Orangutan Dijual Melalui Group FB Malaysia

Diposting pada

Orangutan , spesies asli Indonesia ternyata ikut dijual pada Group Facebook Malaysia , setelah sebelumnya Burung Kakak Tua Jambul Kuning juga ikut menghiasi pasar jual beli satwa langka di Malaysia , ada fakta mengejutkan lain yang didapat melalui thehimalayantimes.com bahwa ternyata satwa langka Orangutan pun menjadi satu diantara ratusan posting yang memperjualkan hewan – hewan liar yang hampir punah .

Baca Juga : 10 Spesies Baru Yang Ditemukan Di Tahun 2015

Hasil penelitian dari TRAFFIC , menunjukan bahwa : ada sekitar 300 satwa yang diperjual belikan melalui group facebook Malaysia , kebanyakan satwa yang dijual merupakan satwa yang berhabitat di kawasan Asia dan beberapa berasal dari luar Asia , Seperti kura-kura dari Madagascar .

Burung Langka , Orangutan Sampai Beruang Madu Dijual Lewat Facebook

Selama tahun 2015 , TRAFFIC meneliti 14 Group Facebook yang menjadi wadah bagi aktifitas jual beli ilegal satwa liar dan langka di Malaysia , dari penelitian tersebut diketahui bahwa ada sebanyak 67,500 member aktif dan lebih dari 200 posting berbeda yang menjual satwa – satwa liar mulai dari Spesies Burung Langka , Orangutan sampai Beruang Madu .

Orangutan Dijual Melalui Group FB Malaysia Beruang Madu
Beruang Madu | dailymail.co.uk

Nama Group Facebook Langsung Dirubah

Beberapa Group Facebook diantara 14 group FB jual beli satwa langka malaysia langsung merubah nama groupnya bahkan ada beberapa group yang langsung menghapus group untuk menghilangkan jejak dan mengelabui pihak berwenang dan awak media .

Selain menggunakan Facebook , para oknum penjual satwa dilindungi ini juga kerap menggunakan BBM dan Whatsapp dalam melakukan kegiatan bisnis haramnya , Hal serupa juga terjadi di Indonesia pada beberapa bulan kebelakang .

Simak Juga :  Suspended Animation , "Mati Suri Yang Sengaja" Untuk Pengobatan

Pemerintah Indonesia Harus Waspada

Dengan kejadian seperti ini , Pemerintah Indonesia harus waspada dan memperketat keamanan di perbatasan guna mempersulit para penyelundup satwa langka dari Indonesia ke Malaysia , mengingat satwa yang diperjual belikan di Malaysia melalui group facebook tersebut termasuk kedalam satwa yang dilindungi hukum di Indonesia seperti Orangutan dan Burung langka Kakak Tua Jambul Kuning yang populasinya kian menipis .

Comments are closed.