Di Malaysia Jual Beli Satwa Langka Lewat Facebook

Diposting pada

Warga malaysia ternyata menggunakan Facebook sebagai media untuk jual beli satwa liar dan langka , hal ini terungkap begitu sebuah lembaga monitoring hewan liar , TRAFFIC merilis sebuah data hasil penelitian yang menunjukan bahwa : Selama kurang lebih 5 Bulan sudah ada sekitar 300 satwa yang diperjual belikan melalui 14 Group Facebook.

Beberapa satwa liar yang diperjual belikan antara lain : Beruang Madu , Gibbons atau Owa hingga Binturung . Hal yang paling mengejutkan dari kegiatan jual beli satwa liar ini adalah hampir semua satwa liar yang diperjual belikan sebenarnya sudah ditetapkan sebagai satwa langka dan dilindungi dari perburuan dan aktifitas jual beli ilegal oleh Malaysian Wildlife Conservation Act sejak tahun 2010 lalu .

Hewan Langka Asli Indonesia Ikut Diperjual Belikan

Ternyata ada juga satwa liar asli Indonesia yang ikut dijual lewat facebook di Malaysia , hewan liar asli Indonesia tersebut adalah kakak tua jambul kuning atau yang mempunyai nama latin Yellow-crested Cockatoo Cacatua sulphurea .

Di Malaysia Jual Beli Satwa Langka Lewat Facebook Kakak Tua Jambul Kuning

Selain itu juga ada 25 satwa liar yang bukan berasal dari Malaysia ikut diperjual belikan melalui group facebook , seperti kura-kura dari Madagaskar .

Baca Juga : Orangutan Dijual Melalui Group FB Malaysia

Hampir keseluruhan group facebook yang dijadikan sebagai tempat jual beli satwa liar ini berstatus closed group yang artinya tidak sembarangan orang bisa masuk , dan terakhir sudah ada 68,000 member aktif yang 106 diantaranya merupakan penjual aktif satwa liar dan langka .

Dalam 1 Bulan ada 47 Satwa yang di Posting untuk dijual melalui facebook

Dari ke 14 grup facebook tersebut , rata-rata ada 47 postingan baru yang menawarkan satwa liar untuk dijual , bahkan salah seorang penjual dengan bangga mengumumkan bahwa semua hewan sudah sampai kepada pembelinya :

Simak Juga :  Baru Sehari Rilis , Facebook Marketplace Dipakai Jual Narkoba
Di Malaysia Jual Beli Satwa Langka Lewat Facebook Owa
Penjual yang mengumumkan hasil penjualannya dengan hastag #terima_kasih_tak_terhingga

Ada yang lebih mengejutkan ketika orang yang sama menjual hewan langka dilindungi melalui postingan berikut ini :

Di Malaysia Jual Beli Satwa Langka Lewat Facebook kucing hutan
Asian Leopard Cat Dijual Seharga 850 Ringgit Malaysia

Asian Leopard Cat merupakan salah satu satwa langka yang dilindungi dan sudah dilarang perburuannya sejak tahun 2002 , namun pada group facebook ini satwa langka yang masih berumur 1,5 bulan ini dijual seharga Rm 850 atau sekitar Rp . 2,700,000 untuk satu ekornya .

Sangat disayangkan mengingat kucing-kucing tersebut masih terlalu kecil untuk dipisahkan dari induknya , hal ini tentu meningkatkan resiko kematian dan gangguan kesehatan terhadap satwa langka tersebut .

Postingan TRAFFIC Terkait Berita ini : http://www.traffic.org/home/2016/3/3/facebook-groups-malaysias-new-wildlife-trade-marketplace.html