Panasonic Kembangkan Baterai Flexible

Diposting pada

Selama ini baterai memiliki karakter fisik yang rigid , tidak lentur atau elastis . Namun hari ini Panasonic Corporation mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mengembangkan Baterai Jenis Lithium-Ion dengan ketebalan hanya 0.55mm .

Dengan ketebalan yang sangat tipis dan material khusus yang digunakan dalam pembuatannya , baterai ini jadi bisa tertekuk . Baterai seperti ini lah yang cocok diaplikasikan pada perangkat wearable seperti Smart Band atau Smart Watch .

Selain itu baterai ini bisa dipasang pada Kartu Pintar , karena menggunakan bahan yang berkualitas tinggi dari Jepang , Baterai Panasonic yang Flexible ini bisa bertahan sangat lama walaupun sering tertekuk .

Baterai Flexible ini rencananya akan diperlihatkan kepada publik secara langsung pada CEATEC JAPAN 2016 yang akan dimulai pada tanggal 4 Oktober hingga 7 Oktober 2016 mendatang di Makuhari Messe .

Fitur Baterai Flexible Panasonic

  • Baterai bisa mempertahankan bentuknya meski sering tertekuk dan terpelintir .
  • Baterai memberikan durasi pemakaian yang lama meski sering dilakukan  charging/discharging dan sering tertekuk hingga terpelintir .
  • Baterai bisa diaplikasikan pada perangkat wearable yang digunakan pada tubuh manusia karena memiliki tingkat keamanan yang tinggi .

Baterai ini akan mulai didistribusikan pada akhir bulan Oktober 2016 dalam bentuk sample , dan pengembangannya akan terus dilakukan dengan meneliti perkembangan teknologi hingga akhirnya baterai ini bisa diproduksi secara masal .

Baterai Flexible Panasonic
3 Jenis Baterai Flexible Panasonic

Panasonic mengembangkan baterai ini dalam 3 pilihan kapasitas yang berbeda , yaitu mulai dari 17,5 mAh , 40 mAh hingga 60 mAh . Semua baterai memiliki Bending Radius yang sama yaitu 25mm dan juga ketebalan yang sama yaitu hanya 0.55 mm saja .