SkinTrack : Kulit Manusia Menjadi Touchscreen

Diposting pada

Kulit manusia jadi touchscreen maksudnya gimana ? SkinTrack pada dasarnya merupakan prototype berbentuk smartwatch , jika smartwatch pada umumnya memiliki layar yang sangat kecil dan membuat kita kesulitan ketika menggunakannya , sedangkan pada SkinTrack kulit pemakainya lah yang dijadikan touchscreen untuk mengendalikan smartwatch .

Teknologi ini dikembangkan oleh tim peneliti dari Future Interfaces Group , yang memiliki laboratorium penelitian khusus di Carnegie Mellon University, dan pada artikel ini akan ada sebuah video menakjubkan dari mereka yang memperlihatkan sebuah smartwatch dengan menjadikan kulit lengan sebagai media pengendali fiturnya sama seperti layar touchscreen .

Sistem ini mengharuskan pengguna memakai sebuah cicin khusus yang akan mengirimkan sinyal kepada gelang sensor yang terhubung dengan smartwatch . Ketika jari telunjuk yang menggunakan cicin menyentuh atau mendekati kulit pada lengan , maka akan ada sinyal frekuensi elektronik yang tinggi menyebar keseluruh permukaan kulit . Sinyal tersebut yang dimanfaatkan SkinTrack untuk menjadikan kulit sebagai media touchscreen .

Teknologi ini memungkinkan kita menggambar objek tertentu hanya dengan menggesekan jari kepada kulit lengan kita . Pada video dibawah juga diperlihatkan bahwa kita bisa menyimpan shortcut aplikasi pada permukaan kulit kita .

Jadi nantinya kita bisa menyimpan shortcut aplikasi pada sikut kita misalnya , dan ketika kita ingin membuka aplikasi tersebut kita hanya tinggal menekan sikut kita dengan jari telunjuk .

SkinTrack: Using the Body as an Electrical Waveguide for Continuous Finger Tracking on the Skin