Sensor Fingerprint Samsung Dan Huawei Mudah Di Hack

Diposting pada

Sensor Fingerprint yang kini menghiasi smartphone-smartphone keluaran terbaru , ternyata punya kelemahan . Bagaimanakah cara hack sensor fingerprint pada smartphone ? Sebuah percobaan yang melibatkan smartphone Samsung Galaxy S6 dan Huawei Honor7 dilakukan oleh Michigan State University .

Percobaan yang dilakukan oleh Michigan State University adalah untuk mencoba dan melakukan test pada tingkat keamanan yang dimiliki sensor fingerprint kedua smartphone high-end ini . Alat untuk meretas sensor sidik jari yang digunakan pada percobaan kali ini pun terbilang sangat murah dan mudah didapat yaitu : Secarik kertas khusus dan InkJet Printer dengan tinta konduktif khusus .

Sidik Jari Bisa Di Clone Menggunakan Printer Biasa

Para peneliti yang melakukan percobaan ini , mula-mula melakukan pemindaian (scanning) terhadap sidik jari menggunakan scanner yang biasa digunakan untuk memindai dokumen .

Lalu setelah beberapa sampel sidik jari sudah didapat , mereka mencetaknya menggunakan printer InkJet yang menggunakan tinta konduktif , kertas yang digunakan adalah kertas yang biasa dipakai untuk melakukan pencetakan papan PCB (circuit board) atau yang lebih dikenal dengan transfer paper .

Penelitian ini dilakukan karena para peneliti menganggap tinta yang konduktif bisa juga digunakan untuk meniru permukaan tangan manusia , sebelumnya sudah ada yang mencoba meretas sensor sidik jari dengan menggunakan sebuah cetakan pada karet , namun proses tersebut membutuhkan waktu yang lama . Sedangkan untuk menggunakan metode ini seseorang hanya butuh waktu kurang dari 5 menit dari proses pemindaian sidik jari hingga pencetakan dengan printer rumahan .

Meskipun banyak pro dan kontra mengenai percobaan semacam ini , karena meningkatkan resiko kejahatan pada masyarakat , namun percobaan hack sensor finger print ini dianggap justru menolong para produsen smartphone untuk terus meningkatkan kualitas keamanan smartphone – smartphone ber sensor fingerprint selanjutnya .

Simak Juga :  Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar Didunia Dibangun Di Gurun Sahara