Facebook Marketplace Diluncurkan

Diposting pada

450 Juta orang selama ini telah menggunakan Grup Jual Beli yang terbentuk oleh para pengguna Facebook . Dan sekarang Facebook meluncurkan sebuah aplikasi yang didedikasikan untuk kegiatan peer-to-peer shopping.

Facebook Marketplace , begitu nama dari produk terbaru Facebook dimana anda bisa mencari barang-barang yang dijual oleh orang disekitar tempat tinggal anda , dan dengan mudah digunakan untuk menjual barang milik anda . Facebook Marketplace diintegrasikan dengan Facebook Messenger sehingga mempermudah urusan transaksi dan komunikasi antara penjual dan pembeli .

Facebook Marketplace adalah satu contoh baru Social E-Commerce , dimana situs jual beli ini menggunakan database yang sama dengan Database yang sudah ada pada Profil Facebook . Dengan demikian penjual maupun pembeli dapat dengan mudah mengetahui identitas satu sama lain .

NGELAG.com pernah menuliskan sebuah artikel , dimana disitu dituliskan bahwa Social Ecommerce akan menjadi sebuah hal baru setelah Social Media , Baca tulisan tersebut pada artikel berikut : Setelah Facebook dan Twitter , Lalu Apa Lagi ?

Facebook Marketplace diluncurkan hari ini di United States , United Kingdom , Australia dan New Zeland dalam bentuk aplikasi Mobile . Kedepannya akan dikembangkan kembali dalam versi desktop / website secara Internasional jika konsep baru dari Facebook ini banyak digunakan .

Meski konsep ini terlihat mulus , namun masih ada kekurangn yang disayangkan dari sistem rating dua arah yang membantu mencegah scamming dan perilaku buruk para pengguna. Selain itu tidak ada pilihan checkout untuk transaksi yang dilakukan di luar pembayaran melalui aplikasi Messenger.

Facebook terus berusaha untuk bisa menguasai internet, dengan menciptakan versinya sendiri dari setiap kegiatan populer yang dilakukan di internet untuk menyerap potensi keuntungan sebesar-besarnya . Facebook juga mengembangkan sebuah section khusus untuk membeli barang dari retailer tradisional .

Fitur Utama Facebook Marketplace

Facebook Marketplace memiliki 3 fitur utama yang tersedia , Fitur pertama adalah Browse To Buy , dimana anda disuguhkan barang-barang jualan yang telah disortir berdasarkan minat anda yang direkam selama menggunakan Facebook . Selama menggunakan Facebook , semua aktivitas anda dianalisa dan dipelajari oleh sebuah sistem kecerdasan buatan sehingga Facebook Marketplace akan mengetahui apakah anda seseorang yang suka fashion atau otomotif .

Tampilan Listing Barang Yang Sedang Dijual Pada Facebook Marketplace
Tampilan Listing Barang Yang Sedang Dijual Pada Facebook Marketplace

Lalu yang kedua ada fitur untuk Menjual Barang , Tidak perlu membuat profil baru atau mendaftar , hanya tinggal memposting sebuah foto , menambahkan deskripsi hingga harga dan barang jualan anda akan secara otomatis disebar luaskan ke pada orang-orang yang memiliki minat pada barang yang anda jual .

Tampilan Saat Hendak Menjual Barang Melalui Facebook Marketplace

Lalu fitur yang tidak kalah menarik dari Aplikasi Facebook Marketplace adalah Anda bisa Mencari barang yang dijual dari sekeliling tempat tinggal Anda . Anda tentu pernah menginginkan membeli sebuah barang namun penjualnya berada jauh dari lingkungan tempat tinggal anda . Dengan fitur ini , Anda bisa melihat barang apa saja yang dijual disekitar tempat tinggal anda .

Fitur Lokasi Penjual Barang Pada Facebook Marketplace Berdasarkan Profil Facebook Yang Sudah Ada
Fitur Lokasi Penjual Barang Pada Facebook Marketplace Berdasarkan Profil Facebook Yang Sudah Ada

Facebook Marketplace juga memberikan rasa aman kepada penggunanya karena setiap profile penjual maupun pembeli terintegrasi secara otomatis dengan Profil Facebook yang sudah ada sebelumnya . Berbeda dengan situs jual beli lain yang terkadang kita sulit melacak keberadaan dan identitas sebenarnya ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan .

Kapan Dirilis Di Indonesia ?

Seperti yang sudah dituliskan diatas , Facebook Marketplace akan dikembangkan versi Website nya jika peluncuran pertamanya hari ini berlangsung meriah , sukses dan banyak yang menggunakannya .

Jadi Facebook Marketplace ini bisa dibilang masih dalam tahap percobaan , jika feedback nya positif , tidak terjadi kasus yang tidak diinginkan dan semuanya berjalan dengan baik , baru Aplikasi Facebook Marketplace dirilis di Indonesia dan seluruh negara di Dunia .

Simak Juga :  Nikon KeyMission 360 Action Camera Berapa Harganya ?