Kamera CCTV Yang Dibuat Menggunakan Raspberry Pi

Diposting pada

Foto diatas merupakan rasberry Pi yang disulap menjadi sebuah kamera CCTV .

Raspberry Pi memang terkenal karena kemampuannya yang sangat besar walaupun ukurannya sangat kecil , kali ini ngelag.com menemukan sebuah project yang unik yaitu membuat CCTV dengan menggunakan Raspberry Pi

Nantinya , video atau gambar rekaman dari kamera CCTV dapat diakses melalui browser dimanapun kita berada . Keuntungannya adalah jika kamera pengintai professional harganya bisa mencapai belasan juta rupiah , pada project kali ini biaya yang dikeluarkan kira-kira hanya sebesar 1,5 Jutaan saja .

Sebelumnya , ngelag.com mau jelasin dulu apa itu Raspberry Pi . Nah , buat kalian yang belum tau , Raspbery Pi ini adalah sebuah modul micro computer atau komputer super mini yang harganya kira-kira 500 Ribuan , bahkan baru-baru ini raspberry merilis sebuah modul terbarunya yaitu Raspberry Pi Zero dengan harga cuma 60 Ribuan .

Meskipun Raspberry ini ukurannya kecil dan harganya murah , tapi kemampuannya sama seperti komputer pada umumnya , kalian bisa melakukan browsing internet dengan raspberry pi yang sudah terinstall sistem operasi linux sebelumnya , dan masih banyak lagi kemampuan dari raspberry pi ini .

Komponen Yang Digunakan Membuat CCTV Dengan Raspberry

Berikut ini daftar perlengkapan yang harus kalian miliki untuk bisa membuat sebuah CCTV dari Raspberry

Raspberry Pi Model B

Raspberry Pi Model B
Spesifikasi Raspberry Pi Model B |https://www.youtube.com/watch?v=XTmo1154FSY

Modul ini memiliki spesifikasi prosesor 700MHz dan 512MB Ram , spesifikasi seperti ini sudah cukup untuk bisa membuat sebuah video High Definition , Untuk bisa memiliki modul ini kalian harus menyiapkan dana sekitar Rp.500.000 sampai dengan Rp.600.000 , kalian bisa membelinya di toko micro-controller atau robotika di sekitar tempat tinggal kalian.

Simak Juga :  Mark Zuckerberg Share Foto Datacenter Facebook

Raspberry Pi Camera Module

Modul Kamera Raspberry Kompatibel Pi Model B
Modul Kamera Raspberry Kompatibel Pi Model B | www.raspberrypi.org

Modul ini secara khusus dibuat untuk Raspberry . Memiliki konektor yang akan dipasang langsung ke papan Raspberry dan mendukung video berkualitas HD hingga 1080p . Untuk bisa membawa pulang komponen ini kalian perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp.250.000 sampai dengan Rp.350.000 , banyak yang menjual modul kamera raspberry ini secara online di situs jual beli online atau forum-forum tertentu.

Casing Kamera CCTV

Casing Kamera CCTV
Casing Kamera CCTV | Ilustrasi

Jika kalian ingin kamera CCTV berbasis Raspberry kalian terlihat rapih , miliki sebuah housing atau casing khusus kamera CCTV outdor harganya berkisar antara Rp. 175.000 sampai dengan Rp. 200.000 . Namun jika kalian adalah orang yang kreatif kalian bisa membuatnya sendiri dengan meminta bantuan ke tukang las disekitar rumah kalian .

Power Supply

Power Supply Untuk Raspberry
Power Supply Untuk Raspberry

Ketika kalian membeli sebuah Raspberry Pi , kalian tidak akan mendapatkan power supply , jadi kalian harus membelinya sendiri dan yang power supply yang direkomendasikan untuk menjalankan sebuah raspberry adalah yang memiliki kuat arus sebesar 1A , dengan voltase sebesar 5V . Harga untuk power supply seperti ini sangat murah , kalian bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 100.000 tergantung merek dan kualitas.

SD Card

Micro SD Card untuk Raspberry
Micro SD Card untuk Raspberry

Untuk menjalankan Raspberry Pi , kalian perlu menginstall sebuah sistem operasi terlebih dahulu , oleh karena itu kalian perlu menancapkan sebuah SD Card sebagai media penyimpanan , kalian bisa menggunakan SD card yang sudah tidak dipakai atau membeli yang baru dengan harga mulai dari Rp . 50.000

Jaringan LAN

Untuk bisa mengakses video hasil rekaman CCTV dari jarak jauh , kalian perlu menghubungkan Raspberry ke internet kalian bisa menggunakan Jaringan LAN yang sudah ada dengan mencolokan kabel UTP pada modul Raspberry atau kalian bisa juga membeli Wi-Fi adapter yang bisa dipasangkan melalui port USB Raspberry kalian .

Simak Juga :  4 Alat Canggih Untuk Menemani Aktifitas Outdoormu

Untuk kalian yang tertarik dan ingin mencoba project ini , kalian bisa mengikuti tutorial lengkapnya disini .