas Freie , German juga membuat sistem serupa dengan memodifikasi mobil Volkswagen Pasat .

Teknologi Untuk Kendalikan Mobil Lewat Pikiran 4
Daniel Goehring | Reuters.com

Sama seperti yang dilakukan teman-teman dari Nankai University , pengemudi dapat mengendalikan mobilnya melalui pikiran dengan menggunakan alat yang dikenakan di kepalanya .

Simak Juga :  Facebook Marketplace Diluncurkan

Dan yang terakhir , teknologi ini bahkan dikenalkan juga oleh perusahaan mobil McLaren , perusahaan super car ini menciptakan mobil balap yang disebut MP4-X yang memungkinkan pengemudinya mengendalikan mobil melalui pikiran hanya dengan menggunakan helm khusus yang dikembangkan oleh McLaren .