Suspended Animation , “Mati Suri Yang Sengaja” Untuk Pengobatan

Diposting pada

Suspended Animation atau dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai mati suri merupakan sebuah kondisi tubuh manusia yang “mati” lalu hidup kembali .

Namun pada artikel kali ini ngelag.com akan membahas Suspended Animation dimana tubuh manusia dikondisikan secara sengaja untuk “mati” dan dihidupkan kembali.

Proses ini bukanlah ilmu sihir melainkan ilmu sains dan kesehatan yang telah dilakukan penelitiannya pada tahun 2014 lalu di Pennsylvania hospital .

Fungsi Suspended Animation Dalam Kedokteran

Suspended Animation biasanya dilakukan saat dokter hendak melakukan operasi organ vital pada tubuh manusia , dengan menghentikan kehidupan dalam tubuh manusia , maka efek samping dari operasi akan lebih minimal .

Contohnya ketika seseorang akan dioperasi pada Jantungnya , Jantung adalah organ yang sangat vital , dan dokter menemukan bahwa dengan mengondisikan tubuh dalam keadaan mati dan menurunkan suhu tubuh hingga 10 derajat Celsius , maka resiko kerusakan pada organ vital lainnya terutama otak bisa diminimalisir .

Proses Suspended Animation

Suspended Animation , Mati Suri Yang Sengaja Untuk Pengobatan
Source : medicaldaily.com

Tujuan dari suspended animation adalah menghentikan kerja tubuh secara keseluruhan , dan yang paling penting untuk dihentikan adalah aliran darah .

Pertama-tama tubuh pasien dikeluarkan darahnya hingga tidak ada lagi darah yang mengalir kedalam tubuh pasien .

Lalu larutan cold saline disuntikan kedalam tubuh pasien untuk menggantikan darah yang sebelumnya dikeluarkan .

Karena tubuh dimasukan cairan dingin , maka suhu tubuh pasien akan sangat rendah hingga 10 derajat Celsius .

Dan pada saat itulah tubuh pasien berhenti bernafas , jantung berhenti berdetak dan otak tidak lagi bekerja.

Dengan kondisi tubuh pasien seperti ini , dokter akan lebih leluasa dalam melakukan operasi organ vital dalam tubuh pasien yang bermasalah , tanpa takut menyebabkan kerusakan pada tubuh sang pasien .

Simak Juga :  Li-Fi Koneksi Internet Super Cepat : Speed of Light

Lalu setelah operasi berhasil dilakukan , darah pasien yang sebelumnya dikeluarkan kini dimasukan kembali menggantikan cairan dingin yang sebelumnya mengaliri tubuh pasien . Dan pasien pun akan hidup kembali dengan meningkatnya suhu tubuh pasien.

Suspended Animation Menggunakan Es Batu

Suspended Animation , Mati Suri Yang Sengaja Untuk Pengobatan 2 Cryonics Menggunakan Es
Source : Cryonics UK

Ada juga yang lebih konvensional proses yang disebut Cryonics , yaitu menggunakan es batu . Prosesnya adalah sebelum dokter membedah tubuh pasien , dokter mengubur sebagian tubuh pasien dengan es batu , cara ini cukup efektif karena mampu menurunkan suhu tubuh pasien hingga hampir hypothermia .