Li-Fi Koneksi Internet Super Cepat : Speed of Light

Diposting pada

Semua orang di seluruh dunia sedang mencari konektivitas yang lebih cepat. Itu bisa segera terjadi jika tes yang dilakukan oleh start-up Velmenni pada teknologi baru, Li-Fi – teknologi yang dapat dengan cepat mentransmisikan data menggunakan cahaya yang dipancarkan oleh lampu LED – di Tallinn, Estonia, berhasil.

Proses yang disebut visible light communication (VLC) menggunakan lampu LED cerdas yang nyala dan mati pada kecepatan yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengirimkan kode biner.

Baca Juga : Li-Fi Terbukti 100 Kali Lebih Cepat Dari Wi-Fi
Baca Juga : Li-Fi – Internet Wireless Melalui Cahaya

Gambar cara kerja li-fi
Gambar cara kerja li-fi|Source : AN-D

Kecepatan transfer datanya mencapai 1GB per detik, itu artinya 100 kali lebih cepat daripada Wi-Fi konvensional. Teknologi Li-Fi ini diharapkan bisa mencapai kecepatan 3 hingga 5GB per detik. Keuntungannya adalah : cahaya juga merupakan bagian dari spektrum elektromagnetik. Tapi cahaya memiliki spektrum yang 10.000 kali lebih besar dari gelombang radio frekuensi , sehingga kapasitas tidak lagi menjadi masalah dan hambatan dalam mengirimkan data.

Walaupun teknologi ini terdengar canggih dan realistis , ada beberapa masalah juga dengan teknologi Li-Fi. Misalnya , tidak seperti gelombang radio , gelombang cahaya tidak bisa menembus dinding. Hal itu bisa mengurangi kecepatan yang seharusnya bisa dirasakan sangat tinggi .

Namun selalu ada solusi untuk permasalahan tersebut , karena Li-Fi dapat bekerja dengan terhubung pada Wi-Fi konvensional untuk menyediakan konektivitas berkecepatan tinggi di mana saja. Juga, tidak ada kebutuhan untuk membangun infrastruktur tambahan . Nantinya untuk mencoba teknologi ini kalian bisa memulainya dengan mengganti lampu rumah kalian dengan lampu LED yang sudah terdapat teknologi Li-Fi didalamnya . Hal ini sangatlah penting mengingat bahwa, pada 2019 saja, dunia akan melakukan pertukaran data sebanyak 35 triliun byte data setiap bulan nya.

Simak Juga :  Di China Ada Teknologi Untuk Kendalikan Mobil Lewat Pikiran

Kita doakan saja semoga percobaan yang sedang dilakukan pada produk yang bernama Velmenni Jugnu , berhasil dan dapat segera kita rasakan untuk kehidupan dengan kualitas internet yang lebih baik lagi , karena dalam internet manusia dapat menemukan beragam informasi , semakin cepat informasi kita dapatkan maka segalanya akan terasa lebih baik.